Beratap langit. Sawah hijau terbentang. Rindang pohon. Tenangnya empang. Berdampingan dengan hilir mudiknya kereta dan mobil di jalan tolol sebelah. Hari ini, lahirlah Sekolah Alam JurankDOANK!
JurankDoank

Bukan seorang konglomerat. Bukan pula seorang yang miskin. Hanya manusia biasa dengan julukan artis atau seniman. Berbekal tekad, pengorbanan waktu serta dorongan alam, dikDOANK berhasil menyelesaikan proyek terbarunya. JurankDOANK berdiri sebagai ‘rumah belajar’ untuk anak-anak kampung disekitar rumahnya di pinggir kota Jakarta.

dik hanya ingin anak-anak sekitar yang masih banyak tinggal di sekitar sawah mempunyai semacam rumah bermain sambil belajar. Tempat dimana mereka bisa menghabiskan waktunya untuk membaca, bermain atau sekedar melewatkan hari. Diharapkan dengan adanya tempat yang aman dan bermanfaat tersebut akan menjauhkan dari hal-hal yang negatif dalam meluangkan waktu kosong mereka.

Tidak banyak tenaga maupun dana. Dasar jiwa seniman. Berbekal bambu dan bahan alami lainnya, dik berhasil menyulap satu tempat buang jin menjadi tempat yang nyaman bagi para warga sekitar. Terutama bagi anak-anak.

Dalam hal materi maupun kemampuan saya yakin banyak diantara kita yang lebih beruntung dari seorang dikDOANK. Tapi sanggupkah diri ini mengalahkan semua ego dan godaan dunia untuk membantu yang masih membutuhkan?

dik memilih tidak hanya bekerja keras untuk memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak-anaknya. Dia berpikir lebih luas lagi. Dia memilih untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi kelak anak-anaknya nanti tumbuh berkembang. Lingkungan dimana semua anak bisa menikmati pendidikan. Kelak dengan bekal pendidikan tadi mereka bisa dengan damai hidup berdampingan. Bahu membahu membangun bangsanya menjadi lebih baik lagi.

Mungkin kita juga hanya manusia biasa dengan julukan pelajar, mahasiswa, karyawan, manager, atau CEO. Sanggupkah kita melakukannya? Sanggup. Adakah waktu kita melakukannya? Ada. Siapa yang akan membantu kita? Kita sama-sama dong :) seperti gelang [solid]

Tidak ada kata tidak untuk anak-anak Indonesia. Masa depan Indonesia yang lebih indah.

Informasi seputar Kandank Jurank Doank bisa hubungi 021 74631934 atau 021 9146523
www.kandankjurank.com


You could Trackback this post from your own site.

Comments & Response 163 Komentar

RSS 2.0

Comments are moderated. To learn how we moderated comments could be found in our licenses pages.

  1. Gravatar indung_^ at 25 May 2005 at 09:12

    SALUT!!!! banget buat bang dik, indonesia emang butuh orang2 kayak bang dik, kayak mas yudhis dll…
    gimana klo bang dik jadi presiden aja, ntar wakilnya mas yudhis juga boleh..he.3
    mungkin indonesia jadi lebih bisa tersenyum..

    bener apa kata mas yudhis.. klo kita niat pasti kita bisa.
    yach setidaknya dari hal2 yang kecil lah..
    bagi’in buku2 bekas ke anak2 yang ngebutuhin..
    bikin taman bacaan kecil2 an juga boleh.. ato apalah..
    yang penting bisa bermanfaat…

    pengen banget rasanya bisa ngeliat indonesia jadi lebih baik..

  2. saluuuuuuuuuuuut buat dik doank, maju teruzz jadikan indonesia lebih berarti ;>

  3. MAJU TERUS Mas Dik !!!!

    btw, boleh nyumbang buku bacaan bekas ?
    bisa diserahkan ke alamat mana ya ?

    terima kasih dan SALUUUUTTTTTT !!!!!

  4. Senang sekali bisa dibantu dengan buku-buku bacaan bagi anak-anak Indonesia. Shanty bisa email info@tunascendekia.org untuk mendapatkan informasi lebih lengkap seputar bantuannya.

    Bagi yang lain tertarik untuk bantu kecil-kecilan. Email saja ke info@tunascendekia.org jika anda punya sesuatu yang berguna bagi anak-anak Indonesia. Terima kasih.

  5. Saya hanya bisa mengucapkan salut buat Bang Dik dan teamnya, semoga misi ini akan berjalan dengan apa yang kita harapkan Amien……..

  6. Gravatar Puttik Allamanda at 26 May 2005 at 14:28

    aku cuma bisa bilang, “alhamdulillah masih ada orang yang peduli sama bangsa ini”.aku cuma cewe ndut biasa yang ga tajir ato bloon tapi daru dulu aku pengen banget punya yayasan/organisasi/suatu wadah yang bisa bantu temen2 di indonesia yang kesusahan. aku pengen…banget.aku cuma bilang makasih buat DIKDOANG yang peduli sama dunia indonesia.btw aku boleh gabung ga….???

  7. Saluettttt,… untuk Dik Doank, hari gini ternyata masih ada dari kita yang memiliki hati yang tulus dan mau membantu untuk sesama dan memiliki pemikiran membangun sumber daya manusia yang dimiliki oleh negara ini.

    Aku juga mau tau’ dong alamat lengkap untuk ke sekolah JurangDOANK dan juga cara untuk bisa ikutan sekolah disitu,..serta biaya yang diperlukan berapa ?…..
    ditunggu jawabannya ya,…..

    thx,
    linda
    thanks,
    linda

  8. Karena lokasinya agak susah dicari hanya dengan alamat yang ditulis. Saya sarankan Linda bisa langsung ke lokasi dengan bantuan petunjuk berikut, dari arah Pd. Indah naik tol, keluar di pintu tol Pd. Aren. Setelah itu belok kiri menuju arah serpong, jangan ambil lurus ke arah bintaro. Ketemu tusuk sate belok kiri, lalu lurus ke arah ciputat melewati jalan diatas tol. Tidak jauh setelah ini lihat ke kanan jalan, ada kantor lurah sawah lama. Ini dia, disebelah kantor ada gang yang ada tanda kuning Kandank Jurank Doank. Masuk ke gank tersebut. Terima kasih

  9. Pagi ini gue lihat salah satu acara di salah satu TV swasta, kepagian sih jujur acaranya, dan gak biasanya juga gue lihat itu acara. Tapi yang menarik Sekolah alamnya DikDOANK.

    Ada wawancara sedikit dengan DikDOANK, yang pasti gue bener2 kagum and SALUT!!!! dengan ide dan kepeduliannya yang sangat besar terhadap anak2 Indonesia. Kalau tidak kita yang memulai lalu mau siapa lagi dan mau tunggu apalagi.

    Kita bisa lihat kalau sekarang saja sudah begitu banyak generasi bangsa kita yang mau ‘dibodohi’ dengan hal-hal yang tidak perlu. Kalau kebodohan itu tidak diberantas kan tidak akan ada Habis Gelap Terbitlah Terang, seperti kata RA.Kartini.

    Jadi apa sumbangsih kita untuk anak2 Indonesia?????

  10. maju terus, bung!!!!!
    jangan buat anak2 indonesia terlantar!!!!!
    saya mendukung anda!!!
    salut!!

  11. salut………..

    keep fight for indonesia…!!!!

  12. Gravatar gustamovic at 02 June 2005 at 19:59

    terus berjuang bung…

    tapi sayangnya langkah bung dik dikotori oleh manusia2 bejat yang berkeliaran di muka bumi indonesia…apa jadinya klo q-ta terus2-an dicurangi oleh orang2 yang tidak suka bangsa ini maju…

    buat yang suka korupsi…”lihatlah anak2 di NTT + NTB semuanya kelaparan….mungkin itu salah satu korban ke-bejat-tan njenengan !!

  13. Kalo semua jari saya adalah Jempol, saya acungkan semua buat Bang Dik… Keep Fighting..!!
    -> Saya mau membantu Solidaritas ini, mudah2an dgn pengetahuan yg saya miliki, dpt memberikan yg terbaik. Bisa hub. saya ke email, thanks…

  14. salam knal yah bang dik!
    saluuuuuuuuuuuuuuuuuuuuut bgt sama ide2nya!!!!!!!!!!!
    back to nature! simple,uniQ, bermanfaat, tapi ga bikin bt!!!!!!!!!!
    pingin deh ikutan jadi kya relawan bwat hal2 yang b’manfaat kya gni. udah gtu ga monoton!
    klo mau ikut jadi sukarelawan kya gtu gimana yah caranya???
    boleh kan ikut bantu?
    smoga hal2 yang kya gni ga cuma semangat sesaat yah!!!!!

    salam knal

    ___iTa______

    nb : respon balik yah bang dik (o^^,o) !!!!!

  15. Hi Ita. Untuk informasi seputar kegiatannya dikDOANK, bisa lihat pesan kita terakhir di atas. Terima kasih.

  16. Good job. Wish lebih banyak anak Indonesia yang seperti dikDOANK. Keep up the good work guys!

  17. Gravatar Yuka Maharani Kharisma Shanti at 09 June 2005 at 11:28

    dikDoank??? salut abis!!!

    jujur itu impian gw waktu jaman SD..pengen bgt bisa sekolah di alam terbuka tp apa mau di kata berdiri nya sekolah om dik aja waktu gw lulus SMA masa harus balik lagi ke SD hehe..(bentar lagi siy..tinggal tunggu pengumuman aja insya 4JJ lulus amin)

    doa kan saja aku bisa meneruskan perjuangan om dik di masa yang akan datang.. maju terus untuk om dik!!!

    salam kebersamaan!!

