Hasil Survey SMPT Harapan Rakyat & Paud Seruni

Untuk menghemat biaya, kali ini survey yang dilakukan oleh Tim Tunas Cendekia ke lokasi SMPT Harapan Rakyat dan PAUD Seruni hanya diwakili oleh satu surveyor, Haryo Suryono. Tim Bandar Lampung diwakili oleh Praja Wiguna yang merupakan penghubung Tim Tunas Cendekia dengan tim di lapangan di Desa Moro-Moro. Rangkaian perjalanan Survey dilakukan mulai tanggal 16 Oktober 2009 dan berakhir pada tanggal 18 Oktober 2009.

suasana kelas smpt harapan rakyat

tampak depan smpt harapan rakyat

Secara kasat mata kondisi bangunan SMPT Harapan Rakyat sudah berdiri tegak dan sudah dapat dipakai untuk kegiatan belajar mengajar. Namun halnya ada beberapa pekerjaan yang belum terselesaikan seperti:

• Floor semen lantai – kondisi di lapangan masih berupa tanah yang masih harus dipadatkan. Setiap hari para siswa juga diminta untuk membantu menyiram tanah serta memadatkan tanah dengan pacul yang dibawa dari rumah masing-masing. Diharapkan setelah tanah yang ada cukup padat, maka tanah tersebut akan ditutup dengan floor semen. Ini menjadi salah satu kendala terganggunya kegiatan belajar-mengajar sehari hari.
• Plafon atau langit-langit – plafon yang direncanakan terbuat dari tripleks pun belum terpasang. Sepertinya plafon hanya akan dipasang setelah floor lantai selesai dikerjakan.
• Beberapa titik lisplang atau akhiran penutup atap asbes juga terlihat belum diselesaikan.
• Disampaikan oleh tim di lapangan, bahwa ada beberapa perubahan di lapangan, termasuk rencana untuk merenovasi bangunan lama pun ternyata diputuskan untuk membuat bangunan baru tersendiri. Artinya, bangunan awal yang direncanakan untuk di renovasi untuk SMPT Harapan Rakyat, dipakai dan dialih fungsikan sebagai PAUD HArapan Rakyat. Bangunan SMPT Harapan Rakyat merupakan bangunan baru yang dimulai dari awal. Laporan yang lebih rinci akan dipersiapkan oleh tim di lapangan.

Foto bersama SMPT Harapan Rakyat

Kemudian beralih ke lokasi PAUD Seruni. Lokasinya yang tidak jauh dari SMPT Harapan Rakyat kami tempuh dengan mengendarai sepeda motor. Bangunan PAUD Seruni yang kosong dan hanya satu ruangan pun kami jumpai, merupakan bangunan yang sangat sederhana dan masih dalam tahap penyelesaian pembangunan menjadi bangunan semi permanen. Tidak terlihat kegiatan mengajar mengingat hari sudah siang. Kondisi bangunan kelihatannya sudah hampir selesai pembangunannya, hanya terlihat dua sisi bangunan yang masih belum permanen dan masih dalam kondisi lama.

tampak depan paud seruni

suasana kelas paud seruni

Salah satu kendala dari penyelesaian renovasi ini karena tim di lapangan tidak dapat mengandalkan gotong royong dari orangtua murid PAUD, dikarenakan para orangtua murid sudah bergotong royong dalam kegiatan-kegiatan lain, belum lagi gotong royong membangun SD/SMPT bagi mereka yang memiliki anak yang juga sedang bersekolah di SD/SMPT tersebut.

Bisa dikatakan kedua program ini 80% sudah berjalan sesuai harapan dan komitmen yang kami bangun dengan pihak masyarakat maupun sekolah. Adapun pengalihan fungsi kelas yang dikembangkan menjadi PAUD baru masih dirasakan tidak masalah selama masih dalam koridor penggunaan untuk pendidikan.

Kami ucapkan banyak terima kasih untuk pihak masyarakat, sekolah dan surveyor yang sudah menyajikan laporannya Laporan lengkapnya bisa anda klik laporan-perjalanan-smpt-hr-paud-seruni.doc.

Terima kasih juga untuk anda yang sudah memberikan donasinya untuk solidaritasKEBERSAMAAN. Mari kita bantu terus anak-anak Indonesia!

Kelas Darurat PAUD Simpang Tigo!

