UI Peduli & Mobil KEPEDULIAN 2

UI Peduli melalui Nandha kembali kontak kami untuk berkoordinasi membantu para korban banjir yang sedang mengungsi akibat banjir di wilayah Kalibaru, Cilincing. MobilKEPEDULIAN 2 memberi dukungan operasional untuk membawa tenaga dan barang yang dibutuhkan untuk program kerjasama ini.

Berikut laporan foto yang dberikan Nandh dari lokasi. Informasi lengkapnya seputar kegiatan ini bisa kontak Nandha di 087789087773.

Terima kasih atas dukungan dan donasi anda selama ini sehingga kegiatan seperti ini bisa dapat terlaksana. Salut!

mobil KEPEDULIAN 2 & UI Peduli

mobil KEPEDULIAN  & UI Peduli

mobil KEPEDULIAN 2 & UI Peduli

mobil KEPEDULIAN  & UI Peduli

mobil KEPEDULIAN  & UI Peduli

Selesainya Pembangunan SMP Al Bayyan, Garut.

Akhir November 2014 kita mulai pembangunannya.

tahap pertama pembangunan kelas di SMP Al Bayyan Garut

Akhir Januari 2015 jadi sudah sekolahnya.

SMP Al Bayyan

SMP Al Bayyan

SMP Al Bayyan

Keberadaan bangunan sekolah ini akan menjadi tempat permanen sehari-hari bagi anak-anak yang berada di wilayah sekitar kampung Cidangan Sari Desa Suramukti Kecamatan Cilawu, Garut. Sekolah AL Bayyan akan mengisi kekosongan adanya sekolah tingkat pertama yang ada di sekitar lokasi, sehingga setelah anak-anak lulus SD tidak perlu menempuh perjalanan jauh lagi untuk belajar.

Terima kasih atas dukungan anda yang selalu setia memberikan donasi dan bantuan untuk program Yayasan Tunas Cendekia. Pembangunan sekolah yang kita lakukan tak akan terwujud tanpa kepedulian anda semua.

Terima kasih untuk Mas Inceu dan seluruh warga serta komite sekolah yang telah bahu membahu membangun sekolah. Kerjasama dan kepedulian yang diberikan selama proses pembangunan membuat kami bangga menjadi bagian dari keluarga Al Bayyan. Salut.

Pembangunan Kelas SMP Al Bayyan Tahap Pertama.

Setelah pertemuan tiga tahun yang lalu, akhirnya Desember ini terwujud juga dukungan program Yayasan Tunas Cendekia untuk pembangunan kelas SMP Al Bayyan. Sekolah ini berlokasi di kampung Cidangan Sari Desa Suramukti Kecamatan Cilawu, Garut.

Seperti biasa sebagai penanggungjawab untuk program kemitraan kami di wilayah Garut, Inceu yang menjadi koordinator semua proses pembangunan.

Pembangunan sendiri akan dibagi dalam dua tahap. Dimana setelah tahap pertama selesai akan dilihat apakah memang layak untuk bisa dilanjutkan untuk tahap keduanya. Visitasi sudah kami lakukan tanggal 24 kemarin yang diwakilkan oleh Dodi Widodo.

Berikut laporan foto yang dilakukan selama Dodi melakukan komunikasi dan pengecekan terhadap proses pembangunan yang dilakukan oleh pihak sekolah dan masyarakat.

tahap pertama pembangunan kelas di SMP Al Bayyan Garut

tahap pertama pembangunan kelas di SMP Al Bayyan Garut

tahap pertama pembangunan kelas di SMP Al Bayyan Garut

tahap pertama pembangunan kelas di SMP Al Bayyan Garut

tahap pertama pembangunan kelas di SMP Al Bayyan Garut

Hasilnya secara umum bagus. Dodi sudah menampung semua perkembangan serta permasalahan yang ada. Sepertinya untuk tahap kedua bisa dilanjutkan.

Terima kasih atas dukungan dan donasi yang selama ini anda telah berikan. Berkat anda program-program pembangunan seperti ini bisa terwujud dan tentunya akan sangat membantu anak-anak yang terbantu. Salut!

Nantikan laporan tahap keduanya. Jika anda tertarik mengetahui lebih lanjut mengenai program ini silahkan email kami via info@tunascendekia.org

Kegiatan Penguatan Seni Budaya di Kecamatan Pademangan Jakarta Utara.

