Cobalah untuk sesekali keliling sekitar rumah tinggal anda. Bukan yang sering anda lewati ketika jalan-jalan ataupun joging, tapi sedikit lebih keluar ke beberapa bagian daerah wilayah tetangga yang terlihat kurang beruntung dibandingkan wilayah perumahan anda. Mudah-mudahan anda akan menemukan sebuah sekolah atau lebih tepatnya TK atau Raudhatul Athfal (RA) yang bergerak sebagai PAUD. Apa pula PAUD ini? PAUD adalah Program Anak Usia Dini (0-6 tahun) yang menjadi program pemerintah yang bertujuan meningkatkan akses dan mutu pelayanan pendidikan yang berbasis lingkungan. Singkat cerita membantu anak-anak dari keluarga yang membutuhkan agar bisa menikmati pendidikan menjelang SD.

Kembali ke jalan-jalan tadi. Jika anda menemukan salah satu dari kegiatan yang berbau PAUD, ini merupakan kesempatan anda untuk bisa turut membantu pendidikan anak-anak ini. Karena salah satu kendala yang dialami oleh TK maupun RA adalah kesempatan untuk meningkatan fasilitas dan prasaran bagi anak muridnya. Kebanyakan para guru-guru ini tidak memiliki bakat ataupun kemampuan untuk melobi masyarakat sekitarnya (yang kebetulan tidak bisa banyak bantu juga) ataupun masayarakat tetangga, seperti kompleks perumahan anda, untuk bisa membantu kegiatan belajar mereka.

Anda bisa menjadi fasilitator bagi mereka. Cari tahu kebutuhan apa yang terlihat sedang mereka butuhkan. Ajak para tetangga untuk mengkoodinir suatu bentuk kepedulian kecil-kecilan untuk memenuhi kebutuhan mereka tersebut. Terkadang kebutuhan yang mereka inginkan adalah seperangkat mainan pendidikan canggih milik anak anda yang sudah bosa dimainkan :)

Berikut adalah salah satu contohnya. Siwi tidak hanya sebagai fasilitator tetapi juga menyumbangkan tenaganya mengajar bahasa inggris untuk anak-anak d RA Kalam Mulia. Satu hal yang tidak terlalu sulit dilakukan. Anda senang. Anak-anak yang terbantupun jauh lebih bersyukur dan senang. Mau coba?

raudhatul athfal kalam mulia

[solid] memberikan bantuan meja belajar, alat peraga pendidikan dan lemari untuk membantu kegiatan belajar mengajar RA Kalam Mulia. Bantuan ini tidak terlepas dari kebaikan anda yang sudah memberikan donasinya untuk anak-anak Indonesia. Terima kasih sahabat atas dukungannya!

TK Kalaam Mulia adalah tk yang beralamat di Jalan Delima Ujung No.6, Blok A, RT 01/RW 05, Cinere, Limo adalah sekolah taman kanak-kanak Islam, yang terdiri dari 27 siswa (sekolah pagi) dengan rentang umur antara 3 tahun sampai 5 tahun dan 90 siswa (sore dan malam : khusus mengaji Al-Quran) dengan rentang usia antara 3 tahun sampai 15 tahun.

TK ini memiliki tenaga pengajar 4 orang, yakni 2 guru sekolah pagi (1 orang merangkap guru mengaji sekolah sore, 1 orang khusus guru mengaji sekolah sore, 1 orang guru voluntir untuk ekskul bahasa Inggris setiap hari Sabtu. Latar belakang orang tua murid tk ini adalah para pekerja menengah ke bawah seperti : (1) buruh bangunan, supir, (2) pengayuh becak, (3) pedagang kecil,(4) karyawan dan (5) guru dengan prosentase terbanyak adalah pekerja pada nomor 1 dan 2.

Info program ini dapat kontak Siwi di 08161908298


You could Trackback this post from your own site.

Leave a Reply

Tips: XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Ingin bantu anak-anak Indonesia? hubungi kami di info@tunascendekia.org atau hotline 08161833443 Dukungan anda sangat berarti!

72.360!

gelang yang terjual sampai 12 Oktober'17
mari beli dan bergabung
terima kasih!
Dari 100 orang miskin Indonesia, 16 tidak bisa baca dan menulis!
Saatnya jalin solidaritasKEBERSAMAAN diantara kita...

jejaring sosial

Kunjungi Facebook Fan Page Yayasan Tunas Cendekia facebook.com/bantuAnakIndonesia