Foto memberikan inspirasi bagi banyak orang untuk bergerak melakukan hal-hal yang luar biasa. Sejarah telah membuktikan bahwa foto dapat menggugah emosi. Mulai dari peristiwa Iraq, 9-11 sampai dengan tragedi tsunami. Foto mampu menggerakan hati kita semua yang melihatnya.

posterLOMBA

Yayasan Tunas Cendekia (YTC) menyadari foto dapat digunakan sebagai salah satu media dalam upaya membangkitkan kepedulian kita terhadap nasib anak-anak Indonesia. Menyuguhkan foto-foto yang nyata dan menggugah akan menjadi faktor yang sangat penting sebagai penyadaran kita semua akan pentingnya solidaritasKEBERSAMAAN dalam membantu bangsa ini.

solidaritasKEBERSAMAAN photographyCONTEST’o5 merupakan bagian dari kampanye YTC dalam rangka meningkatkan kepedulian bangsa terhadap nasib anak-anak Indonesia.

Tunjukkan solidaritasKEBERSAMAAN. Wujudkan melalui lensa kamera anda. Ambil berbagai momen solidaritasKEBERSAMAAN. Bantu kami. Tunjukkan lewat karya anda kalau bangsa Indonesia masih mempunyai semangat kepedulian dan kebersamaan untuk membantu anak-anaknya. Tunjukkan karakter asli bangsa kita!

Hasil karya foto solidaritasKEBERSAMAAN secara eksklusif akan dipublikasikan menjadi buku, dipamerkan di berbagai tempat dan kesempatan. Foto-foto tersebut juga akan terpajang pada kelas-kelas diberbagai sekolah yang dibantu oleh program YTC. Diharapkan foto anda akan selalu memberikan semangat/inspirasi bagi para murid yang melihatnya tiap hari.

YTC memberikan penghargaan utama berupa kunjungan ke Pulau Biak, Papua, berikut akomodasi. Kami berharap pada kesempatan ini bisa dipergunakan pemenang untuk mengabadikan keindahan alam, kebersamaan masyarakat dan semangat dari anak-anak Biak. Tidak lupa membuat essay singkat seputar pengalaman yang nantinya akan dipublikasikan dalam situs dan media pendukung YTC.

Pemenang juga menjadi perwakilan kehormatan YTC, untuk menyerahkan bantuan kepada salah satu sekolah di desa yang ada di Biak.

Subject
solidaritasKEBERSAMAAN photographyCONTEST’05 mengangkat tema “SOLIDARITAS”

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah menunjukan secara visual Solidaritas Bangsa Indonesia. Foto-foto yang ditampilkan harus realistis, suggestive atau artistik.

Peserta diharapkan bisa meningkatkan/membangkitkan kepedulian bangsa melalui semangat solidaritasKEBERSAMAAN yang ditampilkan dari karya foto tersebut.

Lokasi bebas, Indonesia maupun luar negeri. Relasi antara tema, originalitas dan kualitas tekhnis foto akan menjadi kriteria utama dalam melakukan penilaian.

Penghargaan
Hasil karya foto finalis maupun peserta yang terpilih akan dipublikasikan dalam sebuah buku foto eksklusif kampanye solidaritasKEBERSAMAAN.

Satu pemenang utama mendapat penghargaan berupa satu tiket pp Jakarta – Pulau Biak, Papua, beserta akomodasi selama empat hari tiga malam. Dalam perjalanan, pemenang didampingi oleh pihak YTC dan salah satu jury. (hadiah tidak dapat dialihkan).

Empat finalis terpilih nantinya akan mendapatkan hadiah masing-masing lima (5) juta rupiah yang akan kami wujudkan dalam bentuk bantuan seperti buku, seragam atau barang penunjang pendidikan lainnya (tidak dalam bentuk uang). Dengan ’hadiah’ tersebut anda bebas mendonasikan ke yayasan, organisasi atau program pilihan anda sendiri. Atau bisa juga anda donasikan ke program-program yang didukung oleh YTC.

Siapa yang bisa ikut serta membantu/partisipasi
WNI diatas 18 tahun.
YTC mengajak siapa saja yang ingin membantu kami dalam menumbuhkan kepedulian orang banyak terhadap nasib anak-anak Indonesia melalui hasil karya fotonya.

