Berkumpul dengan mereka yang peduli terhadap nasib anak-anak merupakan satu berkah tersendiri bagi kami. Khususnya mereka yang menjalankan taman bacaan anak bagi masyarakat sekitar. Ajang pertemuan ini menjadi kesempatan bagi kami untuk bertukar pikiran dan pengalaman.

Kemarin siang berkaitan dengan komitmen solidaritasKEBERSAMAAN dalam pemberian hadiah pembinaan perpustakaan, kami bertemu dengan para pemenangnya di acara 1001buku Olimpiade Taman Bacaan Anak 2007 yang diselenggarakan 22 April lalu. Betul saja, banyak sekali yang kami dapatkan dari pertemuan tersebut.

pemenang olimpiade taman bacaan anak

Pertama yang sudah hadir adalah si pemenang kedua, rombongan Ibu Siti, Hurul dan Mulyati dari FEDUs, Lembaga Bina Anak dan Pengembangan Masyarakat yang berlokasi di Tambun, Bekasi. Selanjutnya pemenang ketiga dari Bogor datang sekeluarga Pak Irsan bersama Boy dan Teta sebagai pengelola Yayasan Alang-alang, plus Amalia. Terakhir adalah rombongan mba Yetty Theresia sang pemenang utamanya dari Taman Bacaan Ceria yang berada di Rawamalang, Cilincing.

Walaupun masih ada sedikit permasalahan yang harus diselesaikan, kami akan segera mengunjungi masing-masing taman bacaan untuk memberikan hadiah, sehingga dapat disaksikan langsung oleh para masyarakat. Hal ini agar tidak terjadi kesalahpahaman antara pihak taman bacaan dengan masyarakat yang anak-anaknya ikut lomba. Pastinya laporan dari masing-masing tempat akan kita tampilkan di situs ini.

Tidak lupa, hadiah pembinaan bagi ketiga taman bacaan tersebut dapat terealisasi berkat dukungan dan donasi yang telah anda berikan kepada solidaritasKEBERSAMAAN. Kami sangat berterima kasih atas komitmen yang anda berikan selama ini. Semoga jalinan kepedulian ini bisa kita jaga selalu…


You could Trackback this post from your own site.

Comments & Response 21 Komentar

RSS 2.0

Comments are moderated. To learn how we moderated comments could be found in our licenses pages.

  1. assalamualaikum wr.wb.

    terimah kasih. melalui surat ini saya ingin mendapatkan beberapa hal. pertama, saya informasikan bahwa saya juga membangun sebuah taman bacaan masyarakat di rumah kami. TBM tersebut saya berinama RanComTec. kedua, saya mempunyai obsesi yang besar agar bisa mempunyai jaringan komunikasi antar TBM sehingga saya bisa mengembangkan lagi TBM yang saya jalankan. ketiga, mungkin saudara bisa memberikan bantuan berupa pengalaman, jaringan pengembangan dan lain sebagainya. keempat, dimanakah kita bisa mendapatkan bantuan=2 buku atau lainya. karena, TBM saya masih sangat minim.
    terimah kasih.

    Musheni
    ( Ketua Taman Bacaan RanComTec)
    alamat ; Jl. Provinsi Ds II Rantau Panjang No 15 Kec. babat TOman Kab. Musi Banyuasin Sumsel 30752
    HP; 081368736423

  2. Terima kasih atas komentar anda. jangan sungkan untuk selalu bergabung dengan milis atau komunitas taman bacaaan yang sudah banyak tersebar. Seperti 1001buku, Forum Indonesia Membaca, KKS Melati dan masih banyak lagi. Dengan bergabung anda akan banyak mendapat masukan dan informasi yang berharga!

    Semoga sukses

  3. Gravatar dhynar dwi malasari at 26 February 2008 at 23:20

    saya ingin mndirikan taman bacaan (meski mini). tlg bagi pengalaman, tips ato langkah2 yg perlu dilakukan, mengingat saya buta sama skali ttg hal ini. hanya niat dan bbrp buku (tak lebih dr 20 buku) yg saya punya. pls.

  4. Hallo dhynar, jangan sungkan untuk melhat informasi yang ada di internet seputar komunitas seperti KKS Melati, Forum Indonesia Membaca atau 1001buku. Dengan bergabung milis mereka anda bisa mendapat banyak masukan :)

  5. Gravatar Ibu Lina at 07 May 2008 at 15:01

    Ass Wr Wb.
    Alhamdulillah, sy sdh memiliki rmh kecil yg saat ini digunakan untuk PAUD, dan sebuah saung (4×5 mt) yg sy siapkan untk TBM. Insya Allah untuk lmari & buku jg sdh ada. Yg sy ingin sy tanyakan adalah: dimana sy bisa mendapatkan training/pelatihan/penyuluhan ttg manajemen TBM (spt pembuatan katalog, sistem simpan pinjam buku, dll).
    Trima ksih atas bantuannya.
    Wassalam

