SDN 006 Long Alango, Kalimantan Timur



Akhirnya laporan foto penyaluran bantuan pendidikan ke SDN 006 Long Alango telah sampai ke kami. Mohon maaf kalau tidak bisa dibarengi ketika bantuan tersebut sampai pada bulan Maret yang lalu. Sebagai mitra penyaluran bantuan ini, Arif Data dari WWF mengatakan medan menuju lokasi memang membutuhkan waktu tempuh yang tidak singkat. Kami sendiri sudah sangat bersyukur melihat bantuan sudah bisa langsung dipergunakan para murid disana.

Sekali lagi [solid] mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan anda sebagai sahabat solidaritas, yang sudah memberikan kontribusi setiap bulannya. Salah satu hasil dari bantuan anda ini tentunya bisa tersalurkan dan menghasilkan 360 buku pelajaran bagi murid yang bersekolah di SDN 006 Long Alango.

Jadi walaupun dengan kondisi yang tidak begitu mendukung, anak-anak (dan gurunya tentunya) amat sangat menghargai perhatian yang telah diberikan kepada mereka yang berada jauh di kawasan Taman Nasional Kayan Mentarang.

Informasi seputar penyaluran ini dapat anda hubungi:
Arif Data Kusuma
Awareness & Education Coordinator
WWF Indonesia, Taman Nasional Kayan Mentarang
Jl. Gunung Belah no 188, Tarakan Kalimantan Timur 77114
Tel: 0551-21723 Fax: 0551-21507

Perpus Cikal & Pemutaran Film TYGNM

Siang tadi akhirnya berkesempatan datang ke Cikal untuk bertemu dengan Sekar. Kebetulan sekali atas kebaikan sang suami, Tedi, yang bantu kita di Bogor pada program Warnai Sekolah, kembali [solid] mendapat bantuannya lagi :) Kali ini sebagai fotografer, Tedi tentu saja membantu untuk mempersiapkan sebuah program di bulan May bersama Kollekan. Info lengkapnya jangan sampai tidak pantau di situs ini.

Kembali ke Sekar. Ibu tiga anak ini bukan main baiknya dalam membantu [solid]. Sebagai bos dari perpustakaan Cikal dia berinisiatif untuk bisa mendukung dengan menjual gelang [solid] di tempatnya. Jadi kalau kebetulan anak atau keponakan anda ada yang di Cikal, jangan lupa untuk mengajak anak belajar berkontribusi dengan membeli gelang di perpustakaan.

Kabar terbaru dari film dokumenternya Ivan, Thank You and Good Night Mother. Pada tanggal 28 April nanti giliran QB Kemang akan menjadi tempat pemutaran film yang dilakukan pada jam tujuh malam. Sampai ketemu!

Kampanye di Depok

Sampai dengan tanggal 28 April nanti bertempat di Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Depok, [solid] bersama Mapala UI membuka stan untuk pengumpulan dana program Sepeda untuk Sekolah. Kami bisa melakukan hal ini berkat dukungan dan bantuan dari para sahabat LKHT FHUI yang sedang mengadakan pekan hari Hak Kekayaan Intelektual. Terima kasih Brian dan teman-teman lain atas dukungannya :)

Selama seminggu ini anda bisa mengikuti berbagai macam acara dari diskusi, pemutaran film, talk show dan tentunya bazaar :D Tapi jangan lupa untuk mampir ke stan kami untuk sedikit memberikan bantuan. Anda bisa membantu dengan membeli gelang merah [solid] atau CD original soundtrack film dokumenter Thank You and Good Night Mother.

Sekaligus memberitahu bagi anda yang kehabisan stok CD minggu lalu, sekarang kami sudah mendapat stok baru. Silahkan anda pesan melalui kami dengan membaca caranya disini. Sebagian dari hasil penjualan CD akan disalurkan kepada program [solid].

Foto Pelaksanaan Program Warnai Sekolah



Silahkan klik foto berikut untuk melihat foto-foto seputar program Warnai Sekolah yang telah selesai dilakukan. Paling tidak akan memberikan sedikit banyak gambaran mengenai proses yang telah dilakukan selama dua hari. Semua foto pada bagian ini diambil oleh Tedi K Wardhana. Jika anda memerlukan informasi lebih banyak seputar program ini silahkan kontak kami via info@tunascendekia.org

Anda juga bisa melihat video singkat dari kegiatan tersebut:

Kampanye dengan Sepeda

Jika Jumat sore tadi anda melihat sekelompok orang yang mengayuh sepeda sambil membagikan brosur, inilah para pendukung program Sepeda untuk Sekolah yang sedang melakukan kampanyenya disepanjang jalan protokol Jakarta.

persiapanSUS3

Kegiatan ini merupakan inisiatif dari para sahabat Mapala UI dengan tujuan sosialisasi program kepada para pengendara yang sedang bermacet ria di ibu kota tercinta terhadap program sosial yang akan diadakan di Yogyakarta 2 Mei nanti. Sejak pukul empat sore para sahabat dari berbagai kalangan sudah terlihat bersiap dengan sepedanya masing-masing. Disamping para mahasiswa Mapala UI, terlihat juga beberapa anggota dari komunitas Bike to Work dan sukarelawan lainnya yang khusus datang untuk membantu.

