Selesai. Pembangunan PLTMH Waruwue, Sulawesi Selatan.

Laporan telah masuk. Agus Helmi menjadi perwakilan kita melakukan kunjungan terakhir dari seluruh rangkaian pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro di Kampung Waruwue, Desa harapan, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Niat kita sederhana. Sebuah desa yang berlokasi sekitar empat jam dari kota Makassar. Salah satu dari ribuan desa yang belum cukup beruntung karena tidak masuknya aliran listrik ke wilayah mereka. Dengan bantuan tekhnologi sederhana yang mengambil dari kekuatan air sungai, kita mencoba membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro untuk bisa mewujudkan listrik masuk desa mereka.

Komponen PLTMH

Program ini merupakan kemitraan kita dengan Harianto Albarr dari Indonesia Terang Community. Tertarik melihat perkembangan dari awal program ini? Silahkan klik link berikut untuk melihat program dari awal survey, tahap pertama pengerjaan, tahap kedua, sampai dengan tes turbin.

Dan berikut adalah kondisi terakhir dari tuntasnya pembangunan semua komponen PLTHM, yang ditandai dengan berdirinya tiang-tiang yang menyangga kabel listrik yang membawa aliran listrik menuju dan menerangi rumah-rumah di Desa Harapan.

bak penampung
Bak Penenang yang mengaliri air menuju kebawah.

rumah pembangkit
Rumah pembangkit.

harianto, tim dan warga setempat
Mesin turbin yang menjadi pembangkit listrik utama.

kabel listrik
Kable listrik yang ditarik menuju ke rumah-rumah penduduk.

aliran listrik
Sampailah aliran listrik di dalam rumah-rumah.

Berikut secara ringkas Agus Helmi memberikan laporan terakhir dari hasil kunjungannya.

“Total kapasitas aliran listrik telah ditingkatkan dari semula 5 Kwh menjadi 7.5Kwh. Jumlah rumah yang mendapat aliran listik dari semula 27 rumah, ditambah 5 yang akan segara mendapatkan listrik. Dalam prakteknya, telah ada peralihan tanggung jawab operasional kepada warga setempat untuk dapat mengurus secara swadaya (termasuk sistem pembayaran/iuran sebagai kompensasi biaya operasional). Lokasi alat pembangkit listrik berubah tempat (berjarak kurang lebih 30m dari titik semula yang ditetapkan pada kunjungan awal). Namun sesuai dengan penjelasan Hari, perubahan tersebut lebih didasarkan pada pertimbangan agar aliran air dapat lebih maksimal.

Seluruh rumah yang mendapat jatah listrik telah dipasangi perlengkapan standard (kabel, switch on/off) pada masing-masing rumah dan cukup untuk menerima listrik untuk keperluan sehari-hari selama 24 jam non-stop. Kapasitas yang dapat diterima mampu untuk penerangan, TV dan kulkas. Untuk menjaga beban listrik yang masuk kedalam setiap rumah, saat ini tim masih menunggu alat dari Bandung yang dalam waktu 10 hari kedepan akan datang. Hal ini untuk menjaga agar beban listrik yang masuk ke setiap rumah dapat terkendali. Selebihnya tidak hal-hal lain yang memperlihatkan kekurangan yang berarti dari keseluruhan program. Bisa dikatakan program berjalan dengan baik berkat kerjasama Harianto dan tim dengan masyarakat setempat.”

Terima kasih sekali lagi atas kepercayaan, dukungan dan donasi yang telah anda berikan untuk membantu program-program Yayasan Tunas Cendekia. Berkat dukungan anda, satu desa telah kita bantu bersama untuk bisa menikmati aliran listrik. Salut!

Tidak ketinggalan tentunya untuk tim Indonesia Terang Community yang dikoordinasi oleh Harianto Albarr atas segala dukungan kerjasamanya di lapangan. Semoga kebersamaan ini bisa terus berjalan untuk bisa membuat terang desa-desa selanjutnya. Luar biasa!

Uji Coba Turbin Berhasil

http://yudhis.tumblr.com/post/135229460169/yes-program-listrik-masuk-desa-melalui-tekhnologi

Nantikan perkembangan selanjutnya melalui situs ini. Terima kasih tentunya bagi tim di lapangan dan untuk dukungan serta donasi yang telah anda berikan untuk program-program Yayasan Tunas Cendekia. Salut!

Selesai Pembangunan Ruang SMP Al Bayyan, Garut.