  6. Ibu Lina. Informasi seputar pelatiahan TBM bisa ditanyakan langsung ke Perpustakaan Departemen Pendidikan Nasional, dengan koordinatornnya Wien Muldian. Kontak Departemen Pendidikan Nasional 021-57950226

  7. Gravatar Ali Syamsudin at 02 June 2008 at 14:49

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Bertepatan dengan Hari Anak Indonesia 2007 yang lalu, berdirilah “ BERANDA BUKU ABACA” yang bertempat di Jln. Suromulang Dalam II / 5 Perum Citra Surodinawan Estate Kota Mojokerto. Dengan buku yang masih sedikit dan ala kadarnya, BERANDA BUKU ABACA mencoba memberikan alternatif hiburan edukatif bagi anak-anak disekitarnya. Ternyata mereka menyambut dengan antusias. Ibu-ibu juga ikut senang dengan adanya BERANDA BUKU ABACA tersebut. Alhamdulillah pada Lomba Perpustakaan se-Kota Mojokerto, BERANDA BUKU ABACA meraih juara III kategori perpustakaan masyarakat.
    Namun semangat untuk membaca itu terkendala sarana dan prasarana yang terbatas. Koleksi buku yang sedikit (sebagian besar buku bekas dan pinjaman dari donatur yang harus dikembalikan dalam jangka waktu tertentu) sangat menghambat kebebasan anak-anak dalam memilih bahan bacaan mereka.
    Terkait hal tersebut di atas, kami BERANDA BUKU ABACA mengharap partisipasi Bapak/Ibu/Sdr serta berbagai pihak yang peduli masa depan pendidikan anak-anak kita untuk mengembangkan taman bacaan ini. Harapan kami BERANDA BUKU ABACA mempunyai koleksi buku, alat peraga pendidikan dan sarana lain yang memadai sehingga semangat belajar anak khususnya dan masyarakat umumnya lebih berkembang lagi.
    Atas perhatiannya kami ucapkan banyak terimakasih
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

  8. Assalamu’alaikum Wr Wb,

    Saya djozsy dari depok, berniat memberdayakan tempat sebagai taman bacaan, saya berlatar belakang pendidikan Graphic Design, saat ini sedang menjalani Kuliah Psikologi Bimbingan Konseling, karena cuma tempat yang ada dan Cat, Nama Taman Bacaannya pun saya sudah siapkan. Mengenai kartu member dan lain2, banner dsb, itu mudah bisa diatur, yang jadi malasalh dari rencana ini adalah rak buku, meja kursi, dan buku2 peengetahuan umum seperti Ensiklopedia. Untuk terwujutnya niat baik ini, saya berharap adanya advis dari rekan2 yang sudah berkecimpung lama di bidang ini untuk apa-apa saja yg perlu saya lakukan, selanjutnya.

    Balad Djozsy Ajiejos
    Taman Bacaan ACI
    http://www.djozsy.co.nr
    021-98830078

  9. Hi Djozsy, sebagai langkah awal bisa bergabung dengan milis 1001buku, KKS Melati atau Forum Indonesia Membaca. Dari sana akan banyak jaringan yang bisa memberi banyak info. Semoga membantu

  10. Assalamu’alaikum Wr Wb,
    Kang Yudhis,saya Priyono pengelola Taman Bacaan Masyarakat Aura Books di menes pandeglang.
    Kami ingin menginformasikan bahwa akan diadakan Pertemuan Taman bacaan se Pandeglang dengan tema acara ” Perlu tidaknya Taman Bacaan di Pandeglang”
    Narasumber :
    1. Ketua yayasan 1001buku ( Indra TA) dan relawan 1001buku
    2. President rumah Dunia ( kang Firman) dan Relawan Rumah Dunia
    3. Kepala Perpustakaan Daerah Pandeglang ( Bapak Sutoto)
    Undangan :
    1. Taman Bacaan di Pandeglang
    2. Dinas Pendidikan
    3. Media-radar Banten
    4. Pihak yang peduli dengan Taman Bacaan Masyarakt

    Waktu: 31 Agustus 2008 Pukul 10.00 WIB
    Tempat : Villa Bapak Gandhi Pagadungan Karang Tanjung dekat Pabrik Sostro Pandeglang

    diharapkan dengan adanya acara ini maka akan terbentuk jaringan Taman BAcaan di pandeglang dan akan saling mendukung.

    kami mengundang pihak-pihak yang ingin datang dan berpartisipasi
    acara ini gratis (tidak dipungut biaya)

    untuk informasi dan konfirmasi :
    Priyono (081911161387)

    kami ucapkan terimakasih atas kang Yudhis dari Tunas Cendekia yang telah memberikan masukan kepada kami agar terus berjaringan.