Akhir November kemarin sampai Desember ini kembali Yayasan Tunas Cendekia melalui mobil KEPEDULIAN 2 memberikan dukungan kepada teman-teman di Sunda Kelapa Heritage. Kali ini dalam rangka kegiatan Penguatan Seni Budaya di wilayah DKI Jakarta khususnya di Pademangan dan Muara Angke, Jakarta Utara.

Adapun kegiatan tersebut di atas dimaksudkan untuk menggali potensi seni budaya dan keterampilan yang ada di wilayah Provinsi DKI Jakarta antara lain seni musik perkusi dari limbah, seni tari tradisi dan kreasi modern, teater, musik reggae, marawis, keterampilan pembuatan kerajinan.

Latihan Tari Muara Angke 2014

Latihan Tari Pademangan 2014

Melalui Sanggar Sunda Kelapa Heritage, anak-anak yang tinggal di wilayah Kecamatan Pademangan memperoleh latihan singkat seni budaya dan tradisi dimana di akhir acara para peserta pelatihan dapat menampilkan hasil pelatihan mereka dalam Pentas Seni.

Pentas Seni Pademangan 2014

Pentas Seni Pademangan 2014

Pentas Seni Pademangan 2014

Mobil Kepedulian dimanfaatkan untuk antar jemput anak-anak peserta pelatihan dari lingkungan tempat tinggal menuju lokasi pelatihan yang berjarak sekitar 2 km setiap harinya. Sedangkan pada hari H mobil dimanfaatkan untuk operasional pelaksanaan pentas seni.

Pada tanggal 10-13 Desember 2014 mobil kepedulian dipergunakan oleh Jaringan Literasi Indonesia untuk mengambil buku-buku donasi dari Asia Foundation yang akan dibagikan kepada TBM dan komunitas peserta pameran Library & Archives Expo 2014 yang diselenggarakan oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Terima kasih bagi anda yang sudah setia memberikan donasi maupun dukungan untuk program Yayasan Tunas Cendekia, sehingga mobil KEPEDULIAN 2 bisa membantu program-program seperti ini. Salut!

Tertarik lebih jauh seputar kegiatan teman-teman di Sunda Kelapa Heritage? Silahkan lihat Facebook Sunda Kelapa Heritage.

Meja Belajar Sekolah Kita Rumpin

Beberapa bulan terakhir Yayasan Tunas Cendekia melalui Kitty, seorang pengajar relawan kelas prakarya Sekolah kIta Rumpin, memberikan dukungan untuk menjalankan beberapa kelas prakarya buat anak-anak disana.

Anda bisa melihat beritanya dengan klik link berikut: Sekolah Kita Rumpin.

Di penghujung akhir tahun ini mereka mengajukan bantuan diluar kelas prakarya yaitu pengadaan meja lipat belajar.

image

sekolah kita rumpin

meja belajar sekolah kita rumpin

Tertarik untuk melihat dan membantu kegiatan Sekolah Kita Rumpin ini? Langsung saja kunjungi situsnya sekolahkitarumpin.com atau follow @sekolahrumpin

Salut untuk mereka yang sudah menjalankan dan mendukung Sekolah Kita Rumpin!

Selesainya Tur Literasi Jawa bersama Mobil Kepedulian 2

Pada Kamis 9 Oktober tim Rumah Dunia memulai ekspedisi Tur Literasi Jawa dari titik nol Anyer. Yayasan Tunas Cendekia mendukung perjalanan ini melalui banuan operasional dan mobilKEPEDULIAN 2. Akhir bulan November tugas literasi mereka sudah selesai dan selamat kembali ke kampung halaman di Serang.

Terima kasih untuk Gol A Gong dan semua kru yang sudah menyebarkan virus literasinya. Semoga kebersamaan ini bisa membawa perubahan bagi Indonesia yang lebih baik. Salut!

#TurLiterasiJawa bersama mobilKEPEDULIAN 2.

#TurLiterasiJawa bersama mobilKEPEDULIAN 2.

#TurLiterasiJawa bersama mobilKEPEDULIAN 2.

