MTs Sururon, Garut

Saya mau mengenalkan anda kepada satu komunitas yang mempunyai satu kebersamaan dalam kepedulian dan komitmen. Kepedulian terhadap nasib anak-anak petani di desanya. Serta komitmen dari para guru, murid maupun masyarakatnya dalam menciptakan masa depan yang lebih baik lagi bagi desa mereka…

Pemandangan Desa Sarimukti Ruang Kelas Sekolah

Bertempat di desa yang bernama Sarimukti. Tepatnya sekitar 25 KM arah menanjak dari kota Garut, melewati areal pertanian dan perkebunan di punggung Gunung Papandayan. Beroperasilah sebuah sekolah alternatif yang bertujuan melayani para masyarakat sekitar. MTs (Madrasah Tsanawiyah) Sururon merupakan satu-satunya sekolah setingkat SMP yang berada di radius 6 KM dari desa tersebut. Sekolah ini berhasil terwujud berkat kerja keras dari para orang yang ingin agar anak-anak para petani bisa melanjutkan sekolahnya ke jenjang yang lebih tinggi.

Bantuan untuk MTs Sururon Siti

Kemitraan [solid] dengan mereka ini berawal dari beberapa kali pertemuan saya dengan Boy Fidro di Jakarta. Akhirnya melalui Boy inilah menjadi kontak kami untuk mengetahui apa yang menjadi kendala atau kebutuhan dari teman-teman yang ada di MTs Sururon. Kemarin dengan menempuh perjalanan selama kurang lebih 4,5 jam dari Jakarta. [solid] memberikan penyaluran bantuan berupa 3 buah perangkat komputer lengkap dan tujuh kardus berisikan buku-buku bacaan dan pelajaran.

Dengan didukung oleh 4 ruang kelas dan dua ruang untuk asrama putra/putrinya, sekolah ini beroperasi menampung sekitar 150 murid. Walaupun terletak nun jauh diatas jangan salah, pada hasil Ujuan Nasional kemarin salah satu muridnya berhasil meraih nilai tertinggi untuk Matematika se-Jawa Barat! Hasil ini merupakan buah jerih payah dari para guru-gurunya yang semuanya meluangkan waktu tanpa pamrih untuk mengajar di sekolah. Kedekatan dan cara belajar mengajar yang diterapkan oleh mereka inilah yang membuat para murid merasa senang terperhatikan dan selalu memberikan yang terbaik bagi guru mereka, yang sudah berkorban sedemikian jauh untuk datang mengajar.

Sekedar gambaran singkat. rata-rata dari anak-anak yang menjadi murid adalah mereka yang orang tuanya bekerja sebagai buruh di lahan perkebunan maupun pertanian. Penghasilan orang tua tersebut untuk yang pria enam ribu per harinya, sedangkan wanita lima ribu per harinya. Di desa Sarimukti sendiri hanya ada satu sekolah yaitu SD Negeri. Tidak heran selepas lulus dari SD banyak para anak-anak yang tidak mampu melanjutkan ke SMP karena orang tuanya tidak mampu membayar ongkos untuk bisa sekolah di tempat yang jauh dari desa mereka.

Boy Fidro bersama para relawan dan masyarakat setempat dibantu oleh Serikat Petani Pasundan membuat formula sekolah petani ini untuk menyelamatkan generasi masa depan dari desa Sarimukti. MTs terbuka bagi siapa saja yang ingin melanjutkan sekolahnya tanpa ada pungutan biaya. Bahkan sebagian kecil dari para lulusan sekolah ini kembali mengabdi untuk membantu menjadi pengajar bagi adik-adiknya.

Kehadiran sekolah ini terbukti juga mempererat rasa kebersamaan dari masyarakatnya. ketika kami datang terlihat para warga sedang kerja bakti membangun panggung untuk acara syukuran kelulusan anak-anaknya. Memang semenjak hadirnya sekolah ini banyak para orang tua yang bersyukur dan sebagai wujud terima kasihnya mereka selalu menawarkan tenaga dan pohon sebagai bahan bangunan sekolah. Luar biasa :)

Langkah selanjutnya dari [solid] adalah mengumpulan buku-buku bacaan dan CD interaktif yang mengajarkan berbagai keterampilan dan pengetahuan umum. Jika anda kebetulan punya CD interaktif atau punya kontak perusahaan yang bisa memberikan bantuan CD seperti ini, mohon kabari kami.

Mereka hanya sekelompok orang biasa yang melakukan sesuatu bagi lingkungannya. Sesuatu yang menjadi luar biasa ini patut dibantu dan dukung bersama. Maukah anda membantu mereka bersama kami?

KADIN & Nolobangsan

Bertempat di Menara KADIN Indonesia lantai 29, bertemu dengan (Erik) Ariful Y. Hidayat, Vice Chairman Permanent Commitee on Economic Coorperation For East Asia, India, Australia and New Zealand. Melalui Erik [solid] mendapat kabar gembira sehari sebelumnya, dimana Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) akan memberikan bantuan terhadap program sosial dari [solid]. Tepatnya jam dua siang tadi diterima oleh Erik dan penyerahan bantuan sebesar 10 juta rupiah tersebut disaksikan langsung oleh Executive Director dari KADIN, Hariadi Saptadji.

kadin

Terima kasih sekali lagi atas kepercayaan yang diberikan. Semoga kemitraan ini akan bisa terus berlangsung agar semakin banyak anak-anak Indonesia yang bisa terbantu. Hasil penyaluran dari donasi ini akan segera dimuat laporannya melalui situs ini.