  11. Kami dari Salatiga tepatnya di Jl. Arjuna 60 karangalit Dukuh Salatiga, juga berencana mengembangkan Taman Bacaan Masyarakat ULUL ALBAB, koleksi buku kami masih sangat sedikit, dan kami ingin bisa bergabung di komunitas TBM, mohon website yang bisa dihubungi?
    Oh ya…mohon saran, apakah pengelolaan TBM sebaiknya memakai standar klasifikasi buku seperti perpustakaan?

  12. Salam Fikri , sebagai langkah awal bisa bergabung dengan milis 1001buku, KKS Melati atau Forum Indonesia Membaca. Infonya bisa anda google atau yahoo. Dari sana akan banyak jaringan yang bisa memberi banyak info. Semoga membantu

  13. Gravatar musfia shoiman at 26 May 2009 at 03:17

    aku baru saja mendirikan TBM, bukunya baru 30, gimna ya cara dapat bantuan buku-buku gratis

  14. ditempat saya juga telah berdiri Taman Bacaan Masyarakat Saung Manggar yang terletak di Kv.DKI Pondok Kelapa JakartaTimur. Saat ini buku-buku telah tersedia, namun untuk biaya operasional + penambahan buku2 kami masih memerlukan bantuan/sponsor dana bagaimana caranya ya mendapatkan bantuan dari pihak swasta maupun pemerintah ?? mohoninformasinya dan juga kegiatanlain yang dapat mendukung TBM tersebut.

  15. Salam Positif,
    Saya sejak dari kecil sangat suka membaca, dan memiliki cita-cita memiliki sebuah usaha yang berkaitan dengan membaca. Beberapa waku yang lalu saya telah memiliki sebuah lokasi yang sangat strategis untuk membuat taman bacaan atau sejenis. Potensi yang sangat dekat dengan sekolah mulai dari TK, hingga SMA, kompetitor belum ada, dekat dengan perumahan baru yang sebagian besar penghuninya berdasarkan survei sementara sangat suka membaca. Hal ini memotivasi saya untuk membuat taman bacaan yang nyaman berskala kecil. Saya sangat membutuhkan saran/masukan bagaimana memulai usaha ini, mengaenai analisa kelayakan usahanya, laba rugi, suplier buku, dan tata cara pengelolaan yang baik dll. Sukur-sukur jika ada info mendapatkan buku yang murah dan laris dibaca. atas bantuannya sebesar apapun saya ucapkan terima kasih. (hub 08567222292; hermanto.armani@yahoo.com)

  16. Gravatar putu agus at 10 April 2010 at 20:37

    saya dari kutai barat, kaltim. saya juga berniat mendirikan taman baca bagi anak-anak di sekitar tempat saya. tapi saya masih bingung mulai dari mana…

  17. Gravatar putu agus at 10 April 2010 at 20:41

    tolong bagi-bagi informasi, ke email : putuagusdiantara@yahoo.co.id. terima kasih.

  18. jangan lupa, sebagai langkah awal bisa bergabung dengan milis 1001buku, KKS Melati atau Forum Indonesia Membaca. Infonya bisa anda google atau yahoo. Dari sana akan banyak jaringan yang bisa memberi banyak info. Semoga membantu

  19. saya berencana membangun dan mengembangkan taman bacaan di kampung saya di gunung kidul , cuma saya kalau harus membeli semual koleksi bukunya agak keberatan,dimana saya bisa mendapatkan buku-buku gratissan

  20. Yuhu Mas Yudhis, beberapa kali sudah ketemu tetapi selalu ketelisipan, thx ya, sarannya beberapa tahun lalu sudah saya praktekkan. Alhamdulillah tahun itu juga buka rumah baca dan tahun depannya sy branding dengan nama Baru, yaitu Taman Bacaan Alfabet / Rumah Baca Alfabet.

    Belakangan ini banyak sekali tumbuh rumah baca baru di kota Depok, antara senang dan sedih, senangnya; berarti kita akan mendapat jaringan lebih lebar, dan sedihnya juga ada.

    Aji Balad aka Balad Djozsy Ajiejos
    085780314448

  21. Semoga sukses selalu mas buat Rumah Bacanya!

Leave a Reply

Tips: XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Ingin bantu anak-anak Indonesia? hubungi kami di info@tunascendekia.org atau hotline 08161833443 Dukungan anda sangat berarti!

Pembalut Gratis!

Kampanye Berdarah Tanpa Mati
PembalutGratis.tunascendekia.org
Dari setiap 100 orang miskin Indonesia, 52 tidak mendapatkan akses air bersih!
Saatnya jalin solidaritasKEBERSAMAAN diantara kita...

jejaring sosial

Kunjungi Facebook Fan Page Yayasan Tunas Cendekia facebook.com/bantuAnakIndonesia