Alhamdullilah. Selesai sudah pembangunan pengembangan ruang sekolah SMP Al Bayyan, Garut. Setelah sempat tertunda akibat adanya pembangunan jalan di wilayah sekolah, sehingga para masyarakat harus berbagi tugas dengan pembangunan ruang sekolah. Bangunan tersebut diperuntukan untuk ruang komputer sekaligus ruang guru.

Berikut kondisi pada awal Oktober yang lalu:

SESUDAH

Keberadaan sekolah ini memang diperuntukan untuk menampung kebutuhan adanya SMP bagi mereka yang berada di sekitar kampung Cidangan yang lokasinya 12 KM dari kota Garut mengarah kaki gunung Cikuray. Sekolah digerakan oleh masyarakat setempat yang bekerjasama dengan para aktivis petani setempat yang peduli dengan kondisi pendidikan anak-anak di sekitar wilayah Garut.

Kondisi saat ini:

albayyan2

Terima kasih kepada Devi Gradini dan seluruh keluarga besar Sosijak yang sudah ikut andil dalam pengumpulan dana untuk memulai pembangunan ini. Begitu pula kepada Belinda Rosalina, Lisa Maria Piri dan Ruby Soemadipradja, yang memberikan dukungannya agar pembangunan bisa tuntas selesai dengan berbagai tantangannya. Salut!

albayyan1

Tertarik membantu lebih jauh sekolah ini? Silahkan mengunjungi lokasi dengan informasi yang ada diatas atau kontak info@tunascendekia.org

Terima kasih sekali lagi atas segala dukungan yang telah anda berikan untuk program-program yang dijalankan oleh kami. Semoga apa yang kita perbuat saat ini bisa memberikan perubahan yang baik bagi masa depan anak-anak Indonesia.

Tahap Kedua Tahap Pertama PLTMH Waruwue, Sulawesi Selatan.

Program ini sangat sederhana. Kampung Waruwue termasuk salah satu dari 15ribu wilayah di kabupaten/kota di seluruh Indonesia yang masih belum dialiri listrik. Tujuan kami membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro sederhana, agar aliran sungai bisa mendatangkan listrik secara permanen ke wilayah ini.

Lokasi pembangunan PLTMH ini tepatnya di Kampung Waruwue, Desa Harapan, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Setelah pengerjaan tahap pertama. Laporan perkembangan tahap kedua sudah diberikan oleh Harianto. Beliau adalah mitra yang bertanggungjawab di lapangan. Tahun 2012 Harianto berhasil membantu daerah tempat lahirnya yang berada di Desa Bacubacu, Kecamatan Pujananting, Kabupaten Barru. Lulusan Kimia UNM ini mengembangkan pembangkit listrik mikrohidro yang akhirnya bisa dinikmati 422 kepala keluarga. Melalui Harianto ini juga pemilihan lokasi Kampung Waruwue akhirnya disetujui, karena letaknya bertetangga dengan Desa Bacubacu.

Tahap kedua sudah menghasilkan beberapa pencapaian. Dari sisi pembangunan sipil seperti pembangunan bendungan, kolam penenang sudah mencapai 100%. Sedangkan pipa pesat dari rumah instalasi sudah mencapai 75%. Sementara pada sisi pembuatan turbin dan generator sudah selesai dilakukan. Pemasangannya masih mencapai tahap 50%.

pemasangan bendungan

pemasangan bendungan

pemasangan kolam penenang

pemasangan kolam penenang

pemasangan pipa pesat

pemasangan pipa pesat

pemasangan pipa pesat

pemasangan pipa pesat

pembangunan rumah instalasi

pembangunan rumah instalasi

Selanjutnya kita akan maju dalam tahap pemasangan tiang listrik, kabel induk dan instalasi listrik di rumah-rumah warga. Doakan semoga semua proses bisa berjalan dengan lancar ya. Dan tentunya terima kasih sekali lagi atas segala donasi dan dukungan yang selama ini telah anda berikan untuk program-program kami. Salut!

Perkembangan Pembangunan Kedua SMP Al Bayyan, Garut.

Kelanjutan pembangunan ruang sekolah SMP Al Bayyan. July 2015 dimulainya pembangunan. Dodi Rachmat Widodo, mewakili Yayasan Tunas Cendekia, sudah melakukan visitasi minggu lalu untuk mengetahui perkembangan terakhir pembangunan. Ini merupakan pengembangan kedua yang dilakukan, setelah Januari 2015 kita berhasil mendirikan satu ruang kelas..

