Listrik Masuk Kampung Waruwue

15 ribu desa yang tersebar di kabupaten/kota seluruh Indonesia saat ini masih ada yang belum bisa menikmati aliran listrik di wilayahnya. Ya, sayangnya ,asih ada desa yang tidak terjangkau sinyal telepon seluler dan tanpa listrik dari PLN. Hanya ada mesin diesel yang digunakan untuk menghidupkan listrik pada jam-jam tertentu, biasanya setiap malam dari jam enam sampai tujuh.

Berbagai program listrik masuk desa sudah dilakukan oleh berbagai instansi terkait. Namun seiring bergonta ganti pemerintah ternyata masih banyak saudara-saudara kita yang belum bisa menikmati listrik.

Selagi ada upaya, tenaga dan dukungan, tidak ada salahnya kita mencoba untuk melaksanakan program listrik masuk desa. Target program perdana listrik masuk desa adalah Kampung Waruwue, Desa Harapan, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Waktu tempuh sekitar 4-5 jam dari kota Makassar, desa ini menjadi salah satu wilayah yang masih belum terbantukan aliran listrik. Kita akan mencoba membantu desa ini dengan membangun Pembangkit Listrik Tenaga MikroHidro.

lokasi pembangunan pltm

Menjadi mitra dalam pelaksanaan program ini adalah Harianto Albar. Tahun 2012 Harianto berhasil membantu tempat lahirnya yang berada di Desa Bacubacu, Kecamatan Pujananting, Kabupaten Barru. Lulusan Kimia UNM ini mengembangkan pembangkit listrik mikrohidro yang akhirnya bisa dinikmati 422 kepala keluarga. Melalui Harianto ini juga pemilihan lokasi Kampung Waruwue akhirnya disetujui, karena letaknya bertetangga dengan Desa Bacubacu.

lokasi pembangunan pltm

lokasi pembangunan pltm

Pihak kita telah mengirim Agus Helmi sebagai perwakilan Yayasan Tunas Cendekia untuk melakukan visitasi ke lokasi langsung ditemani oleh Harianto. Setelah melihat kondisi, bertemu dengan masyarakat serta berunding metode dan skema yang tepat untuk melakukan program bantuan ini, akhirnya dana tahap pertama sudah bisa dicairkan akhir bulan Agustus ini.

harianto dan agus helmi

Kita akan tunggu perkembangan dari pembangunan tahap pertama dari pembangkit listrik tenaga mikrohidro ini. Doakan agar semua bisa berjalan dengan lancar. Berhubung ini merupakan program perdana, segala kekurangan yang terjadi di lapangan akan langsung menjadi bahan pertimbangan untuk bisa melanjutkan pembangunan pembangkit tersebut. Harianto akan segera memberikan laporan perkembangannya di bulan depan.

Terima kasih atas dukungan yang telah anda berikan untuk program-program Yayasan Tunas Cendekia. Salut!

Ingin bantu anak-anak Indonesia? hubungi kami di info@tunascendekia.org atau hotline 08161833443 Dukungan anda sangat berarti!

72.360!

gelang yang terjual sampai 12 Oktober'17
mari beli dan bergabung
terima kasih!
Dari 100 orang miskin Indonesia, 16 tidak bisa baca dan menulis!
Saatnya jalin solidaritasKEBERSAMAAN diantara kita...

jejaring sosial

Kunjungi Facebook Fan Page Yayasan Tunas Cendekia facebook.com/bantuAnakIndonesia