Meja Belajar Sekolah Kita Rumpin

Beberapa bulan terakhir Yayasan Tunas Cendekia melalui Kitty, seorang pengajar relawan kelas prakarya Sekolah kIta Rumpin, memberikan dukungan untuk menjalankan beberapa kelas prakarya buat anak-anak disana.

Anda bisa melihat beritanya dengan klik link berikut: Sekolah Kita Rumpin.

Di penghujung akhir tahun ini mereka mengajukan bantuan diluar kelas prakarya yaitu pengadaan meja lipat belajar.

image

sekolah kita rumpin

meja belajar sekolah kita rumpin

Tertarik untuk melihat dan membantu kegiatan Sekolah Kita Rumpin ini? Langsung saja kunjungi situsnya sekolahkitarumpin.com atau follow @sekolahrumpin

Salut untuk mereka yang sudah menjalankan dan mendukung Sekolah Kita Rumpin!

Selesainya Tur Literasi Jawa bersama Mobil Kepedulian 2

Pada Kamis 9 Oktober tim Rumah Dunia memulai ekspedisi Tur Literasi Jawa dari titik nol Anyer. Yayasan Tunas Cendekia mendukung perjalanan ini melalui banuan operasional dan mobilKEPEDULIAN 2. Akhir bulan November tugas literasi mereka sudah selesai dan selamat kembali ke kampung halaman di Serang.

Terima kasih untuk Gol A Gong dan semua kru yang sudah menyebarkan virus literasinya. Semoga kebersamaan ini bisa membawa perubahan bagi Indonesia yang lebih baik. Salut!

#TurLiterasiJawa bersama mobilKEPEDULIAN 2.

#TurLiterasiJawa bersama mobilKEPEDULIAN 2.

#TurLiterasiJawa bersama mobilKEPEDULIAN 2.

Berikut laporan dari Gol A Gong seputar perjalanan literasi mereka yang diambil dari Facebooknya:

Setelah melewati “Banten Membaca” di Anyer, Serang, dan Cisauk Tangerang (9-10/10), diteruskan ke “Jabar Membaca” di Bandung, Soreang, dan Indramayu (11/10-17/10) bersama Heni Murawi, Agus Munawar, Irma Novita lancar, tim tur literasi Jawa menuju Purwokerto.

Selepas Indramayu yang menantang dengan Kuswointan dkk di Bintang Book Corner, 16/10/2014 kami mampir ke Perpustakaan Desa Majasari. Kepala Desa yang hebat. Kantor Kades dilengkapi perpustakaan. Hebat.

Terus meluncur ke Purwokerto. Sekitar pukul 16:00 mendarat di kota Mendoan. Kami berkunjung dulu ke rumah Ahmad Tohari, pengarang “Ronggeng Dukuh Paruk”. Kami mendapat sambutan hangat. Luar biasa.

Sekitar pukul 20:00, kami mendarat di FTBM Banyumas. Dawud Holic, Ketua Forum TBM Banyumas menyambut kami. Bekerja sama dengan Flp Purwokerto menggelar pelatihan menulis novel. Kadisdik Purwokerto sangat mendukung gerakan “Jawa Tengah Membaca” dicanangkan di Purwokerto.

Sehari kemudian, 18/10 melanjutkan ke Wonosobo. Bersama “Komunitas Jelajah” pimpinan Yayah Rochayah menggelar workshop menulis catatan perjalanan. Lokasinya di kaki gunung Sindoro, menginap di rumah warga, tumpuk-tumpukkan. Asik.

20/11 mendaki Dieng, membelahnya, menuju Tegal. Bersama Tbm Sakila Kerti pimpinan Dr. Yusqon, Mpd menggelar “Tegal Membaca”. Bukupuisi “Airmata Kopi” dipestakan di Rumah Budaya Sakila Kerti. Para penyair Tegal menjamu. Kami merasa tersanjung. Aku mulai rileks membaca puisi. Selama 16 tahun (1998-2014) mengurusi Rumah Dunia, menemukan suasana rileks membaca puisi sulit sekali.

Berlanjut ke “Pekalongan Membaca” pada 21/10, bersama Perpusda Kota. Mashuda Paingan. Dan malamnya pesta puisi di MAN 2 Pekalongan.

