Kampung World Book Day 2013

Kampung World Book Day Indonesia 2013 di bulan April dan Mei yang merupakan sebuah ajang silaturahmi dan perayaan atas buku dan pengaruhnya terhadap kehidupan kita. Yayasan Tunas Cendekia melalui mobilKEPEDULIAN 2 kembali mendapat kehormatan untuk bisa membantu kegiatan yang dilakukan teman-teman Forum Indonesia Membaca dan Sunda Kelapa Heritage.

Kampung World Book Day

Berbagai aktivitas digelar antara lain wisata edukasi, buku bergulir dari kampung ke kampung, workshop kamera lubang jarum, pengembangan ruang literasi di Tourist Information Center Pelabuhan Sunda Kelapa dan penyuluhan bahaya narkoba & HIV AIDS di Taman Fatahillah. Kegiatan ini dapat berjalan dengan baik berkat dukungan dan kerja sama yang baik dengan Museum Mandiri, Komunitas Lubang Jarum Indonesia, Karang Taruna Kecamatan Pademangan & Penjaringan dan relawan dari RSPAD.

Kampung World Book Day 2013

Kampung World Book Day 2013

Kampung World Book Day 2013

Kegiatan dalam World Book Day Indonesia kali ini melibatkan anak-anak dari Pademangan Timur Ujung, Jakarta Utara yang selama ini hanya mengikuti kelas mengaji tanpa pernah mengikuti pendidikan formal sebagaimana anak-anak Indonesia pada umumnya serta anak-anak dari Kampung Japat, Jakarta Utara yang sehari-hari bermain di Pelabuhan Sunda Kelapa di antara lalu lalang trailer/tronton dan truk-truk pengangkut barang.

Kampung World Book Day 2013

Kampung World Book Day 2013

Terima kasih banyak atas dukungan dan bantuan yang selama ini anda berikan untuk solidaritasKEBERSAMAAN. Berkat anda program-program seperti diatas ini bisa berjalan dengan baik. Salut!

Kerabat dan Sahabat

Kerabat. Sahabat. Sejak awal berdirinya Yayasan Tunas Cendekia, dua sosok yang saya sebutkan diawal tulisan yang bisa dikatakan jiwa dari kampanye solidaritasKEBERSAMAAN.

Tulisan ini saya buat ketika kami baru saja kembali mendapat sebuah bantuan dari seorang sahabat. Sebuah bantuan yang katanya tidak seberapa, tapi bagi kami sekecil apapun itu, pastinya amat sangat berarti bagi anak-anak yang terbantu. Sahabat ini kebetulan baru saja mendapat penggantian komputer di kantornya. Komputer yang lama dia niatkan didonasikan untuk program solidaritasKEBERSAMAAN. Luar biasa bukan. Biasa saja sepertinya, tapi dahsyat manfaatnya.

Apalah artinya sebuah yayasan kecil yang mencoba melakukan suatu perubahan kecil di negara ini. Jangan salah. Kehadiran kerabat dan sahabat inilah yang menjadikan sebuah keraguan berubah sebagai suatu kekuatan perubahan. Perubahan yang menyentuh anak-anak Indonesia.

Yayasan ada karena mereka. Program bisa berjalan berkat dukungan mereka. Anak-anak bisa terbantu karena doa dan bantuan dari mereka. Terlihat maupun tidak terlihat. Kerabat dan sahabat dari yayasan selalu saja bermunculan dalam berbagai wujud.

Bantuan bisa ada karena mereka. Kami hanya bisa bersyukur kepada yang Kuasa, yang telah mempertemukan orang-orang baik ini kepada yayasan sehingga uluran tangan mereka dapat menyentuh anak-anak yang membutuhkan.

Kepada kerabat dan sahabat solidaritas yang telah membantu sejak awal hingga kini. Terima kasih. Hanya Tuhan yang dapat membalas semua niat baik semua ini. Semoga semakin banyak anak-anak Indonesia yang terbantu berkat uluran tangan anda.

Salut.

A Midsummer Night’s Dream

140 anak di kawasan Gunung Merapi melakukan pementasan teater berjudul A Midsummer Night’s Dream, karya sastrawan Barat, William Shakespeare (1564-1616), di Padepokan Tjipto Boedojo Tutup Ngisor Desa Sumber, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Pementasan Impen Wengi ing Merapi

Pementasan Impen Wengi ing Merapi

mobilKEPEDULIAN 2 menjadi pendukung untuk persiapan yang dilakukan oleh teman-teman Tlatah Bocah yang mengkoordinir para anak-anak dalam pementasan ini. Alhamdulilah selama persiapan sampai dengan pementasan, secara umum semua berjalan dengan lancar. Anak-anak kawasan Gunung Merapi mendapat pengalaman yang luar biasa.

LatihanPementasan Impen Wengi ing Merapi

Latihan Pementasan Impen Wengi ing Merapi

Turut terlibat dalam penggarapan pementasan itu, antara lain sutradara dan pemain teater dari Teater National Populer Perancis, Nicholas Gonzales, asisten sutradara Pere David Lerouge (Prancis), para tokoh Padepokan Tjipto Boedojo Tutup Ngisor Sitras Anjilin (penata tari) dan Bambang Tri Santoso (penata musik), serta pemimpin Sanggar Bangun Budaya Desa Sumber Untung Pribadi (penata tari).

Lomba Kesenian di Banyudono

Distribusi buku ke Helicopter GuBook Maoz

Selain mendukung operasional pementasan, mobilKEPEDULIAN 2 juga membantu mengantarkan anak-anak sekitar untuk mengikuti lomba kesenian di Banyudono, pentas ketoprak dalam rangka selikuran Lima Gunung di Mantran dan mengantrakan stok buku dari Forum Indonesia Membaca untuk Perpustakaan Helicopter GuBook Maoz di Sedayu.

Jika anda tertarik mengetahui lebih lanjut seputar program diatas, silahkan hubungi koordinator dari program tersebut dengan Gunawan (081802723030) atau kunjungi Tlatah Bocah.

Terima kasih atas segala dukungan dan donasi yang sudah anda berikan untuk program solidaritasKEBERSAMAAN. Berkat kepercayaan dan kepedulian anda, program-program seperti diatas dapat terselenggara dan memberikan inspirasi bagi anak-anak yang terlibat maupun yang melihat. Salut!

Sebagian photo dilakukan oleh Kaori dan David.

Ingin bantu anak-anak Indonesia? hubungi kami di info@tunascendekia.org atau hotline 08161833443 Dukungan anda sangat berarti!

72.360!

gelang yang terjual sampai 12 Oktober'17
mari beli dan bergabung
terima kasih!
Lebih dari sekedar bukti kepedulian.
Ikatan solidaritasKEBERSAMAAN diantara kita...

jejaring sosial

Kunjungi Facebook Fan Page Yayasan Tunas Cendekia facebook.com/bantuAnakIndonesia