Komputer & Renovasi TBM

Laporan susulan mengenai bantuan unit komputer yang dikirim melalui teman-teman Tlatah Bocah. Komputer tersebut mendapat rumah baru dipinjamkan sementara pada komunitas Omah Ngisor selaku panitia lokal penyelenggara festval sampai akhir bulan Agustus 2013, dengan penanggungjawab Muhammad Aprianto alis Antok. Selanjutnya komputer tersebut akan dihibahkan pada anak2 dusun Batur Ngisor dengan penanggungjawab langsung pada Kepala Dusun. Dusun Batur Ngisor berlokasi Desa Ngargomulyo, Kecamatan Dukun, Kab. Magelang (lereng Merapi)

Bantuan Komputer

Selanjutnya program solidaritasKEBERSAMAAN melakukan kemitraan dengan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sudut Baca Soreang, yang dikoordinir oleh Agus Munawar. Beliau menjadi penanggungjawab program renovasi TBM Sehati yang berlokasi di Ds. Pasirhuni, Cimaung, Bandung.

renovasi TBM Sehati

renovasi TBM Sehati

renovasi TBM Sehati

Rencana renovasi meliputi ruang baca dan MCK dari TBM Sehati. Jika anda tertarik ikut membantu silahkan kontak Agus Munawar melalui 0818616719

Festival Seni Tradisi Anak Merapi Tlatah Bocah ke 7

Langsung saja anda simak laporan teman-teman Tlatah Bocah mengenai acara Festival Seni Tradisi Anak Merapi yang ketujuh. Dimana mobilKEPEDULIAN 2 dari Yayasan Tunas Cendekia memberikan dukungan operasional mulai dari persiapan sampai dengan pelaksanaan acara. Berikut laporan lengakapnya:

“Pada tgl 6-7 Juli 2013 kali ini hajatan dilakukan di dusun Gumuk, lereng Merapi sisi kabupaten Magelang. Dusun Gumuk sendiri mempunyai kelompok seni Reog Ponorogo dari anak sampai dewasa. Selain itu mereka mempunyai kelompok seni kuda lumping.

festival seni tradisi anak merapi

festival seni tradisi anak merapi

Hajat seni tahun ini diikuti komunitas2 dari Surabaya, Salatiga, Boyolali, serta komunitas2 dari lereng Sumbing, Merbabu, Menoreh, serta tak lupa beberapa dari lingkungan Merapi.
Hal yang membanggakan adalah tampilnya Kaori Okado seorang warga Jepang yang mendalami tari klasik gaya Surakarta dan Yogyakarta. Pada penampilan kali ini beliau menarikan Gambir Anom, sebuah tarian klasik dr Surakarta.

festival seni tradisi anak merapi

festival seni tradisi anak merapi

Komunitas dari Papua tahun ini datang untuk menampilkan tari persahabatan. Dalam perboncangan dengan pengurusnya, mereka sangat kagum penyelenggaraan festival.

Teman-teman yang tampil dari Surabaya merupakan mahasiswa Unair yang tergabung dlm UKTK, sebuah unit kegiatan mahasiswa dalam bidang tari dan karawitan. Kelompok ini sudah 3x ini bersemangat tampil dalam festival. Tahun ini membawakan ludruk berjudul Sawinggaling Winisudo yang melibatkan 38 mahasiswa/i.

Teman2 TUK dari Salatiga menampilkan performance’s Arts tentang pentingnya melestarikan permainan lama untuk meminimalisir dampak buruk permainan yg sifatnya individualis.
Sedangkan komunitas Qaryah Thayibbah sebuah komunitas pendidikan alternatif menyajikan perpaduan musik peekusi dengan tarian.

Teman2 kecil dari komunitas lereng gunung Sumbing, Merbabu, Menoreh, serta Merapi menampilkan seni tradisi diantaranya: reog ponorogo, warok dan bujang ganong jaranan, topeng ireng, dayak grasak, ande-ande lumut, kuda lumping, soreng angguk rame, dll.

festival seni tradisi anak merapi

festival seni tradisi anak merapi

Selepas dari hajat seni di Gumuk, rangkaian agenda dilanjutkan dengan Laku Lampah, yaitu silaturahmi dari beberapa komunitas Merapi berkunjung pada tetangga (gunung) sebelah, yakni Sumbing tepatnya di dusun Sambak dengan mengajak komunitas luar kota (Jakarta Aceh, dll.) serta melibatkan komunitas2 lokal dari sekitar Sumbing yg akan diselenggarakan tanggal 24-25 Agustus 2013. Laku Lampah ditujukan untuk mengajak komunitas lokal lebih tekun dalam mengkampanyekan hak anak melalui kesenian lokal yg sudah ada pada mereka.”

Terima kasih untuk Gunawan Julianto yang sudah memberikan laporan serta foto-fotonya, yang dibantu oleh Suryo Purnomo. Salut dan sukses selalu untuk Tlatah Bocah.

Tidak lupa untuk anda yang sudah setia memberikan dukungan dan donasi untuk solidaritasKEBERSAMAAN, dimana keberhasilan program diatas merupakan salah satu hasil dari kepercayaan anda untuk masa depan anak-anak Indonesia.

Ingin bantu anak-anak Indonesia? hubungi kami di info@tunascendekia.org atau hotline 08161833443 Dukungan anda sangat berarti!

72.360!

gelang yang terjual sampai 12 Oktober'17
mari beli dan bergabung
terima kasih!
Dari setiap 100 orang miskin Indonesia, 52 tidak mendapatkan akses air bersih!
Saatnya jalin solidaritasKEBERSAMAAN diantara kita...

jejaring sosial

Kunjungi Facebook Fan Page Yayasan Tunas Cendekia facebook.com/bantuAnakIndonesia