Terkait bencana gempa yang menimpa Sumatera Barat. Gempa ini juga menghancurkan PAUD Simpang Tigo yang terletak di Nagari Tobo Ketek, Kecamatan Enam Lingkun, Kabupaten Padang Pariaman. PAUD Simpang Tigo saat ini memberikan layanan kepada 37 anak di wilayah tersebut.

Atas inisiatif salah satu fasilitator Tunas Cendekia, Oki, PAUD Simpang Tigo mengajukan dana darurat untuk pendirian ruang belajar darurat. Pengajuan ini setelah Oki melihat situasi dari pihak sekolah maupun masyarakat setempat yang sampai pengajuan dilakukan, masih belum menerima bantuan perbaikan yang dijanjikan baik oleh pemerintah setempat maupun lembaga lain.

Selama kurang lebih seminggu, kelas darurat ini akhirnya bisa berdiri. Semua ini tidak terlepas dari bantuan dan dukungan anda yang sudah memberika donasi untuk solidaritasKEBERSAMAAN!

Kelas Darurat PAUD Simpang Tigo

Pendirian PAUD darurat /tempat belajar darurat menjadi kebutuhan mendesak agar proses belajar mengajar bagi anak-abnak usia dini bisa kembali berjalan. Kondisi ini juga membantu program Trauma Healing yang masih berjalan.

Terima kasih banyak sahabat. Kepedulian anda selama ini amat sangat membantu untuk anak-anak ini bisa belajar kembali :D

Info lengkap seputar program ini bisa anda kontak Oki di 081279583998

Donasi GantiBaju.com

Kabar bahagia datang dari teman-teman di situs www.GantiBaju.com Mereka baru saja mengabarkan sudah melakukan donasi hasil program Lebaran kemarin. Sekedar kilas balik, selama bulan puasa kemarin GantiBaju.com memberikan komitmennya untuk ikut membantu anak-anak Indonesia dengan setiap pembelian 1 kaos melalui GantiBaju.com berarti anda telah ikut memberikan donasi sebesar Rp.30.000 bagi program bantuan pendidikan solidaritasKEBERSAMAAN!

Salut dan terima kasih banyak atas kepedulian yang ditujukan teman-teman GantiBaju.com Semoga apa yang telah diberikan akan menjadi manfaat bagi peningkatan pendidikan anak-anak Indonesia yang membutuhkan. Terima kasih juga kepada anda yang sudah turut membantu dengan membeli kaos via GantiBaju.com selama bulan puasa kemarin. Kepedulian anda amat sangat berarti!

Bantuan PAUD Simpang Tigo

Masih terkait dengan bencana gempa ytang menimpa Padang beberapa waktu yang lalu. Kami mendapat laporan langsung dari salah satu mitra yang sebenarnya membantu program kami di Lampung, namun kali ini dikarenakan mendapat tugas ke Padang oleh kantornya, sekaligus Oki memberikan laporan pandangan mata langsung.

Dari laporan langsung ini, Oki mengajukan permohonan bantuan darurat untuk pendirian kembali secara darurat PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Simpang Tigo yang terletak di Nagari Tobo Ketek, Kecamatan Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman. Karena keterbatasan fasilitas di lokasi, tahap awal pengajar PAUD mengajukan permohonan secara tulis tangan yang kemudian akan disusulkan secara lengkap dan baik oleh Oki ketika mampir di kota. Bisa dilihat disini proposal paud simpanmg tigo

paud simpang tiga

PAUD Simpang Tigo ini mengayomi 37 anak dan diharapkan bantuan darurat ini akan bisa membuat satu bangunan sementara yang akan mengarah ke pembangunan bangunan permanen. Laporan lengkapnya akan diberikan Oki dalam minggu ini. Semoga berkat donasi dan bantuan yang telah anda berikan, anak-anak beserta gurunya akan bisa meneruskan proses belajar mengajar kembali.

Tunggu kabar dan foto dari program ini! Terima kasih sahabat atas kepercayaan dan bantuan yang telah anda berikan untuk solidaritasKEBERSAMAAN.

Ingin bantu anak-anak Indonesia? hubungi kami di info@tunascendekia.org atau hotline 08161833443 Dukungan anda sangat berarti!

Pembalut Gratis!

Kampanye Berdarah Tanpa Mati
PembalutGratis.tunascendekia.org
Dari setiap 100 orang miskin Indonesia, 52 tidak mendapatkan akses air bersih!
Saatnya jalin solidaritasKEBERSAMAAN diantara kita...

jejaring sosial

Kunjungi Facebook Fan Page Yayasan Tunas Cendekia facebook.com/bantuAnakIndonesia