  18. Ass. Wr. Wb.

    Saya bangga dan terharu atas apa yang telah dilakukan DIKDOANK yaitu dengan mendirikan sekolah alam yang letak nya tidak terlalu jauh dari pusat kota Jakarta. Karena anak2 sekarang lebih banyak mengenal pusat perbelanjaan modern daripada alam pedesaan, sehingga banyak anak2 yang mudah terkena penyakit jiwa maupun raga, contoh nya stress dan obesitas. Usia masih kanak2 tetapi penampilan sudah dewasa dan atau menderita penyakit seperti penyakit orang dewasa. Korban modernisasi karena melupakan dan mengabaikan alam.

    Semoga sekolah JURANKDOANK berhasil mendidik anak2 dan memberikan pandangan pada orang dewasa untuk sadar akan penting nya alam.

    Apabila mungkin kami selaku orang tua murid Taman Kanak, akan mengajak anak2 kami untuk berkunjung ke JURANKDOANK. Untuk itu kami memerlukan persyaratan apa yang harus kami penuhi terlebih dahulu dan alamat atau denah JURANKDOANK serta berapa biaya yang harus kami keluarkan untuk masuk ke JURANKDOANK. Mohon kabar nya segera, karena apabila ALLAH mengizinkan, kami ( 75 orang = orang tua + anak2 TK ) akan ke JURANKDOANK hari Sabtu 18 Juni 2005.

    Wass. Wr. Wb.
    Delfina

  19. Untuk informasi seputar Sekolah Alam dari dikDOANK, anda bisa langsung mendatangi lokasi. Dari arah Pd. Indah naik tol, keluar di pintu tol Pd. Aren. Setelah itu belok kiri menuju arah serpong, jangan ambil lurus ke arah bintaro. Ketemu tusuk sate belok kiri, lalu lurus ke arah ciputat melewati jalan diatas tol. Tidak jauh setelah ini lihat ke kanan jalan, ada kantor lurah sawah lama. Ini dia, disebelah kantor ada gang yang ada tanda kuning Kandank Jurank Doank. Masuk ke gank tersebut.. Terima kasih.

  20. Gravatar ginanjar kartanegara at 21 October 2005 at 19:04

    YG NAMANYA DICK DARI DULU EMANK GAK KEABISAN IDE2 CREATIF.GW BANGGA BANGET JDI SEPUPU LO

  21. Gravatar arif suharnowo at 28 October 2005 at 15:38

    Saya ingin mengenal lebih dekat dengan Dik Doank, apa saya bisa mendapatkan informasi alamat email atau apa tentang mas dik doang.
    Saya pingin juga mampir ke jurang juang doank, dimana bisa dapat infromasinya.
    Arif : maasarifsh@yahoo.com
    08179330954

  22. Gravatar Diah Triantari at 08 November 2005 at 09:40

    Top banget, gak salah gw idolain bang Dik dari dulu!

    btw, gw juga udah lama banget pengen punya ‘satu wadah seperti yg bang Dik buat’. dari kegelisahan 1 ke kegelisahan2 selanjutnya, itu ngebuat gw moved (pulang kampung) dari jakarta ke daerah asal gw, mencoba menghimpun & mengumpulkan kekuatan dari hati untuk anak2 Indonesia yg ada di kampung gw. gw ngerasa gak ada kata nanti untuk ‘do something 4 indonesia’ karena saat inipun gw ngerasa sudah terlambat. n gw pengen bener2 in touch dengan anak2 itu…

    gw pengen ngeliat anak2 Indonesia yg dari mata mereka kita bisa melihat semangat untuk Indonesia yg lebih baik!!

    vivat & cheers,
    arie

  23. Dear moderator,

    Saya reporter dari Majalah Nebula http://www.nebula165.com, ingin meliput kegiatan sekolah alam ini untuk edisi 16 Kami (terbit maret).

    Untuk itu kami mohon kerjasama Mas dan Mbaknya, untuk proses liputan kami. Please, contact me at 0818-993616 or 75818408.

    Makasih banyak ya, aku tunggu kabarnya loh.

  24. Aku salut sama Mas Rizky(dikdoank) !! Tidak banyak orang2 seusia mas Rizky yg peduli dg anak2 dan berkarya utk anak2 dr hal yg mudah didapat dan diolah. Semoga selalu disayang Allah !!

  25. Gravatar Misdiantoro at 27 January 2006 at 09:25

    Tidak ada kata terucap kecuali Subhanallah masih ada sosok dikdoank. Semoga virusnya menjangkiti semua insan Indonesia. Salam Indonesia emas. Bangkit Indonesia. Karena saya orang daerah semoga bisa mencontohnya.

    ian
    aremania

  26. Gravatar rahmi suryaningrum at 10 February 2006 at 13:51

    boleh tau ga alamat persisnya Sekolah Alam JurankDOANK! soalnya mau ngajak sodara-sodara kecil saya kesana hari minggu ini, jd klo bisa secepatnya ya direply
    thanx

  27. Alamat pastinya tidak ada ada. Yang pasti adalah dari arah Pd. Indah naik tol, keluar di pintu tol Pd. Aren. Setelah itu belok kiri menuju arah serpong, jangan ambil lurus ke arah bintaro. Ketemu tusuk sate belok kiri, lalu lurus ke arah ciputat melewati jalan diatas tol. Tidak jauh setelah ini lihat ke kanan jalan, ada kantor lurah sawah lama. Ini dia, disebelah kantor ada gang yang ada tanda kuning Kandank Jurank Doank. Masuk ke gank tersebut.

  28. sungguhindahdapatberbagidengansesama…..klo saya pribadi pengen mengajar anak-anak yang tidaksekolah walaupun sesuaidengan kemampuan ….eh..mungkin di jurang doankada yang bisa saya bantu…bisa minta informasi kesiapa ya….

  29. Halo Danang. Akan lebih baik jika anda bisa lihat langsung kegiatan Kandank Jurank Doank setiap Sabtu dan Minggu pagi. Tempatnya memang terbuka untuk siapa saja. Info alamatnya bisa lihat di atas.

    Salam kebersamaan!

  30. ada no tlp yang bisa dihubungi ga?aq ga terlalu tahu daerahnya…trus acara sabtu minggu itu buat umum tau anak2?

  31. assalamua’alaikum WR.WB
    terharu rasa hati ana….alhamdulillah, masih ada yang mo peduli sama orang lain, moga Allah mencatat sebagai amal yang tak ternilai pahalanya, amin….
    oh..iya…kalo bang dik ga keberatan, boleh dong ana silaturakhim atau ketemuan sama bang dik? trus…tiap hari apa aja sich bang dik ada disana?
    thanks.

    jank cakra
    HP:08159014355

  32. Silahkan langsung datang ke lokasi (alamat ada di salah satu komentar diatas), terbuka untuk umum pada hari Sabtu dan Minggu pagi.

    Salam kebersamaan!

  33. Walau saya belum melihat langsung kelokasi tapi ide bang dik doank saya acungi jempol….semoga tetap konsisten membantu terhadap pendidikan orang2 kecil.

  34. Gravatar eva lanovia at 05 April 2006 at 13:47

    Luar biasa

    Sederhana dan masih sederhana itu yang pertama kali terucap ..sepuluh tahun yang lalu kami dari RISKA ( Remaja Islam Sunda Kelapa) kedatangan tamu.. memakai kaos biasa , celana jin dan sendal jepit..

    saya baru tahu ternyta beliau “Famous” tapi kesan selebriti tidak ada sama sekali tampak diwajahnya yang selalu tersenyum sumringah..

    saya lama sekali mencari dan ingin ketemu Bang Dick doang yang waktu itu pernah beragumentasi tentang saya mengenai salah satu diskusi di aula mesjid sunda kelapa menteng..

    pada intinya saya terus mengikuti perkembanagan dick doang yang sekarang sering tampil fungki dan senyumannya masih seperti dahulu..

    semoga ALLAH membuka hijab cahaya bagi mas Dick Doang dan saya ingin sekali bermian kesana..dan menularkan ide-ide saya juga ..
    sudah pasti tanpa imbalan ,,,

    Dan semoga ada Dick doang , Dick Doang yang lain

    Ini semata adalah rasa aparesiasi saya yang besar untuk Mas Dick Donag..Salut..bgt

    Eva Lanovia

  35. gw salut bgtttttt..!boleh gak gw gabung ma sekolah alam jurangdoang? coz gw juga ngajar di salah 1 sekolah yang berkonsepkan alam.kayaknya enak juga tuch…!thanks.Caiyooooo!Seamngat terus yah!

  36. Hi Pipit. Untuk lebih jelasnya mungkin anda bisa datang ke lokasi setiap Sabtu dan Minggu. Sampai disana bisa langsung ngobrol dengan dikDOANK soal kemungkinan mengajar.

  37. Salut bgt buat Dik DoAnG…, Selain itu saya ingin mendapatkan informasi di mana saya dapat menemui Dik Doang,karena saya ingin mengundang dia untuk berbagi pengalaman dalam acara Bedah Buku yang Insya Allah akan dilaksanakan tgl 25 Juni 2006 besok.

    Please help me yah….., for Dik Doang lets move on to better life

    Makasih ya atas informasinya yah…

  38. Gravatar Decky Rinawan at 31 May 2006 at 11:09

    Bang Dick ……..

    minta info nich ……. program di sekolah alam untuk tingkat apa saja , apa ada program dari TK sampai SLTA dengan sistem terpadu ??? dan kurikulumnya apa model kompetensi dan berapa persen bobot antara kurikulum formal akademik dan pendidikan pembentukan mental anak ???

