Uluran

Minggu ini beberapa sahabat menyatakan keinginannya untuk bisa membantu kampanye [solid]. Betapa bahagianya untuk selalu mendapat uluran bantuan ini. Semangat ingin menumbuhkan kepedulian bangsa semakin hari menjadi semakin lebih kuat. Walaupun bagi sebagian orang mungkin memandang apa yang telah dilakukan kita hanyalah dalam skala kecil. Namun bagi kami, para sahabat dan tentunya para anak-anak yang terbantu, sungguh merupakan keberkahan yang tidak terhingga.

Menurut rencana [solid] akan mendapatkan bantuan dari sebuah perusahaan sepatu besar, saya belum berani menyebutkannya sebelum benar-benar mendapat kepastian, mereka akan memberikan 31 komputer. Mudah-mudahan bantuannya bisa terealisasi. karena manfaat yang bisa didapatkan dari komputer ini amatlah sangat banyak. Kita akan melakukan kemitraan, salah satunya dengan Portal Infaq, dalam hal penyalurannya. Proses dokumentasi sudah dilakukan antara pihak donatur dan kami. Mudah-mudahan semuanya bisa berjalan lancar dengan hasil yang diharapkan.

Melalui email maupun telephone juga terus [solid] mendapat kepercayaan. Dwija yang bermukim di palembang berencana akan membantu untuk mensosialisasikan gelang merah disana. Sempat ngobrol banyak dengan Helen, yang antusias untuk bisa melihat lebih dekat beberapa program yang dekat dengan daerahnya. Kita membuat janji untuk bisa dimulai dengan melihat kegiatan mitra kita, Rumah Dunia yang berlokasi di Serang.

Kemarin malam akhirnya mendapat kepastian dari para sahabat Tembok Bomber. Diwakilkan oleh Aram, yang mengatakan antusias sekali untuk bisa membantu [solid]. Bersama mereka kita mencoba mengalihkan bakat artistik mereka yang sangat handal dalam bidang street art, kali ini mencoba menganti medium tempat mereka menuangkan karya ke salah satu ruang kelas di Bogor. Setelah tanggal 9 nanti kita akan melakukan persiapan dalam merealisasikan proyek ini.

Yang terakhir bertemu dengan Nana. Tepatnya tadi sore. Berawal dari perbincangan kita via email dan telephone. Dimana Nana sebagai Ketua Umum organisi alumni yang tergabung dalam Kawiku (Keluarga Alumni Wijayakusuma Purwokerto) Wilayah Jabodetabek, ingin mencoba menjajaki kemungkinan kerjasama dengan [solid] dalam satu kegiatan sosial. Paling tidak pertemuan pertama tadi bisa memberikan gambaran umum mengenai beberapa kemungkinan yang bisa dilakukan. Moga-moga kemitraan ini bisa terwujud. Ada kemungkinan tempat penyaluran bisa dilakukan di Purwokerto, yang berarti bisa memperluas lagi semangat [solid].

Tidak lupa, terima kasih banyak bagi yang terus memberikan dukungan dengan upload fotonya memakai gelang merah di gallery [solid]. Mari kita sama tunjukkan kepedulian bangsa ini terhadap anak-anaknya.

Tiada yang tidak mungkin jika uluran tangan dari para ‘malaikat’ terus berdatangan :)

Galur, Kulonprogo [Sepeda untuk Sekolah]

ketuaPANITIAAkhirnya penyaluran bantuan dalam program Sepeda untuk Sekolah tahap kedua berjalan dengan lancar. Bertepat di Balai Desa Pandowan, Galur, hari Sabtu yang lalu acara penyerahan bantuan disaksikan langsung oleh berbagai pihak mulai dari Wakil Bupati Kulonprogo Bapak H Anwar Hamid didampingi Kadinas Pendidikan Bapak Mastur sampai dengan para pejabat daerah setempat. Salut kepada teman-teman Mapala UI yang sudah menjalankan tahap penyaluran ini dengan sangat baik.

