Seringkali saya merasa sudah melakukan sesuatu kegiatan yang unik dan tidak ada duanya, lalu muncul satu berita yang menggambarkan satu kegiatan yang jauh lebih unik. Mungkin karena hal-hal seperti ini juga yang membuat MURI selalu tidak kekurangan materi untuk dicatat :D

Walaupun tergolong biasa saja bagi masyarakatnya, tetap saja kalau anda melihat kegiatan para murid SMP ini ada hal unik yang tidak dapat kita saksikan sehari-hari. Seperti kegiatan ulangan ketrampilan yang sedang dilakukan oleh para siswa-siswi SMPN 3 di Desa`Wadibu, Biak Timur ini.

SMPN 3 (2)

Pembalakan liar? Jangan salah sangka dulu :D Mereka sedang mempraktekan upacara Wor Baropen. Upacara yang dilaksanakan oleh para pemuda (Kabor Insos) sebagai peringatan ketika mereka mulai memasuki usia remaja. Ritualnya setelah upacara selesai ribuan batu disusun dan dibakar sampai batu tersebut menjadi bara. Batu yang masih membara disebar, sementara itu pemimpin keagamaan mempersiapkan dirinya dengan melumuri kakinya dengan cairan khusus sambil mengucapkan mantra. Ketika sang pemimpin upacara sudah siap, dia kemudian berjalan di atas batu yang masih panas membara.

Para siswa-siswi ini juga yang mendapat bantuan berupa seragam dan perlengkapan olahraga lengkap untuk sekolahnya. Rata-rata mereka adalah anak dari para orang tua yang bergantung hidupnya pada hasil nelayan dan kebun. Berkat bantuan anda yang sudah memberikan donasi melalui [solid], dan Paguyuban Brayat Kristen Jawa di Biak sebagai mitra penyalur, anak-anak tersebut bisa mendapatkan kado Natal yang mudah-mudahan akan menumbuhkan semangat belajar dan membangun daerahnya.

SMPN 3

Kehidupan bangsa dan negara kita kelak akan ada di tangan salah satu siswa-siswi ini. Bantuan anda saya yakin menjadi salah satu pemicu mereka untuk bisa merealisasikan cita-citanya. Terima kasih sahabat atas bantuan yang anda berikan :)


You could Trackback this post from your own site.

Comments & Response 4 Komentar

RSS 2.0

Comments are moderated. To learn how we moderated comments could be found in our licenses pages.

  1. Terus majulah bangsa Indonesia, jangan pernah lelah untuk berkarya, jangan biarkan kondisi negara yang morat marit mempengaruhi kita semua untuk maju :)

  2. Wah, senangnya berpetualang :)

  3. selamat tahun baru 2007

    lam kenal

  4. Asep, mudah-mudahan kita tdk akan pernah menyerah.eemangat!

    Hallo Aryo. Mampir dong kapan2 ke Biak, Papua. Ditunggu ok.

    Hi Ario, salam kenal juga dan selamat tahun baru!

Leave a Reply

Tips: XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Ingin bantu anak-anak Indonesia? hubungi kami di info@tunascendekia.org atau hotline 08161833443 Dukungan anda sangat berarti!

Pembalut Gratis!

Kampanye Berdarah Tanpa Mati
PembalutGratis.tunascendekia.org
Dari 100 orang miskin Indonesia, 16 tidak bisa baca dan menulis!
Saatnya jalin solidaritasKEBERSAMAAN diantara kita...

jejaring sosial

Kunjungi Facebook Fan Page Yayasan Tunas Cendekia facebook.com/bantuAnakIndonesia