    Trimakasih atas info bang Dick

    Wassalamualaikum

  39. Salam Jumpa,
    Saya adalah salah seorang pengajar TK di Wilayah Jakarta Timur, saya berkeinginan untuk mengajak murid-murid saya untuk melakukan Field Trip ke Sekolah Alam JurankDOANK. Bagaimana caranya dan Apa saja ya syaratnya?
    Trima kasih sebelumnya
    Wasalam

    Dewi

  40. Seperti seorang yang sudah kehabisan kata2x untuk semua yang telah dilakukan oleh Bang Dik Doank beserta rekan2x. Seandainya banyak insan yang peduli sepeti halnya Bang Dik Doank, semakin banyak teman2x yang terbantu. Salut dan Proficiat untuk semua yang ikut berperan…
    Di mana saya bisa dapatkan alamat email Bang Dik Doank bahkan kalau diperbolehkan nmr Hpnya. Sebab saat ini saya membutuhkan bantuan dan dari Bang Dik Doank berserta rekan2x semuanya.
    Banyak teman2x pengamen jalanan di sekitar tempat tinggal saya yang sangat membutuhkan adanya wadah seperti yang pernah Bang Dik Doank adakan sebelumnya…
    Terima kasih atas kesempatannya, dan saya sangat mengharapkan informasi yang saya butuhkan.Bila ada informasi, dapat memberitahukan saya di : http://www.Japra_230680@plasa.com ; 081382420202.

  41. Subhanallah saya benar-benar senang mendengar berita semakin banyak sekolah/tempat belajar berkonsep alam, semakin bebas rasanya dunia ini ditengah-tengah kesempitan yang menghimpit hati-hati manusia. SEMOGA INDONESIA DIPENUHI SEKOLAH ALAM, keceriaan anak-anak, remaja, pemuda dan orang tua untuk membangun DIRI dan masyarakat ini. Bener-bener nggak nyangka sudah ada dalam daftar cita2 saya untuk mendirikan “rumah Belajar” nama dan konsepnya persis seperti jurankDoank tapi bener-bener saya nggak nyontek baik nama maupun ide semuanya berawal setelah membaca buku tentang sekolah alam. Ingin sekali saya bermain ke jurankdoank. Bang Dikdoank aja BISA, Insya Allah dengan sekuat tenaga saya bertekad wujudkan cita-cita saya1! Bank Dik Dukung saya ya walaupun dari Jauh, semoga kelak benar-benar terwujud!!!!!

  42. waaahhhh kueren abizz!!! pme ngga bisa dingkapin dg kt2!!!
    tp aq g tau konsep pembangunan dan pengembangannya sekolah alam ini..mohon dikirimi konsep pembangnan dan pengembangan sekolah alam ini..trimakasih

  43. Gue pikir inilah Pria Uberseksual, gue asst editornya MAxim dan maxim memilih Dik doang sebagai Pria Ubersexual. salah satu element dari Pria Uberseksual adalah sangat peduli terhadap lingkungan sekitar. dan itu Dik Doang banget.

  44. Bang Dik Doang apakah juga menerima anak asuh ?
    Saya ada tetangga yang anaknya sangat sangat membutuhkan orang tua asuh terutama untuk pendidikannya. Orang tuanya hanya kuli serabutan, yang kadang kerja kadang tidak tergantung ada orang yang membutuhkan tenaganya atau tidak.
    Saya berharap Bang Dik Doang bisa menjadi orang tua asuh bagi anak ini, yang sekarang berusia 2 tahun.

    Mohon balasannya….please…..
    terima kasih

  45. Hallo Sari. Silahkan hubungi no kontak Sekolah Alam Kandank Jurank Doank untuk informasi pastinya. Nomornya ada di artikel atas.

  46. Halo bang Dik…. langsung aja deh, seperti yang kita tahu bang Dik kan concern banget tuh ama yang namanya issue2 sosial, kebetulan aku adalah OCP project yang bakalan ngangkat issue ttng HIV AIDS, aku dari salah satu organisasi internasional (AIESEC), yang concern dengan leadership dan exchange. Aku salah satu mahasiswa Univ. Brawijaya. Yang pengen aku tanya tuh mungkin gak sih buat ngajak Bang Dik Involve di Event ini, at Least tar jadi Bintang tamu-nya ato external speakernya.. Yang bikin aku sanksi adalah karena kami bukanlah organisasi yang non-profit oriented, jadi financial support tidak dapat diandalkan… tapi untuk masalah akomodasi tar kita yang tanggung deh…. untuk konsep dan proposalnya tar bisa aku follow up deh…
    mohon comment-nya ya bang…. terimakasih..

  47. assalamu’alaikum bang dik doank..
    langsung aja yah..aq salah satu mahasiswa STIMIK Perbanas dlm UKM RISNA (rohani Islam Stimik Perbanas). Aq mw tanya ni gimana caranya ngubungin bang dik??? Insya Allah Aq ma temen2 mw ngadain acara buat ramadhan, yg salah satu didalamnya ada kegiatan baksos jg. kira2 bang dik mw ga? aq pingin bgt untuk invite bang dik ato sbg bintang tamunya gitu..krn yg aq tw bang dik artis yg bersahaja n ga neko2, simple. gmn bang? kebenaran kegiatan qt lingkup kecil aja,bukan organisasi yg ‘gede’ jadi u/finace mungkin tak begitu ‘menggiurkan’ tapi untuk akomodasi dll tar qt yg tanggung de..soal konsep n proposal bisa difollow up
    mohon jawaban n comment nya ya bang. terimakasih.. wassalamu’alaikum

  48. Saya sangat tertarik dengan program dick doang, bagaimana caranya saya mau minta tolong kepada Bapak Dick doang agar keponakan saya dapat mengikuti belajar di yayasannya Bapak karena keponakan saya drop out dari SD di bogor kelas 5. Apakah bisa mengikutinya?
    Sekian terima kasih banyak.

  49. Hallo Budiono. Kegiatan Kandank Jurank Doank terbuka bagi siapa saja yang berniat ikut. Namun kegiatannya hanya berlangsung pada hari Sabtu dan Minggu. Untuk mendapat keterangan seputar lokasi mohon hubungi no kontak yang ada di artikel atas. Terima kasih

  50. mr. dik doang
    alhamdulilah siang ini ketemu di komputer
    aku ma suami dah pingin banget berkunjung ke sekolah alam milik mr. doang
    mungkin qt akan kesana pas akhir puasa ato ga malah lebaran
    selain silaturohmi qt ingin banget belajar banyak ma mr.
    qt ni pengajar bahasa inggris di SD n SMU lirboyo
    smoga nanti qt bisa ketemu mr. doang ya
    dari hesty & poorwadi
    jl. raya bancar no. 26 singkalanyar prambon nganjuk
    081 259 27790
    c u in a tick

  51. Gravatar muchammad towwabur rochim at 07 October 2006 at 00:09

    assalamu alaikum wr.wb

    maaf, saya bingung dan tidak tahu harus kemana saya menyampaikan maksud saya, dengan segala hormat.
    perkenalkan nama saya much.towwabur rochim, mahasiswa universitas pembangunan nasional (upn) “veteran” jawa timur surabaya, fakultas teknik sipil dan perencanaan (ftsp), jurusan teknik arsitektur, angkatan 2003.

    saat ini saya sedang menjalani kuliah seminar tugas akhir. judul yang saya soodorkan adalah “sekolah alam surabaya”. untuk itu saya memerlukan beberapa data yang akan menjadi dasar dan pedoman dalam perencanaan dan perancangan tugas akhir saya “sekolah alam surabaya”.

    data yang saya butuhkan adalah, data umum sekolah alam jurankDOANK!, data arsitektural (data siteplan, lay out, denah, tampak, potongan, landsekap dll) selain data yang saya sebutkan diatas saya juga akan melakukan survei lapangan.

    tujuan saya mengirim imail ini adalah agar saya mendapatkan izin untuk mendapatkan data dan survei di sekolah alam jurankDOANK!, yang setelah ini saya akan mengirimkan surat pengantar dari unirvesitas saya sebagai bukti kebenaran maksud saya. untuk itu mohon petunjuk untuk mengirimkan surat tersebut ke sekolah alam jurankDOANK!. kepada siapa atau kebagian mana surat tersebut ditujukan dan alamat dari sekolah alam jurankDOANK!, serta syarat-syaratapa yang harus saya penuhi guna memperoleh izin tersebut.

    survei insya Allah saya lakukan setelah ujian tengah semester yaitu beberapa minggu setelah hari raya idul fitri ketika hari sekolah aktif dan juga setelah memperoleh surat balasan dari yayasan tunas cendekia tentang perizinan tersebut.

    mohon bantuan dari yayasan tunas cendekia.atas perhatiannya saya ucapkan banyak-banyak terima kasih.

    wassalamualaikum wr.wb

  52. saya sudah kenal dengan dick doank lama,bidang kita sama tapi karena sy seorang karyawan kantoran maka waktu banyak tersita di kantor,saya sangat setuju dengan banyaknya sekolah alam namun setelah saya coba mengecek ternyata sekolah itu mahal,krn sy lebih yakin dengan pendidikan sekolah alam karena landasan dasarnya adalah kemandirian anak.yang seharusnya pemerintah yg lebih bertanggung jawab untuk masalah ini karena banyak saudara-saudara kit yang tidak mampu.itu sekelumit saya tentang sekolah alam.ada yang mungkin yang dilupakan oleh sebagian orang yaitu jangan lupa kita memperjuangakan anak kita supaya pintar, anak yang tidak mampu supaya bisa bersekolah jangan lupa dengan anak-anak autis,disini sebetulnya saya mau berdiskusi untuk masalah anak-anak autis kalau om dick tertarik saya pengen sekali membicarakan hal ini.