Ini merupakan buah kerja keras dari semua pihak yang sudah ikut mendukung pengumpulan dana bagi program ini. Kerjasama dengan Mapala UI, Portal Infaq didukung juga oleh Dirjend Sejarah dan Purbakala Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, telah membantu para 39 murid SMP yang berada di wilayah kecamatan Galur, Kulonprogo mendapatkan bantuan sepeda untuk mengurangi beban biaya transportasi untuk pergi ke sekolah.

Sedikit catatan bahwa sepeda tersebut tidak diberikan melainkan dipinjamkan. Sehingga jika para penerima bantuan ini lulus, sepedanya bisa diberikan seterusnya kepada juniornya. Dan para murid yang menerima hanyalah mereka yang memenuhi kriteria dengan melihat status ekonomi keluarga dari penerima dan jarak antara sekolah dengan rumahnya.

anakGALUR

Kami sangat berterima kasih mendapat respon yang di luar dugaan dari para sahabat solidaritas pada program tahap kedua ini. Dari 20 yang ditargetkan, ternyata kita bisa mendapatkan sumbangan untuk 39 sepeda. Hal ini membuat semangat lagi untuk segera mencari target daerah selanjutnya yang bisa dijadikan tempat penyaluran. Tentunya berharap bisa membuka lebih banyak lagi jaringan di berbagai daerah yang ingin memberikan dukungan terhadap program Sepeda untuk Sekolah selanjutnya.

Tidak lupa kepergian tim penyaluran bantuan kemarin sekaligus juga melihat perkembangan dari program Sepeda untuk Sekolah tahap pertama. Evaluasi telah dilakukan langsung di lokasi untuk melihat manfaat dari pengadaan sepeda bagi para murid yang menerima. Kegiatan penyaluran ini telah mendapat liputan pada koran setempat yaitu Kedaulatan Rakyat

Oh ya. Jangan salah. Pada foto yang kedua, yang sedang menaiki sepeda itu para murid SMP penerima bantuan. Soalnya kalau dilihat sekilas seperti para guru. Maklum mereka sudah pakai celana panjang disana :D

Original Soundtrack TYGNM

Dapatkan CD original soundtrack dari film Thank You and Good Night Mother!

thankyouCD Sabtu Minggu kemarin, Ivan dan Didi sukses mengelar pemutaran perdana film dokumenter mereka yang berjudul Thank You and Good Night Mother (TYGNM). Dokumenter yang menceritakan kehidupan para peselancar yang berada di daerah Bandulu dan Carita. Kita bisa melihat bagaimana surfing telah mengubah kehidupan orang-orang ini. Bagaimana sebuah kebahagian sejati bisa dirasakan oleh mereka ketika menjadi satu irama dalam gulungan ombak di lautan bebas.

Musik dalam CD ini menurut pendapat saya menggambarkan suara-suara yang bisa jadi terdengar dalam pikiran setiap surfer ketika bercengkerama dengan ombak-ombak tersebut. Suara-suara akustik menjadi dominasi dari album yang berisikan 16 lagu.

Para pengisi album: The Dying Sirens, Cozy Street Corner, Bonita, Sore, Tika, Popo Fauza, The Mystikal Awakening Project, Artidewi, Palmer Groove, Maquiladora dan Sauropods.

Jika anda termasuk kolektor CD Indonesia atau ingin memberikan hadiah kepada mereka yang maniak mengoleksi CD, Original Soundatrak TYGNM menjadi pilihan sangat tepat. Apalagi dengan harga Rp.50.000,- anda sudah bisa mendapatkan CD ini sudah termasuk biaya kirim ke alamat tujuan, sekaligus mendukung kelangsungan program sosial yang diadakan [solid]!

Green ‘studio sebagai produser dari film dan CD ini menyisihkan sejumlah hasil penjualan untuk program [solid]. Jangan sampai kehabisan, karena persediaan sangat..sangat terbatas.