Keberadaan sekolah ini memang diperuntukan untuk menampung kebutuhan adanya SMP bagi mereka yang berada di sekitar kampung Cidangan yang lokasinya 12 KM dari kota Garut mengarah kaki gunung Cikuray. Sekolah digerakan oleh masyarakat setempat yang bekerjasama dengan para aktivis petani setempat yang peduli dengan kondisi pendidikan anak-anak di sekitar wilayah Garut.

SESUDAH

Visitasi yang dilakukan Dodi untuk memeriksa rencana penyelesain yang lewat dari tenggat waktu yang ditentukan. Seharusnya September kemarin diperkirakan sudah selesai. Setelah di kroscek di lapangan, keterlambatan akibat pada waktu yang sama ada pengaspalan jalan yang menuju sekolah tersebut. Keterbatasan pekerja yang bisa membantu, membuat para pekerja harus berbagi waktu antara pengerjaan sekolah dan pengaspalan.

Namun selain hambatan tadi, sepertinya pada bulan Oktober ini semua penyelesain akhir akan bisa terlaksana. Jalanan sendiri sudah selesai pengaspalannya. Jadi yang tadinya tidak bisa menggunakan kendaraan sedan ke lokasi, sekarang sudah tidak ada kendala lagi.

BANGUNKEDUA

Sebelah kanan foto diatas adalah hasil pembangunan pertama. Ditengah terdapat saung baca. Nah yang sebelah kiri foto inilah ruang kedua yang sedang dikerjakan.

bayyan1

Tampak depan dari ruang kedua yang sedang dibangun.

bayyan3

Dodi bersama pengurus dan komite sekolah sekaligus perwakilan masyarakat setempat.

bayyan4

bayyan5

Suasana didalam ruang kelas.

Nantikan kelanjutan laporan terakhir setelah selesainya semua pembangunan untuk ruang kedua di SMP Al Bayyan. Kita doakan semoga tidak kendala yang berarti.

Terima kasih sekali lagi atas segala kepedulian dan donasi yang telah diberikan oleh para sahabat solidaritas untuk keberlangsungan program-program kami. Terima kasih juga untuk para mitra di lokasi yang sudah bahu membahu bersama pihak sekolah dan masyarakat untuk mewujudkan program. Semoga apa yang kita lakukan bersama akan membawa perubahan baik bagi mereka yang terbantu dan kita semua. Amin.

Tahap Pertama PLTMH Waruwue, Sulawesi Selatan.

Laporan Harianto sudah masuk dan selesai diperiksa seputar pembangunan tahap awal Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro sederhana. Tepatnya di Kampung Waruwue, Desa Harapan, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Pembangunan tahap pertama telah dimulai.

tahap pertama pltmh waruwue

tahap pertama pltmh waruwue

tahap pertama pltmh waruwue

ilustrasi pltmh

Porgram ini merupakan program perdana kami dalam upaya menyediakan listrik bagi kampung Waruwue yang sampai saat ini termasuk wilayah yang belum terjamah oleh listrik. Kemitraan program ini dibantu oleh Harianto. Tahun 2012 Harianto berhasil membantu daerah tempat lahirnya yang berada di Desa Bacubacu, Kecamatan Pujananting, Kabupaten Barru. Lulusan Kimia UNM ini mengembangkan pembangkit listrik mikrohidro yang akhirnya bisa dinikmati 422 kepala keluarga. Melalui Harianto ini juga pemilihan lokasi Kampung Waruwue akhirnya disetujui, karena letaknya bertetangga dengan Desa Bacubacu.

Awal pembangun adalah bagian atas yaitu Dam/Bendungan Pengalih serta Intake. Menyusul pembuatan Bak Pengendap, Saluran Pembawa serta Bak Penenang. Segala sesuatu sepertinya berjalan sesuai rencana. Pengucuran dana untuk tahap kedua sudah dilakukan setelah pemeriksaan laporan tahap pertama kemarin sudah selesai.

Kita harapkan pada tahap kedua semua akan berjalan lancar, tidak kendala yang berarti. Nantikan laporan tahap keduanya melalui situs ini.

Jika anda tertarik dengan program ini, ingin membantu atau tahu lebih jauh, silahkan kontak info@tunascendekia.org

Ingin bantu anak-anak Indonesia? hubungi kami di info@tunascendekia.org atau hotline 085102876096 Mari Kita bantu sama2!

72.122!

gelang yang terjual sampai 22 Februari'15
mari beli dan bergabung
terima kasih!
Dari setiap 100 orang miskin Indonesia, 52 tidak mendapatkan akses air bersih!
Saatnya jalin solidaritasKEBERSAMAAN diantara kita...