  53. Gravatar ery sutrisno at 24 November 2006 at 23:34

    Asalamualaikum…Mas Dik Doank saya acungi jempol,,,andaikan saya bisa bergabung dengan Mas Dik pasti sangat menyenangkan ,,,insyaallah saya bisa membantu Mas dik walaupun dengan ruang lingkup kecil,,,,,Sejak aku duduk dibangku SMA aku kepengen kenalan sama Mas Dik Doank aku penasaran dan pengin sekali belajar sepak bola di kandank jurank..Merdeka!!!! salam dari anak BREBES…MAJU TERUS

  54. salut banget Dik, tapi jangan jakarta doang dong, daerah lain juga butuh. bagi ilmu dan pengalamannya ke kita-kita orang, jadi InsyaALLAH kita terusin semangat Dik Doang didaerah lain
    regard,

  55. pertama-tama saya juga mengucapkan saluuuut, kepada team sekolah alam jurankdoank.
    Kami, kelompok Lets (local education and training senter) di kota temanggung jawa tengah juga sedang merintis. Saat ini yang baru berjalan adalah tempat pelatihan keterampilan bagi anak-anak diluar jam sekolah (off school), karena keterbatasan pembimbing.
    Saya berharap untuk suatu saat bisa berkunjung untuk sharing pengalaman. tqx

  56. Salam Untuk Kecerdasan…………

    Hanya satu kata untuk mu kawan!!!
    Mantap…………..

    Begitu banyaknya manusia di Negeri yang tercinta ini, sekitar Dua ratusan Juta Jiwa, ada bernasib baik dan ada juga yang bernasib buruk, entah itu nasibnya atau dinasibkan oleh kerakusan beberapa orang. mudah-mudahan idemu tidak mati sampai disini kawan… sayang di daerah lainnya tidak ada yang bisa atau yang mampu untuk membuat seperti idemu. semoga idemu tidak hanya di satu tempat di indonesia, tapi usahakanlah ide itu berkembang di seluruh indonesia…………. Thanks

    Cerdaskan Indonesia ku

    Medan, 18 Des 2006

  57. Gravatar Agus Heryanto at 09 January 2007 at 09:48

    pendidikan kita GAGAL!! berapa prosentase pengangguran? kemana larinya setiap tahun lulusan sekolah-sekolah?
    dengan konsep bang dikdoank yang sederhana, tapi ‘mengena’ dan aplikatif, saya yakin pendidikan indonesia akan lebih ‘ramah’ lingkungan, ‘membumi’ istilah keren-nya.
    salut buat bang dikdoank, bikin lagi yang banyak ‘edutourism-edutourism’ di daerah lain..ok?

  58. Ass.
    bang dik+team kalo’ bisa bikin juga jurank doang di daerah bojong dong, environment-nya mirip tuh. kalo’ perlu saya bantu cari-in lahan yg cocok. biar smua rakyat bisa cerdas bersama..

    roni/0817756615

  59. Mampir saja Roni setiap Sabtu atau Minggu pagi. Sekalian bertukar pikiran langsung dengan diKDOANK disana.

  60. Bravo…Mas dik..

    Mas, aq Isma dari Majalah kesehatan DOKTER KITA..Mas, boleh dong aq tanya -tanya soal sekolah alam mas dik…utk rubrik tumbuh kembang anak yang aq asuh nih…Thx ya mas dik…

  61. Subhanallah…
    mas dik hebat..
    aku lagi belajar untuk lebih “ngeh” dengan sekitar..
    dan aku mulai dari yang kecil,,medah2an bisa jadi besar kaya mas dikDoank…Amin
    Salam Kebersamaan.

  62. Assalaamu’alaikum warahamatullaahi wabarakaatuh
    Saya Lutfi dari Malang. saya pengen punya acara tenang pendidikan nih, tapi target saya anak usia SMAan. bisa gak Mas Dik jadi pembicara gitu. saya bisa hubungin dimana? atau kalo mau shraring saya bisa hubungi siapa? makasih ya.
    Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

  63. Hallo Lutfi, silahkan untuk informasi lebih lanjut seputar dikDOANK bisa menghubungi 021 9146523 atau 08129645607

  64. Alhamdulillah masih ada orang2 spt dick doank. Yang peduli akan nasib anak2 kita. Saya ingin sekali mengajak anak didik saya untuk mengunjungi kandank jurank dick doank. Agar mereka tidak hanya melihat kehidupan kota saja. Dan juga biar mereka dapat merasakan bahwa mereka adalah anak2 yang sangat beruntung.

  65. bang dik gw faiz dari FSRD trisakti, gw sama anak2 desain trisakti ingin ngadain acara festival anak jalanan yang ke3 di trisakti.rencananya tgl 5 & 6 oktober hari pertama acaranya adalah workshop,dan membuat karya. dan hari kedua rencannya kita full bergembira di kandank jurank doank…dan hasil karya mereka akan di pamerkan di acara wall painting dan di lelang. pada bulan november di plaza barat senayan…gw pengen banget ngundang bang DIK dan kawan2 untuk menghadiri acara tersebut.masalahnya gw g tau harus menghubungi bang dik kmn..tolong bantuannya bang dik

    saya mewakili semua ank desain trisakti mengucapkan
    trima kasih yang geudeee banget…

    informasi lebih lanjut tolong hub saya di:081398600522
    24 jam nonstop buat bang dik dan kandank jurank doank..
    karna klo bukan kita siapa lagi yang perduli.

  66. Hallo Faiz, silahkan kontak Kandank Jurank Doank melalui 021 9146523 atau 08129645607. Terima kasih

  67. hai…
    sekolah kandank jurank dik doank bisa buat bikin acara outbond buat anak-anak TK gak ? aku telp ke no telp sama HP nya kok gak ada yang angkat ya?sussah banget,ada website nya gak seh?
    many thanks

  68. websitenya setahu kami belum ada, namun untuk info lebih lanjut mungkin wienda bisa mampir dulu ke lokasi. sekaligus lihat keadaan dan tanya langsung dengan mereka disana

  69. Assalamu Alaikum Bang Dik!Salut nih buat abang!
    Aku dan beberapa teman membuat kelompok belajar untuk anak2 yang ada di bantaran kali surabaya.
    Abang bisa ngga berbagi modul yang ada di kandank jurank buat kita?Karena kita juga pengen memasukkan materi pengenalan alam.
    Saya tunggu jawabannya.Terimakasih sebelumnya!Tetap berjuang!

    Wassalam

  70. Gravatar renaisanti at 30 March 2007 at 09:22

    Mas Dik Doang, aku tertarik ama apa yang mas Dik kerjain sekarang. Dulu waktu aku mahasiswa jg ngerjain yang ginian untuk anak-anak ga mampu yang tinggal di seberang kampus UI R’mangun jaman baheula n waktu jd guru TK di tempat kak Seto. walaupun diketawain temen2, masa jurusan antrop ngurusin anak2. Ternyata saat aku kerja di Dep Kebudayaan dan Pariwisata pengalaman itu berguna banget. Ntar tanggal 8-10 Juli 2007 kantorku mau bikin Pesta Permainan Tradisional Anak di Padang, sekaligus mau recovery anak2 korban gempa di Solok. Aku pengen ngelibatin mAs DIk untuk acara ini ada waktu nggak? kabarin ya bisa atau nggaknya lewat e-mailku. Thanks a lot.

  71. aslm.
    saya sudah pernah mendengar tentang sekolah alam tapi baru sekarang saya tau emailnya.kebetulan saya mendapat tugas kuliah tentang pengantar skripsi dan saya tertarik tentang anak2..nah saya ingin melihat apakah ada perbedaan antara sekolah alam dengan sekolah formal umumnya,kira2 saya bisa menghubungi kemana ya?oh ya saya mahasiswi psikologi jadi saya lebih melihat ke aspek psikologinya, trus saya melihat diatas ada nomor hp yang bisa dihubungi apakah saya bisa menghubungi kesana aja atau bagaimana?terima kasih n teTap seMangat ya :) oh ya saya juga bisa dihubungi di 0813 2153 1051

  72. Gravatar Erwin Yuliendra (Ebong) at 02 April 2007 at 09:35

    Salam kenal buat Dick Doang. Gue dulu bgt pernah ketemu sama orang ini di salah satu studio band. Saat itu jujur aja gue sebel bgt sama gayanya dia. Tapi begitu melihat niat luhur dia terhadap anak2 Indonesia yang akhirnya bisa terwujud sekarang. Gue bener-bener bangga sama elo Dick. Mungkin ini agak frontal, tapi gue tetap akan ngomomong biar semua orang tahu. “Suatu negara yang membuat sebuah pendidikan menjadi sesuatu hal yang exlusive, maka akan lahir sebuah negara bodoh!!! karena pendidikan seharusnya diobral atau digratiskan”. Gitu pendapat gue Dick.

    Oh iya gue sekarang bekerja di sebuah Event Oraganizer, selain itu gue juga seorang penulis skenario. Dari dulu sampai sekarang gue sangat prihatin dengan kondisi anak-anak di Indonesia ini. Tapi yang lebihmemprihatinkan lagi gue gak bisa berbuat apa-apa terhadap mereka. Mudah-mudahan seorang Dick Doang mau mengajak gue untuk bisa berpartisipasi dalam memperdulikan keadaan anak-anak Indonesia. Gue bukan anak orang kaya yang bisa membantu dengan dana, tapi gue punya skill dalam bidang event organizer dan menulis, dan yang utama gue punya niat yang tulus bgt buat membantu anak-anak.

    Thank’s bgt Dick atas apa yang udah elo buat sekarang buat anak-anak Indonesia. Jangan lupa Dick Ajak gue untuk partisipasi membantu elo,……
    email/YM : motion_ebong@yahoo.com
    phone : 0813 8890 3724

  73. Asslaamu’alaikum
    Kami dari Serikat Pekerja (SP) Jakarta International Container Terminal (JICT) yang berada di Jl.Sulawei Ujung Tj. Priok Jakarta Utara akan membuat Rumah Belajar Bahari. Sebelum itu kami akan melakukan studi banding, diantaranya ingin ke Kandank Jurank Doank.
    Jika diperbolehkan Proposal kami kirimkan ke e-mail siapa ?
    Terima kasih

  74. Walaikum assalam. Karena Kandank Jurank Doank setahu kami belum ada email, anda bisa kontak melalui 021 9146523 atau 08129645607. Terim kasih

  75. assalamu’alaikum mas dik doang.

    saya viera, saya juga bergerak dipendidikan, namun masih kecil-kecilan pakai ruangan garasi rumah saja, saya ingin sekali mengajak adik-adik di sanggar saya ( sanggar kelinci)untuk bermain dan belajar mengenal alam atau outbond disana, bagaimana ya tuk dapatkan infonya,mungkin bisa diberikan alamat atau ancer-ancer jalan untuk menuju ke sana, rumah saya di daerah gandul. trima kasih banyak loh.