Jika anda seorang fotografer sebagai profesi dari segala tingkat keahlian atau mempunyai hobi seputar fotografi, kami membutuhkan bantuan anda. Keikutsertaan anda bisa menumbuhkan kepedulian banyak orang dan membantu anak-anak Indonesia.

Maksimal empat (4) foto untuk setiap partisipan yang dapat diikutsertakan dan harus berupa karya yang original serta tidak pernah diperlombakan sebelumnya. Setiap foto harus disertai oleh label peserta yang tertempel dibelakang.

Tidak dipungut biaya dalam keikutsertaan lomba.

Setiap peserta yang ikut dalam lomba dan mengirimkan fotonya dianggap memahami dan menyetujui semua peraturan, ketentuan dan menyadari segala konsekuensi dalam penyertaan karyanya dalam lomba serta menghormati keputusan dewan juri.

Format Foto
Foto yang dapat dikutsertakan:
• Hasil foto yang diambil oleh peserta lomba secara pribadi. Hasil karya kelompok tidak dapat diterima.
• Berwarna atau Hitam Putih.
• Foto peserta wajib dikirim dalam dua (2) bentuk. Tercetak dalam kertas foto dan tersimpan dalam file di CD-Rom.
• Dicetak dalam kertas photographic, dengan format lebar 30 cm X tinggi 40 cm (original slide atau negatif film tidak perlu disertakan)
• Sertakan juga file dalam bentuk CD-Rom. Berbentuk format JPEG dengan resolusi 300 dpi. Image yang ada dapat dimodifikasi dalam hal ukuran (size) sampai dengan maksimum 130% dari original format atau 20% dari original format. (Images dalam format GIF tidak bisa dipergunakan untuk kebutuhan reproduksi karena hasil yang tidak maksimal).
• Hasil karya foto yang dapat diikutsertakan adalah hasil karya diatas tahun 2002.

Di setiap bagian belakang foto yang diikutsertakan wajib ditempel label peserta yang berisi informasi:
• Identifikasi peserta (nama lengkap), alamat, telephone dan e-mail.
• Judul foto
• Tanggal pengambilan foto.
• Keterangan pengambilan foto
• Keterangan yang bertuliskan,“Saya sudah membaca, memahami dan menyetujui apa yang menjadi aturan dan konsekuensi dalam mengikuti kontes ini.“
• Tanggal pengiriman dan tanda tangan peserta

Tenggat waktu
Foto yang diikutsertakan harus sudah diterima oleh Yayasan Tunas Cendekia paling lambat 11 September 2005. Foto yang masuk setelah tanggal tersebut tidak diikutsertakan dalam kontes.

Alamat pengiriman:
Attn. Yudhistira
Jl. Alam Asri VII/20
Pondok Indah
Jakarta 12310

Packing Foto
Para peserta dihimbau membungkus hasil foto sedemikian rupa agar tidak merusak foto yang akan dikirim. Semua biaya dan resiko yang terjadi pada saat pengiriman foto, ditanggung oleh peserta. Foto yang dikirim ke YTC tidak akan dikembalikan kepada peserta.

Hak Cipta
Hak Cipta dari foto yang dikutsertakan tetap dimiliki oleh peserta. Akan tetapi, pihak penyelanggara mempunyai hak penuh untuk mempublikasikan foto-foto yang diikutsertakan melalui situs YTC maupun anggotanya, mempublikasikan ke media foto-foto tersebut tanpa ada batasan atau biaya royalti, membuat kalender atau bentuk publikasi lain yang dibuat untuk keperluan kampanye solidaritasKEBERSAMAAN YTC, tanpa dipungut biaya oleh pencipta foto.

Setiap publikasi atau pameran, pihak YTC akan menyertakan nama pencipta secara jelas.

Jika foto yang dibuat tidak di ruang publik atau tempat umum, menampilkan seseorang dalam hasilnya dan dalam suatu cara bisa dikenali orang dalam foto tersebut. Peserta dihimbau untuk mendapatkan izin dari orang yang bersangkutan, jika diperlukan oleh pihak penyelenggara. Pihak penyelanggara tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan yang dilayangkan orang tersebut akibat pengambilan foto.