Cara pemesanan:
Kontak via info@tunascendekia atau 0813 1939 2773 mengenai ketersediaan CD
Transfer Rp.50.000,- ke rekening Bank Mandiri:
a/n Yayasan Tunas Cendekia 119 000 432 1111
Fax bukti transfer beserta nama, alamat lengkap dan no kontak anda ke:
021 75910235.
CD akan sampai pada alamat 2-3 hari setelah bukti transfer kami terima.

Ganesha Music Event

Konser gratis di malam minggu? Belum lagi kesempatan anda untuk bisa beramal sekaligus menikmati musik-musik terbaik di Bandung!

Lebih tepatnya Unit Apresiasi Musik ITB mengadakan Ganesha Music Event: Selasar Apresiasi pada Sabtu ini mulai jam tujuh malam. Tiket gratis. Anda hanya membawa satu barang yang bisa didonasikan, seperti buku, baju atau boneka. Bisa juga nanti membantu dengan membeli gelang merah [solid] yang disediakan di stan khusus selama acara. Hasil donasi dan barang yang terkumpul tentunya akan disalurkan melalui [solid]!

Datang langsung saja ke CC ITB. Sekali lagi Sabtu 25 Maret ini mulai jam 7 malam. Penampilan dari Homogenic, Polyester Embassy, Olive Tree, Jelly Belly, Vincent Vega, A Famous, Black Rasta Society, Anne Marie akan menjadi jaminan mutu akan lebih menikmati malam mingguan anda kali ini :D

itb

Siang tadi sudah bertemu dengan ketiga nama dibalik biang acara yaitu Adityo Pratomo, Adriadi Dimastanto dan Adhi Kurniawan. Baru sadar, ternyata namanya berawalan A semua. Terima kasih buat para sahabat Apres ITB yang sudah mengajak [solid] dalam acaranya. Semoga kemitraan ini bisa membawa manfaat bagi mereka yang akan kita bantu bersama.

Hitam Putih

Pengalaman hidup mengajarkan kita untuk selalu siap setiap saat menerima hitam putih kehidupan. Berbagai cobaan dan kebahagiaan selalu silih berganti mewarnai perjalanan hidup ini. Gelap berubah menjadi terang. Terang kembali menjadi gelap. Saya pribadi sampai saat ini berusaha menjalani salah satu prinsip hidup yang mengingatkan, dalam setiap cobaan kita akan mendapatkan dua kemudahan.

Akan tetapi pemandangan yang saya temui pagi tadi ketika sampai di SDN Palasari III di Kecamatan Cijeruk, Bogor adalah salah satu contoh hitam putih kehidupan yang sangat nyata. Nyata yang saya maksud disini adalah keadaan kelas yang terpaksa dibatasi oleh sebuah sekat. Pembatasan ini terpaksa dilakukan karena sekolah hanya mempunyai empat ruang kelas untuk menampung enam kelas. Sehingga ada dua ruangan yang terpaksa dibatasi oleh sekat.

Kembali ke hitam putih yang saya temui. Pada setiap ruangan yang dibatasi oleh sekat, (pada foto dibawah) kita bisa melihat dengan jelas bagaimana anak-anak yang menempati bagian dekat jendela dalam kesehariannya akan selalu menerima terangnya cahaya. Sedangkan para anak-anak dari kelas lainnya yang berada di bagian lain, kesehariannya selalu berada dalam kegelapan karena dihalangi oleh sekat tersebut. Inilah sebagian dari gambaran “hitam putih” realitas wajah pendidikan dasar anak-anak di Indonesia.