  76. Hallo Viera,

    Mungkin untuk lebih jelas seputar alamat Kandank Jurank Doank bisa kontak 021 9146523 atau 08129645607.

    Namun saya coba kash sedikit ancer2 arah kesana:

    Dari arah Carefour Pd. Indah naik tol, keluar di pintu tol Pd. Aren. Setelah itu belok kiri menuju arah serpong, jangan ambil lurus ke arah bintaro. Ketemu tusuk sate belok kiri, lalu lurus ke arah ciputat melewati jalan diatas tol. Tidak jauh setelah ini lihat ke kanan jalan, ada kantor lurah sawah lama. Ini dia, disebelah kantor ada gang yang ada tanda kuning Kandank Jurank Doank. Masuk ke gank tersebut.

    Semoga membantu :)

  77. hMm,,aQ sEneng bgt baca ttg sekoLah Alam ini, pgn bgt main ksana dan ktemu sm anak2 yg skolah dsana, main brg mreka!! apalagi kLo ad ouTbound-nYa!!aQ mau ikutan dunk..jd sukareLawan atau tEnaga kErja jg mau bgt!!gmn??tp aQ ga tau aLmat jeLasnYa so minTa aLamatnYa yach!!sapa tau aQ ad reZeki dan bs berbagi sm anak2 dsana!!amiin..
    pkonYa aQ SALUT bgt sm bang dik doank yg pnya jiwa Sosial dan pEka sm Lingkungan skitar..
    suksEs ya bwt Bang Dik Doank!!slm jg bwt kRu skoLah ALamnYa!
    thnks a lot..

  78. Hi Septi. alamat pastinya tidak ada, namun bisa ikuti petunjuk berikut; Dari arah Carefour Pd. Indah naik tol, keluar di pintu tol Pd. Aren. Setelah itu belok kiri menuju arah serpong, jangan ambil lurus ke arah bintaro. Ketemu tusuk sate belok kiri, lalu lurus ke arah ciputat melewati jalan diatas tol. Tidak jauh setelah ini lihat ke kanan jalan, ada kantor lurah sawah lama. Ini dia, disebelah kantor ada gang yang ada tanda kuning Kandank Jurank Doank. Masuk ke gank tersebut.

    Atau bisa kontak 021 9146523 atau 08129645607

  79. Gravatar hayyu ache at 08 May 2007 at 09:46

    hebaaaaaaaaaaat untuk mas dick doank
    kami salut pada bang doank n rekan rekan yang pduli akan nasib bangsa ini.saya atas nama kesatuan pecinta alam peduli lingkungan ” wong alas ” surabaya jl. manukan mukti blok XI b no 03 tandes surabaya.ingin sekali dan pengen bergabung dengan sekolah alam jurank doank n pengen juga bisa tuker informasi visi misinya n aku juga pengen mendirikan suatu rumah baca yang bisa dipakai untuk anak anak jalanan yang ada di surabaya,organisasi kami tumbuh atas dasar hati nurani yang dalam,n banyak kegiatan yang kami lakukan untuk kelestarian alam,maka dengan itu kami ingin dukungan moril maupun saran saran yang membangun, yang penting dukungan untuk pencarian dana donatur untuk kegiatan yang kami lakukan.ok trims atas perhatiannya
    contac person: ” wong alas ”
    jl. manukan muktiblok XI b no 03 tandes surabaya 60185
    telp. 081703680388
    email : wongalas_2007@yahoo.co.id
    fk_pas@yahoo.co.id
    ache_84@plasa.com

  80. tgl 1 agustus ini saya mau buka kelompok bermain “kreatif” al fitrah didaerah cibitung bekasi. semua materi dan metode saya buat sederhana tapi tetap bisa menumbuhkan kreatifitas anak, dengan cara yang menyenangkan.

    kami bermaksud mau melakukan study banding ke kandank jurang doank, tapi terus terang kami ndak punya alokasi dana untuk membayar, karena selama ini setiap saya mau melakukan kunjungan dan studi banding, pasti diminta membayar mahal ke tempat tersebut, padahal sekolah kami masih baru dan beriorientasi kepada pendidikan untuk semua yang murah, mudah dan berkualitas.
    untuk materi, kami tidak takut untuk bersaing dengan sekolah2 mahal yang inklusif dan hanya mau memandaikan anak orang2 berduit.

    sekali lagi, kami minta konfirmasi selanjutnya prosedurnya. terima kasih atas perhatian

    081703742501

  81. Hallo Nurul, saya rasa untuk datang dan bertanya sekaligus mempelajarai Kandank Jurank Doank sama sekali tidak dipungut biaya. Karena untuk programnya sendiri sudah bersifat terbuka bagi siapa saja tanpa ada pungutan.

    Akan lebih baik jika Nurul dan rekan-rekan yang lain untuk datang langsung setiap minggu pagi disana untuk membuktikan sendiri.

  82. Kalau mau menyumbang acara/sesi pendidikan untuk anak2 Jurang Doank bagaimana caranya?
    Saya sudah mampir kesana, dan sempat menikmati presentasi powerpoint dr Dik Doank ttg Kandang Jurang Doank dll nya. Sangat menarik; dan saya sudah menghubungi konsultan yang siap membantu..

    Hanya sayangnya susah sekali menghubungi nomer telepon yang diberikan pada saya waktu itu.

  83. Hallo Aji. Karena kesibukan yang ada pada dikDOANK dan istri, mungkin akan lebih baik jika anda langsung datang kembali ke lokasi untuk mengutarakan niat anda ini. Semoga bisa terlaksana.

  84. Gravatar Rahmi Utamisari at 24 May 2007 at 12:17

    Waduh..coba dari dulu ada orang yang seperti Mas Dik Doank, mungkin bangsa Indonesia ini sudah cerdas-cerdas. Apa bagusnya Mas Dik Doank ini dikloning dan hasil kloningnya disebar ke daerah-daerah tertinggal di Indonesia biar anak-anak di sana jadi cerdas-cerdas juga, he..he..
    BTW saya sebagai salah satu warga Ciputat jadi bangga karena dengan Sekolah Alam yang dibangun oleh Mas menjadikan nama Ciputat jadi lebih beradab karena dari dulu Ciputat lebih dikenal dengan pasarnya yang kotor dan biang macet. Untuk itu, insya ALLAH, dalam waktu dekat saya mau berkunjung ke sana. Mudah-mudahan saya bisa berkontribusi di sana.
    Terus berjuang ya Mas Dik Doank, pantang menyerah, karena ALLAH SWT selalu bersama orang-orang yang berbuat baik.

    Wassalam
    RAHMI

  85. Ass.wr.wb.apa kabar Bang, semoga abang sekeluarga dan seluruh kru SA Jurank Doank tetap dalam limpahan rahmat dan ridha Allah SWT.

    Salam kenal, saya Ruslan dari Makassar, selain mengelola Adventure Tour and Outbound Training dibawah bendera PARABUS Malino, kami juga menggarap Sekolah Alam. Lokasi Camp kami berada diketinggian tidak kurang dari 1000 mdpl dibawah kaki gunung Bawakaraeng.

    Kami membuka peluang kerja sama dan bersinergi, profil tentang kami dapat diakses di http://www.parabuscamp.com

    Wassalam

  86. Assalamualaikum wr.wb
    Saya Noviyanti, mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Jurusan Matematika.Saat ini saya sangat membutuhkan informasi mengenai pembelajaran matematika disekolah alam pada tingkat sekolah dasar, untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah saya. Saya harap Mas Dik berkenan untuk membantu saya. Beberapa informasi yang ingin saya tanyakan antara lain:
    1. Bagaimana kurikulum yang diterapkan di sekolah alam. Apakah sama atau berbeda dengan kurikulum sekolah biasa?
    2. Metode pembelajaran apa yang dipakai oleh guru matematika disekolah alam?
    3. Kesulitan apa saja yang dialami oleh para guru matematika sekolah alam dalam menyampaikan materi matematika agar dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari?
    4. Apakah guru matematika di sekolah alam menggunakan PMRI(Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia)?
    5. Apa yang dilakukan oleh guru matematika, jika ada materi yang tidak dapat diaplikasikan kedalam kehidupan sehari-hari?
    6. Bagaimana respon peserta didik terhadap mata pelajaran matematika?
    7. Apakah peserta didik selalu antusias dalam mengikuti pelajaran matematika?
    8. Bagaimana proses belajar membelajar yang ada di sekolah alam? Apakah monoton diluar kelas atau sesekali didalam ruangan?
    9. Berapa jumlah maksimal peserta didik dalam satu kelas?
    10. Apakah guru matematika sekolah alam pada tingkat sekolah dasar merangkap menjadi guru kelas atau hanya memegang satu mata pelajaran keahlian?
    11. Bagaimana sistem ujian yang berlaku disekolah alam?

    Saya harap bisa dikirim balasannya ke email saya di novi1yanti@yahoo.com. Bisa nggak kalau saya berkunjung ke jurank doank sekitar minggu ini untuk mendapatkan informasi.
    Makasi….
    Wassalam.