Pihak Penyelenggara akan meminta ’model release form’ kepada peserta jika diperlukan untuk keperluan lomba.

Pihak penyelenggara dalam keadaan apapun tidak bertanggungjawab terhadap segala tuntutan yang diajukan oleh pihak ketiga.

Pihak penyelenggara akan memeriksa semua foto yang masuk. Pihak penyelenggara tidak bertanggungjawab dan menolak semua tanggungjawab atas segala akibat dalam hal kerusakan, pencurian atau kehilangan foto tersebut dalam pengiriman, manipulasi atau eksploitasi yang timbul akibat foto yang diikutsertakan.

Penjurian
Dewan juri beranggotakan Julian Sihombing, Aryono Djati, dikDOANK dan lainnya, mereka adalah yang berpengalaman baik di bidang fotografi maupun isu seputar anak-anak. Setiap juri akan menilai setiap foto peserta.

Semua hasil penilaian akan dikumpulkan untuk memilih lima finalis. Dari karya lima finalis ini akan kembali dibahas oleh dewan juri untuk menentukan pemenang utama.

Tidak ada bentuk komunikasi apapun yang bisa dilakukan antara peserta dengan pihak penyelenggara maupun dewan juri selama kontes ini berlangsung. Proses dan hasil dewan juri tidak dapat diganggu gugat.

Terima kasih anda sudah mau membantu dan menjadi bagian dari solidaritasKEBERSAMAAN bangsa Indonesia!

*)Dengan mengirim foto untuk mengikuti lomba, para peserta menyetujui untuk tunduk kepada ketentuan dan hukum yang berlaku.

Penginapan bagi pemenang dan rombogan akan disediakan oleh Arumbai Hotel Biak.

Bantu kami menyebarkan lomba ini dengan memberitahukan keluarga atau sahabat anda yang menyukai fotografi. Semakin banyak yang peduli. Semakin banyak yang terbantu.


You could Trackback this post from your own site.

Comments & Response 27 Komentar

RSS 2.0

Comments are moderated. To learn how we moderated comments could be found in our licenses pages.

  1. solidaritasKEBERSAMAAN photography CONTEST 05

    solidaritasKEBERSAMAAN photographyCONTEST’05: Lomba foto dengan tema “Solidaritas” oleh Yayasan Tunas Cendekia (YTC) hingga 11 September 2005. Idenya cukup bagus tapi sayangnya beberapa aturannya rada ‘aneh’. Misalnya, &#…

  2. Hallo Benny. Terima kasih sudah membantu menyebarkan berita ini di blog anda. Bersama dewan jury kami berusaha menawarkan aturan yang terbaik bagi para peserta. Mudah-mudahan bisa bermanfaat tidak hanya bagi kampanye kepedulian dan penerima bantuan, tapi juga bagi teman-teman peserta :)

  3. Gravatar koecrit2002 at 10 August 2005 at 14:12

    saya sangat senang dengan adanya event ini krn betul akan membantu temen2 kita utk bisa tersentuh hati nurani nya bahwa temen2, anak2, adik2 kita membutuh sentuhan dalam pendidikan////sukses Mas Yudhis….saya dukung ada yang bisa saya bantu saya siap bantu…..

    Goodluck Godbless U all

  4. Terima kasih. Dukungan untuk menyebarkan berita ini tentunya akan sangat membantu :) Salam kebersamaan!

  5. God Bless You All

    Thnx sdh membuat yayasan ini
    Sdh lama saya tertarik untuk sharing informasi / foto tentang anak-anak. Semoga ajang lomba foto ini menjadi salah satu wadah berkreasi bagi kami, yang suka dengan fotografi, untuk berbagi, dan menggugah kesadaran kita akan pendidikan anak-anak penerus bangsa.

  6. Sepakat sekali mas. Terima kasih atas dukungannya…

  7. Hmm.. I really like this competition, but the thing is, Im not at Indo right now.. so, i guess, for all the indonesian citizen which is living at other countries, we cant join it, can we?

    regulationnya sih ga begitu muluk2 yah, mnurut saya, cuman, bisa ga tuh, anak2 pelajar indonesia yg di luar negri pada ikutan… =)

    ^^

  8. Hi Phie. Tidak ada masalah. Sesuai aturan, tidak ada larangan bagi orang yang berada di luar Indonesia tidak boleh ikut. Asalkan WNI, kami akan sangat senang kalau anda dan teman-teman PPI bisa turut berpartisipasi.