“Jateng Membaca” menemukan danau literasi di Ungaran. Kami dijamu Pak Ade Kusmiadi, Direktur PP PAUDNI. Saya, Rudi Rustiadi, Baehaqi Muhammad, Ardian Je, dan Firmansyah menempati guest house Bima. Agenda “Ungaran Membaca” berderet.

Bersama TBM Warung Pasinaon pimpinan Tirta Nursari, 22/11, menyelenggarakan pelatihan membuat APE dari dus bekas. Sekitar 300 guru PAUD/TK.

Berlanjut dengan Komunitas Penulis Ungaran pimpinan Ardie Tyastama, 23/11, pelatihan menulis novel.

Esoknya, 24/11, di UNDIP FIB, Jurusan Perpustakaan. Dilanjutkan di FTBM Wilayah Jawa Tengah bersama Triyono, bernyanyi-nyanyi dengan anak-anak kampung.

Puncak “Jawa Tengah Membaca” di Solo, 25/10. Bersama Penerbit Indiva pimpinan Yeni Mulati Ahmad meluncurkan novel terbaru saya “Pasukan Matahari”. Juga bersama Lazis UNS mengunjungi perpustakaan masyarakat binaannya di Mojosongo.

Usai sudah “Jateng Membaca”. Kami melanjutkan perjalanan kerja literasi di jalan raya Daendels ke Jawa Timur dengan mobil kepedulian dari Yayasan Tunas Cendekia. Selalu ada hibah buku dari Asia Foundation dan KPK yang kami bagikan di TBM-TBM yang dilewati.

Dukungan untuk Tlatah Bocah 8

Kesekian kalinya program solidaritasKEBERSAMAAN memberikan dukungan untuk sepak terjang para sahabat yang rutin mengadakan Festival Tlatah Bocah. Mengutip dari TlatahBocah.org yang menceritakan kalau keberadaan Tlatah Bocah ini adalah perwujudan gotong royong.

“Dusun yang menjadi rumah festival menyediakan ribuan konsumsi untuk pelaku seni yang pentas dan juga tamu-tamu yang hadir. Setiap keluarga dari dusun tuan rumah bersemangat untuk menyiapkannya sesuai kemampuan. Selain itu juga mereka meluangkan banyak waktu untuk persiapan tempat pertunjukan, transit peserta serta tamu, dan lain-lain.

Belasan komunitas anak-anak berminggu-minggu latihan seni tradisi di komunitasnya untuk tampil terbaik. Mereka pentas bukan karena tanggapan (berbayar) namun kebanggaan karena mendapatkan kesempatan mengekspresikan diri dan kelompoknya dalam kampanye hak anak.”

Yayasan Tunas Cendekia kali ini memberika dukungan dana pembinaan bagi para komunitas yang sudah ikut serta dalam hajat seni yang dilakukan untuk kedelapan kalinya.

Berikut anda bisa lihat hasil laporan foto yang ditangkap oleh teman-teman Tlatah Bocah pada hari H.

image

image

image

Terima kasih sekali lagi atas segala dukungan serta donasi yang sudah anda berikan. Kepedulian kita semua membantu terwujudnya kegiatan-kegiatan luar biasa ini. Terima kasih juga untuk teman-teman Rumah Pelangi beserta para komunitas yang bahu membahu mewujudkan acara ini. Salut!

FESTIVAL TLATAH BOCAH 8

Pelaksana : Singo Ngumboro
Peserta : Komunitas
Publik: Penonton (gratis)
Hari / Tanggal: Sabtu – Minggu / 1 – 2 November 2014
Lokasi: Dusun Ngargotontro – desa Sumber – kec Dukun,
Kabupaten Magelang (Lereng Merapi)

Jam 09.30–11.30

1. Sarasehan: “Anak, Seni Tradisi, dan Komunitas (Refleksi)”

Narasumber:
Marwoto Kawer (Seniman, Ketoprak Humor)
Sitras Anjilin (pimpinan padepokan seni Tjipta Boedaja – Tutup Ngisor – Merapi)

Moderator:
Nasarius Sudaryono (Pemerhati Pendidikan Anak)