  87. Hallo Novi. Sepertinya pertanyaan tersebut akan lebih mendapat jawaban yang lengkap jika Novi mampir ke Kandank Jurank Doank langsung. Semoga sukses untuk tugasnya :)

  88. asw…wr.wb

    wuihh…
    saluuuuTT wat Dik DoAnK wang wang wang…
    moga2 kandang jurang tambah sukses dan menjadi sekolah alternatif yang menjanjikan,,bisa jadi solusi buat tmen2 yang putus sekolah,ngurangin pengangguran cuz dapet ketrampilan,dLL.

    btw,saya tertarik sama salah satu tayangan televisi yang mnampilkan salah satu siswa kandang jurang-nya dik doang yang merakit alat peenangkap sinyal wifi. um… kalo boleh kirimin cara merakitnya dunk,,maklum..saya rada gaptek..hehe
    thanks yow…

    wass…wr.wb.
    m0o_jojojo@yahoo.com

  89. Terbuktu Dik Doank gak cuma Omong doank. Bukti kiprah nyata sudah tergelar. I want to duplicate in Semarang. Wish Me Luck, will you

  90. Kita doakan semoga lancar niat baiknya!

  91. Mas Dick, two thumbs up 4 U! Indonesia sangat membutuhkanmu. Suer, Mas, dalam beberapa hal aku sangat sepakat denganmu. Bahwa pendidikan itu bukan persoalan berapa angka/nilai yang didapat. Seperti yang saya alami sendiri.
    Dunia kampus, saya pikir adalah dunia yang penuh nuansa intelektualitas. Tak sekedar intelektual gombal semacam penggembar-gemboran politik praktis dan kemenjulangan akademik.
    Mas, entahlah, rasanya makin apatis saja aku menghadapi kampus, terutama yang aku diami kini.
    Mungkin beberapa dosen menganggap aku bukan mahasiswi pintar, tangguh, dan cerdas. Aku dilabeli tanda ‘bodoh’. Aku tahu dan sadar sesadar-sadarnya.
    Tapi, pada kenyataannya, Mas, seperti yang kita ketahui bersama. Pintar tak cukup dengan angka. Sayang mereka tak terima dan selalu menerapkan pola lama.
    Aku, cuma remaja 19 tahun yang selalu dijejali cacian dan makian dosen. Aih! Pendidikan macam apa ini.
    Mengapa pendidikan mengajarkan manusia untuk tidak memanusiakan manusia?
    Mas, kepalaku penuh dengan pemberontakan yang terpendam. Aku, yang juga berjuluk sok humanis, ingin membuktikan pada mereka. Bahwa pendidikan itu, bukan mentransfer kekerasan, baik fisik maupun psikis. Bahwa pendidikan adalah mengolah fikir, hati, dan kalbu. Menjadikan manusia pandai mengelola benih kecerdasannya untuk kemaslahatan dan memaslahatkan dirinya untuk mencerdaskan.
    Aku, yang juga disebut lemot karena ber-IP nasakom, memang bodoh. Dan karenanya aku akan terus belajar. Aku memang lembek, maka aku akan terus berjuang.
    Hakikat pendidikan untukku adalah memiliki guna. Tak sekedar mengumbar angka untuk melambungkan kesombongan.
    Aku, Anggrahini KD, Si Bodoh yang tidak akan menyerah dan lelah menyalahkan keadaan.
    OK, Mas Dick, senang rasanya aku mendapatkan ‘teman senasib’. Bravo untuk Kandank Jurank dan semua aktivitas sosial yang Mas jalani.
    Jangan lelah mencerdaskan anak bangsa dengan cara yang memanusiakan manusia!

  92. Wah, hampir lupa, bagi teman dan rekan yang mengalami kendala/hambatan akademik, bisa share ke dhewzie@plasa.com
    Aku yakin seyakin-yakinnya, tidak ada mahluk yang diciptakan untuk menjadi sia-sia. Dan yang terpenting semua orang pasti punya potensi dan kelebihan yang bisa dikembangkan dan dimanfaatkan!
    optimis!

  93. Sesungguhnya suatu kerja keras dimulai dari niat yang tulus dan pengabdian kepada sesama dibuktikan dengan tindakan nyata..Apa yang dilakukan oleh teman-teman di Kandank Jurank dimotori oleh Dik Doank dan Yayasan Tunas Cendekia adalah suatu langkah awal yang baik dalam hal pendidikan untuk semua warga negara, khususnya mereka yang tidak mampu. Sekolah alternatif berbasis alam seperti sekolah-sekolah lainnya di Bandung, Ciganjur Jak-sel dan kota-kota lain adalah contoh pembaharuan sistem pendidikan nasional yang sudah ‘tidak terjangkau oleh masyarakat umum’ dan terkesan terlalu memaksakan kurikulum kepada anak-anak..
    Alangkah lebih baik bila sekolah berbasis alam juga menerima anak-anak inklusi atau ‘berkebutuhan khusus’ misal anak-anak penderita autisme.
    Salam dari Bintaro,

    iRs@N

  94. ehm…waah…hebat euy..mas dik, calon isteriku (insyaAllah), mengajar di Sekolah Alam di Kawasan Serpong, klo kami main ke Jurang Doank untuk sharing, supaya punya banyak inspirasi sewaktu mengajar boleh ya..?
    terima kasih,,

  95. maaf yang bang, saya nge-jiplak programnya. dan jujur itu bikin hidup saya lebih hidup. memang seh kita ga munafik butuh yang namanya dana untuk kelancaran program, nah disitulah seninya gmn kita bisa ngadepin itu smua. forum kaya beginilah yang bikin semangat kita kenceng lagi setelah kendor lama.

  96. Wah saluut bgt buat “mas dik doang”…..
    enak kali ya kalo bisa buat sesuatu buat sesama…
    Andai aku juga bisa seperti itu pasti asik….
    aku ma temen2 punya 1 CD berisi 14 lagu hasil produksi sendiri garapan aku ma temen2 yang hasil penjualannya teruntuk para korban bencana di jogja…
    tapi ga banyak ngebantu… mengingat mereka adalah bukan penyanyi profesional jadi ya hasil nyanyinya pas-pasan…
    hmmm… seandainya mas dik doang bisa bantu pasti asik kali ya….

  97. Gravatar eveline idauli at 14 November 2007 at 09:06

    Mas Dik Doank,
    Maaf, mahal nggak SPP-nya? Terima anak autis nggak?
    Gurunya / SDM ada berapa orang?
    Lokasi di mana persisnya?
    (DUh sorry pertanyaan berjibun). Makasih….

  98. Hallo eveline, untuk info lengkapnya seputar alamat Kandank Jurank Doank bisa kontak 021 9146523 atau 08129645607.

    saya coba kasih sedikit ancer2 arah kesana:

    Dari arah Carefour Pd. Indah naik tol, keluar di pintu tol Pd. Aren. Setelah itu belok kiri menuju arah serpong, jangan ambil lurus ke arah bintaro. Ketemu tusuk sate belok kiri, lalu lurus ke arah ciputat melewati jalan diatas tol. Tidak jauh setelah ini lihat ke kanan jalan, ada kantor lurah sawah lama. Ini dia, disebelah kantor ada gang yang ada tanda kuning Kandank Jurank Doank. Masuk ke gank tersebut.

  99. Ass, halo mas Rizki Mulyawan Kartanegara Hayang Denda Kusuma (hahahaha panjang abis, pantes cuma disingkat “dik” doank). Eh halo juga buat mas yudis. Aku april, hmmm…kalo misalnya aku ke kandank jurank doank nya selain hari sabtu dan minggu bisa gak? tadinya sih hari ini mau kesana, tp gak jadi. Karena aku kira justru hari minggu anak2 nya pada gak sekolah.
    Yah…banyak sih yang mau aku tanyain, tapi kayaknya enakan dateng langsung aja, ya gak? Hmm…kalo kesana enaknya jam berapa ya? biar bisa ngobrol2 tapi gak terlalu ganggu.
    Gitu aja deh, makasih banyak ya…

    -april-

  100. Halo mas yudhis, aku april. Nanya dong, kalo ke kandank jurank doank harus hari sabtu minggu aja, atau bisa hari lainnya. Makasih

  101. Hi April. Sepertinya karena kesibukan dari dikDOANK pada hari biasa, waktu yang terbaik memang pada hari minggu pagi. Pas ketika program mingguan Kandank Jurank Doank

  102. Salut deh buat dik doank, aku mau tanya kalo kita pengen magang ato liburan ke kandank jurank doank pake biaya nggak?????

  103. Hallo fajrin. Silahkan mampir langsung. Semuanya bebas biaya!

  104. Gravatar Fanni Fatoni at 05 January 2008 at 20:18

    Assamualaikum Wr. Wb
    Sebelumnya aku sangat terkesan dengan apa yang telah mas dik lakukan dan pada kesempatan ini aku mau tanya nih, bagaimana caranya jika kami ingin mengadakan kunjungan ke Kandank Jurank Doang dalam rangka Kuliah Kerja Lapangan mahasiswa terkait dengan pendidikan di alam?
    saya minta tolong ke Mas Doang untuk bisa membalasnya di
    http://www.fan_math05@yahoo.co.id
    makasih ya mas atas bantuanya. BRAVO DICK DOANKKKKKK

  105. Silahkan Fanni langsung kontak ke 021 9146523 atau 08129645607 untuk info lebih lanjut. Semoga membantu

  106. Mas Yudhis….
    Aku punya anak usia 4th namya Althaf, sudah sekolah di Play Group. Tapi aku ingin anakku punya tempat belajar yang lain selain disekolahnya atau tepatnya tempat main yang kreatif. boleh ya kita main ke kandank Jurank Doang ?

