World Book Day’06

Pada tanggal 2 sampai 5 Maret nanti [solid] akan berpartisipasi dalam World Book Day 2006 Indonesia. Acara ini diprakarsai oleh Forum Indonesia Membaca, diadakan di Plasa Terbuka dan Perpustakaan Departemen Pendidikan Nasional yang ada di daerah Senayan, Jakarta. Mengutip penjelasan yang ada di proposal, acara ini merupakan suatu festival yang merayakan buku dan literasi, acara World Book Day membuka partisipasi masyarakat seluas-luasnya dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya buku dan membaca, serta mengapresiasi dunia perbukuan itu sendiri.

Keikutsertaan [solid] kali ini bertujuan untuk sosialisasi program Sepeda untuk Sekolah yang akan kami relasisasikan akhir Maret nanti. Jangan lupa anda mampir ke stan kami untuk mengetahui lebih lanjut seperti apa realisasi program ini. Kami menunggu juga partisipasi anda langsung untuk membuat program ini menjadi lebih baik lagi.

Dalam sosialisasi program di acara World Book Day, [solid] mendapat dukungan dari mitra kami dalam pelaksanaan program Sepeda untuk Sekolah yaitu Mapala UI.

World Book Day akan menghadirkan berbagai macam acara seperti seminar, workshop, pertunjukan dan tentunya yang sangat dinantikan banyak orang, pameran buku! Terima kasih untuk para sahabat di Forum Indonesia Membaca yang sudah mengajak kami untuk bergabung :)

Info lebih lanjut bisa hubungi Ari Asih 0818126707.

Muluy. Kalimantan Timur

Bantuan yang dikirimkan pada bulan lalu ke Dusun Muluy telah selesai disalurkan. Buku-buku pelajaran tersebut disalurkan oleh sahabat PADI Indonesia dan diserahkan langsung kepada pihak sekolah. Penyaluran kali ini berhasil terlaksana berkat bantuan informasi yang diberikan oleh Adifadli dari Timpakul, yang kemudian ditindaklanjuti oleh Aida bersama teman-teman di PADI.

bantuMULUY

Muluy. Kampung yang dihuni etnis Paser ini berada di kaki gunung Lumut. Berjarak 120 km dari ibukota Kabupaten Pasir, Kalimantan Timur. Karena jauhnya jarak menuju lokasi, perjalanan harus dilakukan dengan menyusuri jalan milik perusahaan HPH PT Telaga Mas, sejauh 60 km dari simpang desa Lembok kecamatan Longikis. Sepanjang perjalanan anda akan melihat perubahan dari kebun sawit, ladang belukar sampai dengan pada sisa perjalanan ditemani hutan lebat menandakan sudah sampainya di pemukiman Muluy.

Komunitas Muluy sendiri sangat beruntung mempunyai teman-teman dari PADI, yang aktif mendampingi mereka sejak tahun 1995.

Bantuan berupa buku-buku pelajaran ini semoga bisa memberikan semangat bagi para anak-anak. Tidak ketinggalan para gurunya yang sudah sangat berdedikasi untuk tetap setia mengajar mereka yang terletak jauh diantara hutan lebat. Dengan bantuan yang anda berikan kepada [solid], mereka paling tidak mempunyai kesempatan untuk menjadi lebiih baik lagi dari hari kemarin :) Terima kasih sahabat atas bantuan yang telah anda berikan…

Informasi lengkap seputar penyaluran ini bisa menghubungi Aida Rahmah PADI Indonesia:
Jl. Kompleks Perumahan Dokter (Belakang PUSKIB) RT.24 No.87 Kelurahan
Mekarsari, Balikpapan 76122
Telp/Fax : 0542 443284

Yoki

Hari ini bertemu dengan seorang sahabat yang baru saja balik dari ‘perantauannya’ di Belanda. Pertama kali kenal dari email karena dia kontak seputar kampanye [solid]. Tapi pastinya sahabat yang bernama Panji Basakara alias Yoki ini telah banyak bantu [solid]. Walaupun saat itu sedang merantau mencari ilmu di luar, dia tidak lupa memberikan kontribusinya membantu Indonesia. [solid] ternyata mendapat kepercayaan menjadi tempat penyaluran niat baiknya ini.

Pertama kali Yoki kontak adalah ketika dia menanyakan apakah bisa memesan gelang [solid] kemudian dikirim ke tempatnya di Belanda. Tentu saja waktu itu kita jawab bisa. Ternyata tidak hanya dia membantu [solid] dengan memesan gelang, sejumlah uang lebih yang dia sisihkanpun ikut serta dalam pembayaran gelang tersebut.