Sosialisasi yang dilakukan melalui sepeda ini diharapkan bisa memberikan pendekatan lain bagi masyarakat yang kebetulan berjumpa di jalan. Kepedulian dan kebersamaan yang dilakukan sesama pengguna jalan semoga bisa membawa manfaat bagi anak-anak yang dibantu nantinya lewat program Sepeda untuk Sekolah. Program ini akan membantu para murid SMP di lima Daerah Tingkat II di Propinsi DIY. Bantuan yang diberikan nantinya dalam wujud sepeda untuk meringankan biaya trasnportasi ke sekolah.

Pemberian bantuan sepeda ini merupakan kegiatan kemitraan ketiga dari [solid] bersama Mapala UI. Semoga pada saat penyalurannya nanti bisa berjalan dengan lancara. Tentunya laporan lengkap akan kami tampilkan di situs ini.

Tidak lupa tentunya hari ini kita semua patut bersyukur dan semangat memperingatkan Hari Kartini. Semoga semakin banyak Kartini-Kartini kecil yang bisa kita bantu…

Tembok Bomber Peduli (Selesai)

Jika anda menyangka grafiti selalu indentik dengan orang-orang yang pilox dinding tembok di jalanan maupun perumahan yang katanya tidak gunanya. Jangan salah. Sekelompok orang yang menjadi bagian dari komunitas Tembok Bomber berhasil menunjukan sisi lain dari kehidupan sekelompok seniman jalanan.

Dengan mengucapkan syukur, akhirnya pada hari kedua sekitar pukul lima sore waktu setempat. Diwarnai oleh hujan yang turun antara deras dan tidak, selesai sudah pengerjaan program Warnai Sekolah. Walaupun kru pengerjaan hari ini berkurang satu karena Rima tekena demam (cepat sembuh ya ma), ternyata semangat kepedulian yang diperlihatkan tiga prajurit tersisa masih bisa menyelesaikan dengan amat sangat baik. Sekali lagi mari kita berikan tepuk tangan salut bagi mereka =D> =D> =D>

Sebelum:

Foto: Yudhis

Sesudah:
tembok1 tembok2 tembok3
Foto: Yudhis

Program:
Program Warnai Sekolah. Memperindah satu bangunan/ruangan TK dengan design yang sesuai, menggunakan media cat dan pilox. Diharapkan walapun keadaan dan kondisi ekonomi yang tidak menguntungkan, dengan adanya ruang kelas yang meriah bisa membuat anak-anak tidak pernah bosan untuk datang ke sekolah.

Lokasi:
TK Rahayu Terpadu Satu Atap SDN Pasir Tengah 01. Desa Sukaharja, Kecamatan Cijeruk, Bogor. Satu Atap disini berarti masih dalam satu kepengurusan dengan SD-nya. Sekitar satu jam keatas dari kota Bogor.

Profil Sekolah:
Sekolah ini menjadi satu-satunya TK di daerah tersebut. Uang sekolah setiap bulannya yang ditarik dari masing-masing orang tua sebesar Rp. 5.000,- (lima ribu rupiah). Sebagian besar murid SD-nya harus berjalan kaki selama satu jam untuk mencapai lokasi. Mata pekerjaaan dari orang tuanya kalau tidak buruh menjadi pedagang.

Sahabat Solidaritas:
Para kru yang mempersiapkan konsep dan mengerjakan design;
Aram Kaleva (Aram), Kicky Octaviano (Kicky) dan Wibisana Sudrajat (Wibi) dari komunitas Tembok Bomber yang mengerjakan dalam ruangan, dan ada Rima Mariana Oentoe (Rima) yang mengerjakan bagian luar depan bangunan.
Dokumentasi oleh Tedi K. Wardhana.

Persiapan/Pelaksanaan:
Persiapan konsep dilakukan satu hari. Konsep design dilakukan berdasarkan koridor yang disarankan dalam mendesign satu ruangan untuk anak-anak TK. Dimana warna dan unsur gambar yang ditampilkan harus sesuai. Empat bagian tembok yang didesign dibedakan dalam tembok untuk pengenalan abjad, pengenalan angka, peletakan karya murid dan satu bagian lagi untuk membangkitkan kreativitas para murid. Pelaksanaan program dilakukan selama dua hari oleh empat sahabat solidaritas.

Perincian Modal/Biaya:
Hanya bermodalkan kepedulian, kepercayaan dan ketulusan membantu dari setiap sahabat solidaritas yang terlibat.

Ingin bantu anak-anak Indonesia? hubungi kami di info@tunascendekia.org atau hotline 08161833443 Dukungan anda sangat berarti!

72.360!

gelang yang terjual sampai 12 Oktober'17
mari beli dan bergabung
terima kasih!
Dari setiap 100 orang miskin Indonesia, 50 tinggal di daerah yang tidak terdapat SMP!
Saatnya jalin solidaritasKEBERSAMAAN diantara kita...

jejaring sosial

Kunjungi Facebook Fan Page Yayasan Tunas Cendekia facebook.com/bantuAnakIndonesia