  107. Gravatar Fanni Fatoni at 01 February 2008 at 14:10

    asalamualaikum wr. wb
    Mas doankkk, gimana nih kabarnya?. mas q mau konfirmasi tentang kegiatan kuliah kerja lapangan yang kemarin kami telah kirimkan surat permohonan izin kunjungan ke sekolah alam kandank jurank doang. untuk kontak person yang telah diberikan telah kami hubungi tapi ada sedikit masalah mas, no yang tertera dan yang deiberikan sulit sekali untuk dihubungi. Gimana nih maz, q jd bingung kita bisa / tidak untuk kunjungan ke sekolah alam tersebut, cz kegiatanya bentar lagi ni mas. terimakasih ya mas atas bantuannnnyaa.chaayoooooo

  108. Gravatar Siti Nur Diyani at 03 February 2008 at 11:32

    Ass.Wr.Wb!hallo mas Rizky!!kok beberapa kali sy menghubungi no. 0219146523 ga da yang angkat y!!!malah sy kena pulsa.
    Begini mas,sy mhsswi STAIN Purwokerto,Smt.VIII Jur.Tarbiyyah(Pendidikan),Prodi.PAI(Pendidikan Agama Islam).beberapa waktu lalu sy melihat tayangan profil sekolah alam kandank jurank doank,disalah satu stasiun tv swasta.sy tertarik untuk melakukan observasi pada lembaga tsb, guna refrensi pengajuan penyusunan skripsi sy.Dengan latarbelakang masalah:”Perhatian Pembinaan Keberagamaan Anak -Anak Jalanan Pada Sekolah Alam Kandank Jurank Doank yang Dikelola oleh DIK DONK”.
    Maka dengan ini sy memohon banget kepada mas Rizky,untuk mengizinkan sy melakukan observasi sekaligus mas Rizky sebagai sumber informan langsung dalam penggalian informasi yg sy butuhkan!!!karena latar belakang masalah yg sy angkat terkait langsung dengan mas Rizki/DIK DOANK .sekiranya diizinkan,prosedur/syarat apa saja yang perlu sy laksanakan guna terlaksananya observasi tsb?
    Atas izin, perhatian dan kerjasama mas Rizki, sy ucapkan terimakasih.Wass.Wr.Wb!
    NB.
    1.Mohon untuk segera dibalas y mas!karena ini terkait dgn cepat lambatnya selesai study sy.
    2.Maaf lagi y mas!balasannya kalo bisa dikirim ke email saya aja:dee_an0186@yahoo.com/CP.08170614644.
    3.Thanks banget!

  109. Rekan-rekn yang tertarik untuk mengetahui lebih jauh seputar Kandank Jurank Doank silahkan kunjungi http://www.kandankjurankdoank.com/ atau jika masih sulit mendapat kontak, kami sarankan untuk datang langsung ke lokasi setiap Minggu paginya agar bisa langsung bertemu dengan rekan-rekan disana.

  110. assalamu’alaikum
    wuih…saya salut sekali dengan sekolah yanh kang doank garap, boleh lah saya besoak menimba ilmunya..saya sejak dulu sangat tetarik dengan yang model gituan.
    wassalam

  111. silahkan langsung datang dan saksikan sendiri kebersamaan di kandank jurank doank

  112. Gravatar betty pribadi at 02 May 2008 at 17:38

    Bang dick, saya tidak bisa bicara apa apa, melihat artikel bang dick, semua perasaan jadi satu,gembira sedih..terharu, gembira karena masih ada orang seperti bank dick, sedih..melihat sangat banyak anak anak yg tidak bisa sekolah, dan sedih karena sudah setua ini, saya belum bisa kasih apa ap kepada anak anak dan adik adik kecil kita yg terlantar.
    maju..terus bang dick..doa kita terus untuk bang dick, semoga dikasih kesehatan oleh Allah SWT dan diberi kesabaran,s erta dibanyakan rejekinya Amin, untuk membeli gelang kebersamaan apa bisa ditempat kandank jurannya bang dick….

  113. Hallo Betty, silahkan utk membli gelang solidaritasKEBERSAMAAN bisa di Kandank Jurank Doank

  114. aku InsyaAllah sedang bikin program dgn tujuan sama.
    Nanti kalo udah jalan aku bakal kasi info lagi.

    pecinta indonesia

  115. Gravatar aef saefulrohman at 22 May 2008 at 11:44

    assalamualaikum..
    mas yudi selamat pagi..!
    mas kalo mau ngundang dick doank untuk berbagi pengalaman atau curhat di depan oorang tua murid sd, gimana caranya..?
    terima kasih.

  116. Bisa langsung kontak ke Kandank Jurank Doank di no 02198564611 Semoga membantu, terima kasih

  117. mas klo mesen gelang dari lampung kaya mana ya?
    wah dari pertama nie gelang di promosiin saya nyari baru ketemu sekarang tolong ya mas bantu gimana dapetin gelangnya
    thanks

  118. assalamu’alaikum. Wr. Wb
    Alhamdulillahirobbi ‘alamin
    Allohumma Sholli ‘ala Muhammad SAw
    Subhanalloh….
    semoga dari kandank jurank doank akan hadir pemimpin bangsa yang mampu mensyukuri “penggalan Syurga (istilah Cak Nun)” ini, Indonesia Raya. Syukur dalam hakekat yang lurus.Wassalamu’alaikum

  119. Gravatar Muslihah at 27 July 2008 at 20:50

    Assalamu’alaikum mas yudhi…., saya mau tanya apakah di sekolah alam Ddoank sudah ada mahasiswa UNJ yang melakukan penelitian mengenai penerapan pembelajaran PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia)? Mohon infonya ya…, karena rencananya saya mau mengadakan penelitian pembelajaran PMRI di sekolah alam Dik Doank untuk skripsi. Terima kasih…

  120. Sebaiknya anda bisa datang langsung ke lokasi untuk menayakan para rekan pengurus Kandank Jurank Doank yang ada disana untuk lebih pastinya. Saya sendiri belum pernah dengar ada yang melakukan hal tersebut. Semoga lancar skripsinya!

  121. Mas Dik,aku punya usul, bgm kl di kandankjurank juga diadin semacm studio bikin2 kerajinan tanah liat(kalo blom ada, soalnya sy blm pernah ksana), mungkin akan lebih menambah wawasan pengunjung (kalo nyambung dg konsepnya kandankjurank lho..)aku juga mau bantu kalo2 diperlukan utk
    ngajarin anak2/pengunjung..
    makasih
    salam,
    iwan-02168916863

  122. Silahkan mampir-mampir mas Iwan. Ngobrol langsung dengan Dik dan para voluntir akan lebih enak sepertinya.

  123. Ya Mas Yudis, ini jg idenya muncul (tiba2-ujug2) waktu sy lihat Mas Dik mampir ke tanah tingal (wkt ada acara 17an). Terimakasih Mas Yudis atas undangannya , Insya Allah sy akan mampir.

  124. maju terus pendidikan indonesia…!!!

  125. saya sylvia, seorang ibu dr seorang putri n i love children very much!!! saya sangat terharu dan bangga apa yg telah dilakukan dik untuk bangsa ini, dan itu membuat saya sangat tertarik untuk dapat ikut serta mengabdikan diri demi negeri ini, sebagai seorang fresh graduate master pendidikan rasanya ingin menjadi bagian dr kandank jurank dan memberikan sesuatu meski bukan berupa materi, bila mungkin ada kesempatan untuk saya mengabdikan diri kiranya sudi hub. sy 08568865429

  126. Terima kasih sylvia atas niat anda membantu, akan lebih baik jika anda mampir dulu ke Kandank Jurank untuk melihat dan cari tahu lebih banyak seputar program ini bersama para voluntirnya. silahkan kontak no 021 9146523 atau 08129645607.

    alamatnya bisa anda lihat di situsnya

    semoga membantu

  127. bang dik…
    saya charni,sy sangat bangga karena masih ada anak negri yang peduli..yg tdk mementingkan diri sendiri.
    saya b’asal dari NTT.. saat ini saya sedang mengumpulkan SDM,Buku,dan dana untuk membangun sebuah rumah baca di kampung saya!!!sy mau bertanya bagaimana mencari bantuan berupa buku? apa py koneksi? maksh sebelumnya!!! Tuhan memberkati:-)

  128. anda bisa bergabung dengan berbagai milis yang berhubungan dengan komunitas buku, seperti 1001buku, KKS melati atau Forum Indonesia Membaca. info dan jejaringan disana semoga akan membantu.

  129. om,,,gmana cara supaya anak didik intrest dengan apa yang kita ajarkan???
    sehubungan saya baru berkecimpung di dunia pendidikan.
    thanks om..

  130. Gravatar Yuly Punamasari at 15 December 2008 at 11:24

    Dear KJD Team,

    Assalammualaikm KJD…

    SALAM KeNaAaaL dari You-Ly to Para PejuaNk-PejuaNk BangSa di NegeRi Kandank Jurank Doank di BawaH kepemimpinan Bang DIK…Hee’

    BaNgga&TerHaRu PaSstinya,,
    MISI KJD = MISI yang belum T’Wujud in My LiFe coz keterbatasan yg Qu miliki.
    Kapan ya BiSa ShaRing Pengalaman dg KJD team???
    Andaikan Qu biSa JoiN 100% d KJD,pi Qu cuMa da Waktu Sabtu & Minggu aZa selebihnya KeRjA..Gimana Ya Mas Youdhie???

    Sudah Lama Loh Qu mAu Main ke KJD pi belum ke Sampaian juga mpe Detik ini..Oia, if da ACARA” di KJD Kasih KabaR Dunk!!
    -Smoga ALLAH SWT sll MeRIDHOI setiap Langkah kalian..Amiin
    …MaKasih Ya…
    DiTunggu Info nya..

  131. sebagai temen waktu kecil di kp irian, ane bangga ama, ente ki,suksess Ki

  132. gw bangga sama teman gw yang satu ini, dari sma dulu emang udah kelihatan jiwa seni nya. udah lama qt nggak ketemu terakhir qt ketemu waktu elo shooting iklan extra joss di kantor gw di pelabuhan tanjung priok, ingat dik ? dik kumpulin anak anak dong qt bikin reuni lagi terkhir qt bikin reuni tahun 2000. untuk anak anak alumni sma negeri 5 sumur batu kemayoran jakarta pusat angkatan tahun 86/87 kita kumpul di kandank jurank doank yuk… gw tunggu di 0818906615. salam untuk mirna dik ? bravo my friend….