Tapi kenyataan hidup yang harus dijalani oleh anak-anak ini setiap harinya tidak menghapus keceriaan dan semangat belajar dari mereka. Bahkan ketika ditawarkan untuk berpose didepan sekolahnya, tidak ragu mereka untuk menunjukan kebanggaannya :D

sdnPALASARI sdnPALASARI2

Kedatangan kami kali ini ditemani oleh Vivin dan Yoki. Selain kekurangan ruangan kelas, sekolah tersebut saat ini sangat membutuhkan buku-buku pelajaran. Para orang tua murid sebagian besar berprofesi sebagai buruh. Jadi jangankan bicara soal buku pelajaran, kebutuhan hidup sehari-harinya juga masih sangat sulit untuk dicapai. Mudah-mudahan [solid] bisa menyediakan buku-buku tesebut.Paling tidak kita akan mencoba mensyediakan dulu untuk para anak-anak yang berada di kelas 4, 5 dan 6.

Jika anda ingin membantu mewujudkan bantuan ini, silahkan hubungi kami atau bisa langsung lakukan donasi melalui berbagai cara yang bisa anda lakukan. Semua penyaluran bantuan yang pernah kita lakukan selama ini memang berasal dari bantuan yang pernah anda lakukan…sekecil apapun :)

Puisi Epri

Epri dari Portalinfaq.org membuat puisi ini khusus untuk program Sepeda untuk Sekolah.

Gemuruh Binar Nyala Api Bagi Anak Negri……….

Kami adalah tangan-tangan kecil
yang berkumpul karena ingin berbagi

Kami bukan orang hebat yang jago diplomasi
yang mungkin sering kau lihat berdasi di TV

Kami cuma anak-anak muda
dengan sedikit asa untuk anak-anak negri kami
yang terpinggirkan oleh kerasnya zaman
yang katanya reformasi ini

Kami hanyalah mimpi sederhana
yang inginkan sedikit sungging senyum adik-adik kami
yang masih punya semangat untuk sekolah di negri tercinta ini

Kami mungkin akan dianggap sepi oleh kalian
Karena Kami tak punya pengaruh dan banyak harta tuk yakinkan kalian……!

Sesepi dan miskinnya bangsa ini
pada penderitaan adik-adik kami yang ratusan sudah mati
karena tak lagi bisa makan nasi
dan teguk segelas susu hangat dari orang tua mereka

dan hari-hari ini para pemimpin bangsa ini begitu sibuk
untuk bisa perhatikan nasib adik-adik kami……….
apalagi koruptor dan penjilat konon malah bisa bebas keluar negri
dan kau lihat satu-satu mereka mati………
yah…..satu-satu mereka mati………….
karena kemiskinan mereka………..

Tapi sahabat

kami punya sedikit nyala api
diantara redupnya kilatan cahaya tak peduli kaum sibuk tak bernurani

Kuyakin ada sebagiannya pada kalian

Masuklah dalam barisanku sahabat
biarkan nyala apinya menjadi antusiasme besar
bagi anak-anak negri kita
dalam pendar Cahaya CintA
Cahaya Sederhana yang mungkin akan sangat berarti…………….
diantara rintih pilu dan kerasnya bunyi perut lapar adik-adik kita!!!!

Sahabat
Bergemuruhlah dalam desakan kebajikan
Bukankah Syurga Menanti Pemecah Beku Kejumudan Kebatilan????

Epri Abdurrahman Ra’fi…………
20/03/2006
Diantara Gemuruh Kampanye Solidaritas Kebersamaan -
Peduli-Berbagi Portalinfaq.orgMapala UI – Tunas Cendekia

Ingin bantu anak-anak Indonesia? hubungi kami di info@tunascendekia.org atau hotline 08161833443 Dukungan anda sangat berarti!

72.360!

gelang yang terjual sampai 12 Oktober'17
mari beli dan bergabung
terima kasih!
Dari 100 orang miskin Indonesia, 16 tidak bisa baca dan menulis!
Saatnya jalin solidaritasKEBERSAMAAN diantara kita...

jejaring sosial

Kunjungi Facebook Fan Page Yayasan Tunas Cendekia facebook.com/bantuAnakIndonesia