Jam 13.00–17.00
2. Arak-arakan & Pembukaan
3. Campur (Bangun Budaya – Sumber – Merapi)
4. Penyerahan Penghargaan pada anak-anak yang 7 kali berturut-turut mengikuti Festival Tlatah Bocah
5. Angguk Rame (Ngargotontro – Merapi)
6. Penyerahan Beasiswa Merapi
7. Padat Karya (Joko Tarub – Klakah Tengah – Merapi)
8. Kobro Siswo (Remaja Muda – Sengi – Merapi)
9. Penyerahan Donasi buku untuk perpustakaan komunitas
10. Tanpa Aran (Omah Ngisor – Sambak – Sumbing)

Jam 19.30–23.00
11. Wayang Bocah “Srikandi Mustokoweni” (Tjipta Boedaja – Tutup Ngisor – Merapi)
12. Reog Bocah (Bharatha Muda Jaya – Gumuk – Merapi)
13. Gambyong Pareanom (Kaori Okado – Jepang)
14. Teater Anak (Bocah Ilalang – Bebengan – Menoreh)
15. Musik Akustik (Sambilalu – Salatiga).

Global Handwashing Day bersama Jalan Sesama

Oktober ini kami mendapat ajakan dari teman-teman Jalan Sesama untuk membantu mereka sosialisasikan program#PasukanTanganBersih dalam rangkan Hari Cuci Tangan Sedunia yang jatuh setiap tanggal 15 Oktober.

Materi yang disiapkan oleh tim Jalan Sesama langsung dikirim ke dua mitra kami yang berlokasi di PAUD Bale Iqro Desa Pasirhuni RW 02, Bandung, yang dibawah koordinasi Mang Yayat dari TBM Sehati. Sementara satu lokasi lagi ada di PAUD Warabal. Kampung Saja , Pamagarsari, Lebak Wangi, Parung, Bogor, yang dibawah koordinasi Bu Kis dari TBM Warabal.

Penasaran? Ayo lihat keseruan kegiatan anak-anak bermain game kuman untuk mengenali cara mencuci tangan yang benar, sampai dengan menggambar dan mewarnai kuman dibawah ini!

Kampanye Cuci Tangan #PasukanTanganBersih

Kampanye Cuci Tangan #PasukanTanganBersih

Kampanye Cuci Tangan #PasukanTanganBersih

Kampanye Cuci Tangan #PasukanTanganBersih

Kampanye Cuci Tangan #PasukanTanganBersih

Kampanye Cuci Tangan #PasukanTanganBersih

mobil kepedulian support tur literasi jawa

Mulai 9 Oktober – 20 Nopember 2014 tim dari Rumah Dunia Serang, pimpinan Gol A Gong akan menyusuri Jawa. Mobil KEPEDULIAN 2 akan menjadi kendaraan setia mereka selama perjalanan. Tim akan mengunjungi Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dan komunitas sastra. Jika nanti melihat mobilKEPEDULIAN di jalan jangan lupa sapa mereka.

mobil kepedulian support tur literasi jawa

Selama mengunjungi TBM dan komunitas setempat, tim akan menularkan gempa literasi berupa sembako buku, pelatihan menulis, orasi, baca dan musikalisasi puisi serta bedah buku.

Nantikan perkembangan berita petualangan mereka dan tentunya terima kasih atas dukungan anda sehingga program-program pemberdayaan seperti tur literasi ini bisa terwujud. Salut!

Pembagian Buku

Pembagian buku-buku bacaan menjadi salah satu program rutin kami untuk mendukung kegiatan para mitra Taman Bacaan Masyarakat. Kemarin kami mampir ke salah satu lokasi pembagian buku yaitu di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Warabal, Lebak Wangi Parung.

pembagian buku bacaan

Tidak lama lagi pada bulan Oktober, melalui kemitraan dengan Rumah Dunia, mobilKEPEDULIAN 2 akan mendukung “Tur literasi Jawa” dimulai di nol kilometer Anyer, Serang-Banten pada 10 Oktober hingga Blitar, Jawa Timur pada 20 Nov 2014.Disetiap kota ada door prize 10 buku edisi Inggris dari Asia Foundation untuk peserta yang aktif.

Nantikan laporan foto dari Tur Literasi Jawa Rumah Dunia!

Ingin bantu anak-anak Indonesia? hubungi kami di info@tunascendekia.org atau hotline 021-2387 6096 Mari Kita bantu sama2!

72.022!

gelang yang terjual sampai 23 Desember'12
mari beli dan bergabung
terima kasih!
Lebih dari sekedar bukti kepedulian.
Ikatan solidaritasKEBERSAMAAN diantara kita...