  133. maaf saya mau tanya, saya sudah beberapa kali embuka website kandankjurankdoank, tapi selalu tidak bisa,,kenapa ya?
    adakah web atau bog yang dapat menjelaskan tt kandankjurankdoank? terimakasih

  134. Hallo Raddit, informasi seputar di KJD bisa langsung kontak mereka di 021 74631934 atau 021 9146523. Bisa juga langsung datang ke lokasinya. Semoga membantu

  135. Gravatar lusi kusuma at 05 March 2009 at 09:07

    asslamu alaikum
    saya mahasiswa yang akan menyusun proposal skripsi. rencananya saya mau menerapkan pembelajaran dengan media alam dalam pelajaran fisika. saya ingin dapat info sebenarnya pembelajaran fisika di sekolah alam itu seperti apa? kurikulum yang diterapkan seperti apa? bagaimana laboratorium di sekolah alam? apakah ada laboratorium khusus? terimakasih. saya tunggu jawabannya.

  136. salam perubahan…..
    sukses selalu wat kandankjurank

  137. q ngeven ma bang doang, boleh nni main ke rmah abang, karena inspirasi abang bisa membuat kita lebih punya otak untuk berkarya lebih baik

  138. Gravatar anggari wahyu p at 06 April 2009 at 20:47

    aslm…
    bang dik, gerry ney….
    skrg gerry kuliah di faskultas kehutanan UGM, bang dik ane mau penelitian tentang arsitektur pohon di tempat bang dik blh g??
    lebih spesifiknya di sekolah alam bang dik,,,

    jd cita2 saya juga bang , pengen diriin sekolahan…

    maksih bang,,,

    jaga kondisi bang musim hujan,,

    wsl
    _gerry_

  139. Salam kenal mas dik
    aku arek suroboyo,tapi gak asli suroboyo. nah sekarang ini aku mulai ngajar di sebuah sekolah alam di surabaya. tapi aku bingung dengan konsep sekolah alam tempatku ngajar, karena menurutku sekolah itu harus membuat siswa-siswinya mandiri, namun yang terjadi di tempatku lain. Coz emang kebanyakan para pengajarnya dari kecil emang anak konglomerat dg seabrek gaya hidupnya, beda dg aku yg asli arek ndeso ora ngerti opo2, sehingga memperlakukan anak didiknya dg manja. ini sebuah kendala bagiku. kalo aku pengen sharing aku harus ngirim ke alamat email mana?

  140. Wah,..gw juga ngebet banget bisa kenal na dick doang..
    gw seneng dick,..bukan krn dia artisnya,..bukan karena dia ningratnya,..tapi krena ..ga tau ya,…serasa ada yg mirip di diri gw ma dick…ha,,ha..pd aja lagih…
    gw suka motor modif gw,..gw punya rumah dengan gaya alami,.,..gw jagoan bola,..gw pelatih bola,..en gw seneng sesuatu yg berbau art creative gto…ttg design design…
    tapi gw masih terjebak dalm hidup ini,…gw saat ini masih jadi pegawai kantoran,..employee gto..meski lumayan sih,..section head astra…ha..ha..
    tapi gw masih nyari diri gw,…kasian ya..he..he..
    gw pengin jadi kek dick gto…orang bebas,yg kreatif,..menghargai alam,..suka berbagi,..en gto dech..he..
    sonetime,..pengin rasanya ketemu…

  141. Insya Allah sy mau kalau ditawari ngajar seni rupa di kandank jurank doank (KJD) GRATIS!,kalau muridnya kalangan miskin saja. terus terang saya kurang tau banyak tentang KJD. Kalau misinya untuk kemajuan anak bangsa terutama kalangan anak kurang mampu, saya mau menyumbang ilmu saya. Kebetulan Kegiatan sy selain melukis, sy mengajar seni rupa di sekolah bintaro tangerang. latar belakang pendidikan sy dari jurusan seni rupa di jakarta timur. tlp sy di 081584225513.

  142. bang dik doank
    saya sedang menempuh skripsi
    judul saya sekolah alam
    gmn prosedur survey ke kandank jurank

  143. silahkan yang tertarik dengan kandank jurank doank untuk langsung datang ke lokasi setiap minggunya, kecuali mingu keempat tiap bulannya.

    Informasi seputar Kandank Jurank Doank bisa hubungi 021 74631934 atau 021 9146523
    http://www.kandankjurank.com

  144. Bang Dik… saya punya mimpi untuk ikutin jejak bang dik n sekarang lagi membuat konsep yg unik untuk bikin hal serupa dan lebih berbentuk outbond tuk anak2.

    Senang sekali klo bang Dik or lainnya bisa kasih input atau saran….

  145. Gravatar tirta wijaya at 01 January 2010 at 15:11

    Bang saya mau jadi relawan n bagian dari sekolah abang gimana caranya…
    semangat bang wat bangun jati diri bangsa ke arah yang lebih baik lagii,,,udah cukup lari kita dari jati diri yang sebenernya

  146. Assalamualaikum,
    Sy tertarik program di kandang jurang doank. Tp posisi sy utara selatan dengan KJD.
    Mohon petunjuk arah dr tempat sy di Tg.Priok ke tempat KJD. makasih atas bantuannya

  147. Salut banget sama dik doank..org seperti abang emang sangat langka di indonesia ini..maju terus bang..saya dukung selalu.

  148. Gravatar faqih ifal muktafa at 24 April 2010 at 01:49

    salam buat semua penggemar mas dik, mas gimana caranya saya berbagi dengan apa yang mas lakukan, terima kasih

  149. anak-anak lah yang bakal menggantikan tugas kita. mempersiapkan anak-anak dengan baik sama artinya dengan mempersiapkan bangsa ini untuk lebih baik

  150. Salam sejahtera.
    mohon info sekolah alam buat anak anak saya yang berusia remaja batasan umur nya sampai berapa ya,sekedar pemberitahuan,anak anak saya saat ini ber-home schooling dan kami bisa mobilling karna resiko pekerjaan saya sebagai ibu.
    saat ini kami bermukim di bandung untuk sementara waktu,apakah ada tempat atau penginapan yang bisa kami sewa untuk sementara waktu yang mungkin bisa di bantu dari sekolah alam ini?.atas infonya kami mengucap kan banyak terimakasih

  151. saya adalah seorang guru dari Makassar, kebetulan kami telah 2 kali meraih penghargaan adiwiyata. kami ingin berkunjung ke sekolah alam kandang jurang doang karena kebetulan kami study banding ke jawa dari tgl 3 juli hingga 8 juli 2010.

  152. kalo mau gabung ikut kerja di kandank jurank doank gmn caranya? please info ya ke e-mail saya riosugianto@gmail.com.karena saya suka sekali seni dan belum punya wadah utk menyalurkannya,thanks.

  153. aq blh ikutn soal’a aku jg lagi nyari tempat tingal dik doank oy aq jg pnya sedikit bakat yaitu bermain drumer apa kah saya bleh ikut gabung

  154. Assalaamu Alaikum,

    Mo btanya nech… Kalo aku mo ngadain acara family gathering dsana boleh g yaa… trus fasilitas u/ anak2nya ada apa aja yaa.. thanx.

  155. Info lengkapnya bisa langsung kontak mereka di Informasi seputar Kandank Jurank Doank bisa hubungi 021 74631934 atau 021 9146523 http://www.kandankjurank.com

  156. Salam sukses dech buat mas Dik dan team.

  157. salut……

    aq br dengar ttg kandank jurank dan sekolah alam, saat bertemu bang dik di acara menpora di hotel batavia…

    pokoknya salut banget..!!!!

    jd penasaran, n mw langsung ke lokasinya.. succes selalu ya.!!

  158. salut ya… buat kandankjurank

  159. Gravatar Siti Artati at 11 November 2010 at 13:06

    Dik Doang, teman sy di IKJ, cuma sy jurusan Teater Angkatan 86. Sekarang ini sy juga berkecimpung dg anak-anak di desa Salimah Parung Panjang, sebuah desa yang masih jauh dari jangkauan pendidikan yang layak, meskipun banyak lembaga/ yayasan pendidikan di sana. Saya ingin berbuat sama dg Dik, tp sebelumnya mungkin sy harus belajar dulu dengan teman sy yang sangat kreatif tersebut. Angkat Topi untuk Dik Doank dan Istri beserta keluarga Besar Kandang Jurang Doank !!!

  160. aku mau tanya, buat bisa masuk ke kandank jurank doank nya terus liat liat di pungut biaya tiket masuk harganya berapa?

  161. Gravatar wina yuliana at 13 December 2012 at 20:48

    Assalamu’alaikum,mas Yudis sy Wina dari Tangerang,klu arah dr Tangerang ke kandang jurang doank kira2 lewat mana y mas.

  162. Walaikumsalam Wina,

    sethau saya kalau via tol serpong yg ke arah jakarta, keluar di pd.aren, terus belok kanan. Dari sana cari kantor kelurahan sebelah kanan. Ada tandanya dan bisa tanya orang2 yg ada disana :)

  163. ku sulid berkomentar…hanya bisa terobsesi hanya bisa 1000 like buat kang dik…mg tambah sukses selalu…dan kandang jurang doank bisa lebih berkembang…ga’ cuman di jakarta

Leave a Reply

Tips: XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Ingin bantu anak-anak Indonesia? hubungi kami di info@tunascendekia.org atau hotline 021-2387 6096 Mari Kita bantu sama2!

72.022!

gelang yang terjual sampai 23 Desember'12
mari beli dan bergabung
terima kasih!
Lebih dari sekedar bukti kepedulian.
Ikatan solidaritasKEBERSAMAAN diantara kita...