Jika sekarang sedang gencarnya berita seputar agen 007 alias film James Bond terbaru, jangan salah andapun bisa jika ingin menjadi seorang agen. Lebih tepatnya agen perubahan :D Saya sendiri kemarin berkesempatan untuk melihat presentasi singkat dari 7 agen perubahan asal Indonesia. Setiap agen ini telah melakukan terobosan atau inovasi dalam bidang sosial maupun tekhnologi tepat guna yang berdampak pada pemberdayaan masyarakat. Oleh sebab itu istilah keren dari kegiatan mereka ini adalah kewirausahawan sosial.

Mereka dipertemukan dalam acara “Membangun Indonesia melalui Kewirausahawan Sosial.” Bertempat di Gedung SPC Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. Satu acara yang kiranya perlu untuk diadakan secara rutin dan bergerak dari kota ke kota. Karena saya yakin disamping ketujuh inovator sosial ini, masih banyak figur maupun komunitas lain di berbagai pelosok daerah yang kebetulan tidak mempunyai jaringan untuk diketahui kegiatannya, yang telah berbuat banyak bagi masyarakatnya. Dengan adanya pertemuan rutin dan lokal didaerah masing-masing, tidak hanya memperluas jaringan yang sudah ada, tetapi yang lebih penting bisa saling berbagai apa yang sudah diraih maupun kesulitan-kesulitan yang ada.

Alangkah bagusnya jika ada semacam tur keliling Nusantara dari pertemuan para inovator maupun calon inovator sosial yang ingin melakukan sesuatu untuk bangsanya. Hasil kemarin telah membuktikan, tidak perlu terlalu berpikir untuk melakukan sesuatu yang besar untuk melakukan perubahan. Mulailah dari yang kecil dan dekat disekitar komunitas kita, Insya Allah sejalan dengan waktu akan menjadi perubahan yang dahsyat!

Menyimak perbincangan kemarin mengingatkan saya untuk minta tolong. Jika anda mengetahui figur atau komunitas yang telah berbuat banyak sebagai agen perubahan untuk masyarakatnya, tolong hubungi kami. Senang sekali untuk bisa berhubungan, berbagi sekaligus mempublikasikan kegiatan mereka agar bisa bermanfaat bagi mereka yang memerlukannya.

Silahkan cari di Google atau Yahoo sepak terjang dari ketujuh inovator tersebut. Mereka adalah Yuyun Ismawati, Prigi Arisandi, Tri Mumpuni, Wayan Patut, Rinto Andriono, Septi Peni Wulandari, Gusti Ketut Agung, Hamzam Emiter dan Yani Panigoro. Jika penasaran dengan hasil lengkap acara kemarin, anda bisa menghubungi Center for Research on Inter-group Relations and Conflict Resolution (CERIC) FISIP UI di 021 78733838. Berikut saya mengambil foto seorang panitia yang sedang membuat sketsa dari acara perbincangan dengan tujuh tokoh tersebut diatas panggung.

sketsa


You could Trackback this post from your own site.

Comments & Response 2 Komentar

RSS 2.0

Comments are moderated. To learn how we moderated comments could be found in our licenses pages.

  1. Gravatar Sri Wahyuningsih at 31 January 2007 at 10:51

    Desember menjadi bulan yang membuat saya melejit bersama impian2. Hidup yang dulumya biasa2 saja, tanpa ada ambisi. Sekarang sudah tak saya rasakan lagi. Saya mendapat banyak inspirasi dari Muhammad Yunus dan “10 Tokoh yang Mengubah Indonesia” Tempo edisi Desember. Saya sangat ingin menjadi agen perubahan.
    Saat ini saya baru memulai skripsi dengan judul “Konstruksi Media tentang Agent of Change”.
    Mohon bantuan bacaan yang bisa mendukung skrispi terlebih untuk hidup yang lebih baik.
    salam perubahan

  2. Semoga sukses dengan skirpsinya Sri!

Leave a Reply

Tips: XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Ingin bantu anak-anak Indonesia? hubungi kami di info@tunascendekia.org atau hotline 08161833443 Dukungan anda sangat berarti!

72.360!

gelang yang terjual sampai 12 Oktober'17
mari beli dan bergabung
terima kasih!
Solidaritas Kebersamaan - Semakin banyak yang peduli. Semakin banyak yang terbantu

jejaring sosial

Kunjungi Facebook Fan Page Yayasan Tunas Cendekia facebook.com/bantuAnakIndonesia