    Akan sangat menarik sekali bagi kami untuk melihat hasil karya foto anda yang menggambarkan solidaritas dari sudut pandang orang Indonesia yang berada di luar.

    Sekali lagi kami mengundang sahabat yang dimanapun berada untuk bisa turut serta meningkatkan kepedulian orang banyak melalui karya foto kita. mohon bantuanya menginformasikan ke teman-teman PPI lainnya :)

  9. Semoga sukses :)

  10. saya ikut publishing banner ajah yah.. :)

    semoga yang lain tergerak hatinya… :)

  11. [...] tahu kalo Yayasan Tunas Cendekia akan mengadakan kegiatan lomba fotografi yang diberi nama solidaritasKEBERSAMAAN photographyCONTEST ’o5 Kalo ingat YTC… well, to be honest… [...]

  12. Awesome!

  13. kalau foto digital, apaboleh di make-up dulu di photo processor semisal adobe cs. ataukah harus foto “asli”.

    thnks.

  14. Hallo Didonk. Relasi antara tema, originalitas dan kualitas tekhnis foto akan menjadi kriteria utama dalam melakukan penilaian. Dalam hal originalitas foto, manipulasi foto tidak diperkenankan oleh dewan juri.

    Kami tunggu keikutsertaan anda. Salam kebersamaan!

  15. wah, ketentuannya bilang submitter harus 18 taun keatas… kenapa? kalo yan gdibawah umur mau nge submit foto gimana? kan temanya soladiritas anak… kalo diliat dari view point anak kan lucu juga…
    RAndi

  16. Hallo Randi. Tidak bermaksud mendiskriminasi umur :) Berhubung hadiah utamanya ke Pulau Biak, Papua. Kita harus mengambil langkah yang terbaik untuk pemenang yang nantinya akan berangkat kesana. Harap maklum.

  17. aku mendukung dah :)

  18. smg sukses…

  19. Hayo pada bikin foto yang bagus-bagus :)

  20. Kurang penjelasan ttg foto digital. Sejauh mana manipulasi diperbolehkan. Tetep aja terlalu muluk…ikut nggak ikut ngga ikut..

  21. Hallo Ambar. Info yang kami dapat dari dewan juri, color correction diperbolehkan. Kami tunggu partisipasi anda. Salam untuk anak-anak di Nias :)

  22. [...] to yang dapat membangkitkan emosi dan lain sebagainya. Solidaritas Kebersamaan dalam situsnya Yayasan Tunas Cendekia mengadakan Lomba Fotografi sebagai [...]

  23. [...] milis seputar kegiatan ini. Lengkapnya bisa anda lihat di Press Release di bawah atau link berikut http://tunascendekia.org/wordpress/archives/146 Terima kasih atas bantuan anda. Salam kebersamaan! Yudhis Press Release Yayasan Tunas Cendekia: Lom [...]

  24. Gravatar Ir Wilson Sinaga at 15 May 2006 at 16:30

    Setuju bgt….Gue usahakan hasil yang terbaik dari kami deh.

  25. GO….OOO!!!

  26. Ada lomba lagi gak di 2006 ini dith?

    Regards
    Donal

  27. [...] Yayasan Tunas Cendekia “Gelang merah: Solidaritas Kebersamaan” once set Biak as their grand prize Destination on their photography contests. [...]

Leave a Reply

Tips: XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Ingin bantu anak-anak Indonesia? hubungi kami di info@tunascendekia.org atau hotline 08161833443 Dukungan anda sangat berarti!

Pembalut Gratis!

Kampanye Berdarah Tanpa Mati
PembalutGratis.tunascendekia.org
Dari 100 orang miskin Indonesia, 55 tidak bisa meneruskan pendidikan dasarnya!
Saatnya jalin solidaritasKEBERSAMAAN diantara kita...

jejaring sosial

Kunjungi Facebook Fan Page Yayasan Tunas Cendekia facebook.com/bantuAnakIndonesia