Siang tadi merupakan pertama kalinya kita bertemu setelah sekian lama hanya kontak via email. Tapi dasar orangnya baik, lagi-lagi dia memberikan kontribusi kepada [solid] dalam jumlah yang dia bisa sisihkan selama mengambil Master di Belanda. Dia mengatakan saat ini hanya bantuan ini yang bisa dilakukan. Tapi tentunya bantuan dalam bentuk dan jumlah apapun, bagi kami merupakan suatu kebahagiaan dan kehormatan bisa mendapatkannya dari sahabat seperti Yoki.

Dalam perbincangan yang seru, menarik plus sedikit banyak gombal dari kedua belah pihak :D , saya mendapat satu pesan yang jelas terpancar dari seorang anak bangsa yang merasa beruntung bisa menimba ilmu di salah satu sekolah terbaik di Eropa. Walaupun dia mempunyai kesempatan untuk bisa berkembang lebih baik di negara orang (dan mendapat gaji yang ok), dia memilih untuk kembali ke Indonesia. Dia ingin bisa melakukan sesuatu bagi bangsa ini dengan melakukannya langsung di tanah air tercinta.

Walaupun banyak yang mengatakan itu suatu keputusan yang konyol, aneh atau disayangkan, kami hanya mempunyai satu keyakinan. Jika anda melakukan suatu keputusan dengan keyakinan untuk membuat kebaikan dan kemajuan bagi bangsa ini. Tidak ada yang tidak mungkin! Selamat berjuang sahabat…

Sepeda untuk Sekolah Tahap 2

Setelah keberhasilan pada bulan Desember lalu mewujudkan program Sepeda untuk Sekolah tahap pertama. Kembali [solid] bersama Mapala UI menggelar Sepeda untuk Sekolah tahap kedua. Program ini akan dilakukan di Desa Pandowan, Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo, DIY. Target sepeda yang akan disediakan adalah 20 buah dan pelaksanaannya kita rencanakan pada tanggal 24-25 Maret 2006.

Program ini dilakukan semata untuk meringankan beban masyarakat miskin dalam menghemat biaya transportasi dan dialihkan untuk memenuhi biaya kebutuhan lainnya. Harus diakui dampak kenaikan harga BBM dan kebutuhan hidup lainnya juga mempengaruhi hidup kita sendiri. Namun disinilah terwujud suatu kepedulian yang amat mendalam bagi mereka yang masih mau membantu ditengah berbagai cobaan. Keberhasilan program tahap pertama telah menjadi buktinya.

Semua dana yang masuk untuk progam tersebut adalah hasil kepedulian dari orang seperti anda, yang masih mau memberikan kontribusinya untuk membantu anak-anak ini, untuk paling tidak bisa meneruskan sekolahnya tanpa membebani nasib orang tuanya yang sudah susah. Anda yang telah membantu dengan menyebarkan informasi ini atau memberikan donasi melalui rekening [solid], telah memberikan harapan bagi anak-anak yang dibantu untuk bisa meneruskan pendidikannya.

Dengan adanya program tahap kedua ini kami mencoba mengajak anda untuk kembali membantu para orang tua yang masih ingin anaknya meneruskan pendidikan. Mari bersama-sama meringankan beban mereka. Target dana yang kita butuhkan untuk mewujudkan program ini sekitar 13 juta rupiah. Kami yakin dengan kebersamaan yang selama ini telah dibuktikan bersama, seorang anak lagi bisa kita bantu :)

Bantuan yang bisa anda berikan:
Memberikan donasi melalui rekening a/n Yayasan Tunas Cendekia
Bank Mandiri 119 000 432 1111
Menyebarkan informasi ini kepeda mereka yang mempunyai kepedulian sama dengan anda.
Dan tentunya memberikan bantuan doa untuk keberhasilan program tahap kedua ini :D

Informasi seputar bantuan yang dibutuhkan bisa dilihat di Perkiraan Biaya

Informasi lebih lanjut bisa kontak info@tunascendekia.org atau 0813 1939 2773.

Kemitraan

Beberapa hari ini bertemu dengan berbagai sahabat dari berbagai macam latar belakang. Tapi bagai Pancasila, walaupun berbeda tetap tujuannya sama :) Ingin ikut membantu anak-anak Indonesia melalui [solid].

Jika anda termasuk salah satu fans berat dari Liverpool FC, jangan sampai ketinggalan acara yang satu ini. Andhika yang merupakan salah satu pengurus dari Big Reds Indonesia mengajak [solid] untuk memeriahkan acara gathering yang rencananya bulan April nanti diadakan di Jakarta. Tidak tanggung-tanggung. Menurut rencana acara ini akan diadakan bulan April nanti dan mengundang sejumlah perwakilan penggemar Liverpool dari seluruh Asia Pasifik. Dan sebagai salah satu bentuk kepeduliannya terhadap anak-anak Indonesia, dalam acara tersebut akan ada pengumpulan dana sosial yang akan disalurkan melalui [solid]! Tunggu informasi lengkapnya.