Berikut laporan dari Gol A Gong seputar perjalanan literasi mereka yang diambil dari Facebooknya:

Setelah melewati “Banten Membaca” di Anyer, Serang, dan Cisauk Tangerang (9-10/10), diteruskan ke “Jabar Membaca” di Bandung, Soreang, dan Indramayu (11/10-17/10) bersama Heni Murawi, Agus Munawar, Irma Novita lancar, tim tur literasi Jawa menuju Purwokerto.

Selepas Indramayu yang menantang dengan Kuswointan dkk di Bintang Book Corner, 16/10/2014 kami mampir ke Perpustakaan Desa Majasari. Kepala Desa yang hebat. Kantor Kades dilengkapi perpustakaan. Hebat.

Terus meluncur ke Purwokerto. Sekitar pukul 16:00 mendarat di kota Mendoan. Kami berkunjung dulu ke rumah Ahmad Tohari, pengarang “Ronggeng Dukuh Paruk”. Kami mendapat sambutan hangat. Luar biasa.

Sekitar pukul 20:00, kami mendarat di FTBM Banyumas. Dawud Holic, Ketua Forum TBM Banyumas menyambut kami. Bekerja sama dengan Flp Purwokerto menggelar pelatihan menulis novel. Kadisdik Purwokerto sangat mendukung gerakan “Jawa Tengah Membaca” dicanangkan di Purwokerto.

Sehari kemudian, 18/10 melanjutkan ke Wonosobo. Bersama “Komunitas Jelajah” pimpinan Yayah Rochayah menggelar workshop menulis catatan perjalanan. Lokasinya di kaki gunung Sindoro, menginap di rumah warga, tumpuk-tumpukkan. Asik.

20/11 mendaki Dieng, membelahnya, menuju Tegal. Bersama Tbm Sakila Kerti pimpinan Dr. Yusqon, Mpd menggelar “Tegal Membaca”. Bukupuisi “Airmata Kopi” dipestakan di Rumah Budaya Sakila Kerti. Para penyair Tegal menjamu. Kami merasa tersanjung. Aku mulai rileks membaca puisi. Selama 16 tahun (1998-2014) mengurusi Rumah Dunia, menemukan suasana rileks membaca puisi sulit sekali.

Berlanjut ke “Pekalongan Membaca” pada 21/10, bersama Perpusda Kota. Mashuda Paingan. Dan malamnya pesta puisi di MAN 2 Pekalongan.

“Jateng Membaca” menemukan danau literasi di Ungaran. Kami dijamu Pak Ade Kusmiadi, Direktur PP PAUDNI. Saya, Rudi Rustiadi, Baehaqi Muhammad, Ardian Je, dan Firmansyah menempati guest house Bima. Agenda “Ungaran Membaca” berderet.

Bersama TBM Warung Pasinaon pimpinan Tirta Nursari, 22/11, menyelenggarakan pelatihan membuat APE dari dus bekas. Sekitar 300 guru PAUD/TK.

Berlanjut dengan Komunitas Penulis Ungaran pimpinan Ardie Tyastama, 23/11, pelatihan menulis novel.

Esoknya, 24/11, di UNDIP FIB, Jurusan Perpustakaan. Dilanjutkan di FTBM Wilayah Jawa Tengah bersama Triyono, bernyanyi-nyanyi dengan anak-anak kampung.

Puncak “Jawa Tengah Membaca” di Solo, 25/10. Bersama Penerbit Indiva pimpinan Yeni Mulati Ahmad meluncurkan novel terbaru saya “Pasukan Matahari”. Juga bersama Lazis UNS mengunjungi perpustakaan masyarakat binaannya di Mojosongo.

Usai sudah “Jateng Membaca”. Kami melanjutkan perjalanan kerja literasi di jalan raya Daendels ke Jawa Timur dengan mobil kepedulian dari Yayasan Tunas Cendekia. Selalu ada hibah buku dari Asia Foundation dan KPK yang kami bagikan di TBM-TBM yang dilewati.

Ingin bantu anak-anak Indonesia? hubungi kami di info@tunascendekia.org atau hotline 085102876096 Mari Kita bantu sama2!

72.122!

gelang yang terjual sampai 22 Februari'15
mari beli dan bergabung
terima kasih!
Dari 100 orang miskin Indonesia, 16 tidak bisa baca dan menulis!
Saatnya jalin solidaritasKEBERSAMAAN diantara kita...