Pertengahan Juni ini kembali mobilKEPEDULIAN 2 mendapat tugas membantu teman-teman Tlatah Bocah yang sedang mempersiapkan acara tahunan khas mereka, Festival Tlatah Bocah VII.

Tlatah Bocah (bhs Jawa: Area Ramah Anak) merupakan sebuah jejaring komunitas yang bermimpi mewujudkan area ramah anak, sebuah ruang fisik dan psikologis yang memberikan kesempatan anak berpartisipasi dalam pembangunan masyarakat. Jejaring ini menumbuhkembangkan kepekaan anak terhadap realita sosial, alam lingkungan, dan relasi antar manusia yang diwujudkan dalam program kegiatan.

Festival Seni Anak Merapi/Tlatah Bocah adalah melestarikan nilai–nilai kebersamaaan di masyarakat Merapi dan sekitarnya. Pada festival tahun 2012 lalu festival ini menggerakkan 30 komunitas (+- 1500 orang) meluangkan waktu, tenaga, pikiran, dan materi untuk mempersiapkan komunitasnya selama kurang lebih dua bulan mensukseskan festival yang digelar.

Pembukaan Festival dimulai dari acara Merti Jiwo, yang berarti bersih diri mengembalikan pada fitrah nurani. Tlatah Bocah memaknainya sebagai pembukaan festival untuk menyatukan persepsi para penggiatnya. Agenda yang dilakukan berupa doa bersama, diskusi, dan eksplorasi gerak (tari) di lokasi yang jauh dari keramaian untuk memahami kehidupan. Merti Jiwo selalu dilakukan di salah satu dusun paling Merapi yang paling atas dimana identik dengan keheningan

Pembukaan Festival Tlatah Bocah

Kali ini Merti Jiwo akan dilaksanakan di Dusun Turgo, Kaliurang (Kabupaten Sleman). Dusun tersebut merupakan dusun yang pada tahun 1994 pernah dilanda awan panas Merapi dan menyebabkan korban jiwa yang tidak sedikit dan saat ini menjadi dusun yang mempunyai pemahaman tinggi terhadap karakter Merapi.

Pembukaan Festival Tlatah Bocah

Pembukaan Festival Tlatah Bocah

Kita tunggu laporan berikutnya dari teman-teman Tlatah Bocah. Tertarik membantu atau ingin tahu lebih banyak mengenai program ini? Kontak Gunawan: 0818 0272 3030.


You could Trackback this post from your own site.

Leave a Reply

Tips: XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Ingin bantu anak-anak Indonesia? hubungi kami di info@tunascendekia.org atau hotline 08161833443 Dukungan anda sangat berarti!

Pembalut Gratis!

Kampanye Berdarah Tanpa Mati
PembalutGratis.tunascendekia.org
Lebih dari sekedar bukti kepedulian.
Ikatan solidaritasKEBERSAMAAN diantara kita...

jejaring sosial

Kunjungi Facebook Fan Page Yayasan Tunas Cendekia facebook.com/bantuAnakIndonesia