Bagi yang sudah pernah ikut membantu dan mensukseskan program Sepeda untuk Sekolah I, kembali Yusuf dan teman-teman dari Mapala UI akan menggandeng [solid] untuk menjalankan program yang sama tahap kedua. Program perdana untuk Sepeda untuk Sekolah terbukti mendapat banyak bantuan dan yang terpenting, dapat terlaksana dengan sangat baik. Mereka kembali sedang menyusun rencana persiapan dan lokasi penyaluran. Semuanya sudah 80%, tinggal pemantapan akhir. Kami tentunya ingin mengajak anda kembali untuk bisa turut serta menyumbang dan mensukseskan program ini.

Rencana kemitraan selanjutnya datang dari para sahabat di ITB. Tadi siang baru saja bertemu dengan Didit yang merupakan bagian humas dari unit Apresiasi Musik ITB. Mereka akan mengadakan Ganesha Music Event: Selasar Apresiasi. Mereka mengajak [solid] untuk menjadi mitra penyaluran dari kegiatan pengumpulan dana sosial yang akan mereka lakukan juga selama satu hari acara berlangsung. Jika tidak ada kendala acara ini akan diadakan pada akhir Maret nanti.

Sekali lagi tentunya terima kasih bagi para sahabat yang terus mempercayakan [solid] sebagai tempat penyaluran kegiatan sosial yang dilakukan bersama para komunitasnya. Kami sangat terbuka bagi siapa saja yang ingin sama-sama bantu anak-anak Indonesia. Bagi anda yang ingin membantu lebih lanjut, silahkan hubungi kami atau para sahabat diatas. Siapa tahu ada kemitraan yang bisa anda lakukan bersama kami. Tentunya bersama membantu anak Indonesia.

Peter Pan

Jika anda melewati jalan senopati raya (Jakarta), tepatnya dari Apotek Senopati menuju Blok S. Pasti melintas bundaran yang sebelah kirinya ada pompa bensin. Seminggu ini telah terpasang billboard besar baru dari XL yang menampilkan kelompok musik Peter Pan.

billboardPP

Coba perhatikan baik-baik, kecuali yang sedang menyetir ya, lebih tepatnya perhatikan foto Ariel sang vokalis (bagi yang tidak tahu siapa Ariel, foto dia yang paling besar diantara yang lain). Di tangannya melingkar gelang merah! Nah, apa benar itu gelang [solid]? Dari sumber yang dapat dipercaya bisa dikatakan 99,9% gelang yang dipakai saat pemotretan iklan tersebut adalah gelang yang juga melambangkan kepedulian terhadap anak Indonesia alias gelang [solid].

Lalu kenapa tiba-tiba Ariel ini bisa tahu atau mendapatkan gelang [solid]? Sumber yang dipercaya sekaligus yang membujuk Peter Pan untuk ikut peduli ini tidak lain tidak bukan adalah dikDOANK! Peter Pan waktu itu sempat diundang dik untuk main bola di tempatnya di lapangan Kandank Jurank Doank. Disinilah dik menjelaskan seputar kampanye [solid] yang sedang berjalan melalui gelang merah.

Tapi kalau masih ada yang ragu seputar hal ini, boleh juga minta klarifikasi langsung ke meraka. Bisa dipastikan sendiri apakah waktu sesi pemotertan iklan tersebut gelang yang dipakai adalah gelang [solid]. Kalau ternyata benar. Mudah-mudahan bisa menjadi inspirasi bagi yang lain untuk bisa lebih peduli lagi dan ikut bergabung dalam kekuatan [solid] :)

Terima kasih juga untuk Mira dan keluarga, yang hari ini sudah mendonasikan beberapa barang untuk program [solid].

Ingin bantu anak-anak Indonesia? hubungi kami di info@tunascendekia.org atau hotline 08161833443 Dukungan anda sangat berarti!

72.360!

gelang yang terjual sampai 12 Oktober'17
mari beli dan bergabung
terima kasih!
Dari 100 orang miskin Indonesia, 73 tidak mendapatkan akses sanitasi yang layak!
Saatnya jalin solidaritasKEBERSAMAAN diantara kita...

jejaring sosial

Kunjungi Facebook Fan Page Yayasan Tunas Cendekia facebook.com/bantuAnakIndonesia