Sementara melalui email, tim [solid] di Yogyakarta yang dikoordinasi oleh Thomas melaporkan penyaluran bantuan lanjutan. Kali ini bantuan disalurkan dalam bentuk dua buah tenda untuk SDN Nolobangsan yang berlokasi di Sleman. Bantuan ini diterima langsung oleh Muhammad Fadly.

nolobangsan

Lokasi SDN. Nolobangsan di Kompleks POLRI Gowok-Caturtunggal Kec. Depok – Kab. Sleman D.I.Yogyakarta 55281. No kontak Muh. Fadly +6285228438965.

Sekolah Petani

“Sekolah ini dibangun di atas komunitas dan lulusannya akan kembali bekerja untuk memenuhi kebutuhan komunitas. Kami tidak ingin menjadi sekolah yang hanya mengajarkan ILMU untuk pergi (jadi buruh atau pembantu rumah tangga di kota).”

Kalimat diatas merupakan suara dari Boy Fidro, salah satu orang yang merintis kebangkitan semangat pendidikan dari sebuah sekolah petani. Bahu membahu bersama para relawan guru berusaha membangkitkan gairah sekolah para anak petani di Desa Sarimukti, 18 KM dari Garut.
Sekitar dua bulan yang lalu pernah berkempatan bertemu dengan Boy ketika sedang ada di Jakarta. Malam tadi untuk kedua kalinya kita bertemu dan kali ini sekaligus membuat janji untuk datang ke lokasi sekolah pada hari Kamis nanti. Jika tidak ada hambatan, hari itu juga akan membawa sejumlah komputer untuk mendukung proses kegiatan belajar mengajar.

Siang tadi tentu menyempatkan untuk mampir ke Mal Depok, bertepatan dengan hari pertama program Buku untuk Sahabat dari Sinar Dunia. Bertempat di lantai 3 anda bisa mengajak anak-keponakan untuk ikut lomba gambar sekaligus beramal alias membeli buku-buku tulis Sidu yang sebagian bisa anda sumbangkan. Program ini terus berlangsung setiap hari sampai tanggal 2 hari Minggu nanti. [solid] pada program ini bertindak sebagai mitra penyalur dari buku-buku tulis yang anda sumbangkan. Oh ya akhirnya selagi di Depok, mampir ke tempat Boncos di Warnet Kayanye. Salah satu mitra penjual gelang [solid]. Terima kasih atas obrolan dan jamuannya :D

siduPEDULI

Dan berikut merupakan satu dua foto dari Devi, Colleen dan Debbie, plus Irna. Minggu kemarin mereka sukses mengadakan bazaar di taman Rajasa, Senopati. Tentunya ini merupakan acara Jajan bersama Maja. Seru acara dan tempatnya. Sangat nyaman sekali untuk keluarga. Oh ya Maja ini merupakan sebuah free magazine yang memuat segala hal seputar perempuan. Kalau nanti lihat dan memutuskan berlangganan maka anda juga sudah termasuk membantu program sosial dari [solid]. Setiap uang langganan sudah termasuk donasi untuk anak-anak Indonesia.

bazaar2 bazaar1

Jajan Bareng Maja

Jangan lupa dua hari lagi alias Minggu besok akan ada Jajan Bareng Maja Magazine! Satu acara bazaar yang seru, bertempat di Taman Rajasa 2, Senopati, Jakarta. Dari jam 10 pagi sampai 5 sore anda bisa melihat stan-stan yang seru mulai dari totok wajah, nail art, butik, asesoris, tas, sepatu, Caswell’s Moms Coffee dan masih banyak lagi. Lapar? tidak ada masalah ada jajanan mulai dari kerak telor, kue rangi, ketoprak, baso, sate, pokoknya lengkap. Bawa anak-anak anda karena tersedia juga mini playground :D

[solid] tentunya juga akan ikut turut serta disana. Jadi jangan lupa untuk bantu anak-anak Indonesia dengan membeli gelang merah [solid] dan cari tahu informasi lebih lanjut melalui flyers Yayasan Tunas Cendekia.

Oh ya tidak lupa ingin mengucapkan terima kasih untuk Ninus. Bersama keluarga dan teman-temannya dia sudah banyak membantu mensosialisasikan [solid]. Bahkan selain menjual gelang merah melalui sekolahnya, Ninus juga membuat acara sendiri di studio papanya di Fretless Studio untuk mengumpulkan donasi bagi Yogya yang disalurkan melalui [solid]. Salut!

Book Box

Wah ini namanya ketiban rezeki. Beberapa waktu yang lalu dapat sms dari Okke. Dia kasih kabar kalau hasil pengumpulan buku dari program Book Box yang dikerjakan bersama sahabatnya akan disalurkan ke [solid].

Karena lokasi buku-bukunya ada di Bandung, maka sebagai salah satu pengurus yang sekarang lagi di Jakarta, terpilihlah Ninit sebagai pengantar buku-buku tersebut ke tempat [solid]. Apalagi tempat kita berdua ternyata hanya beda satu dua RT. Kemarin sore akhirnya bisa ketemuan untuk ketemu sekaligus serah terima bantuan. Setelah semua dihitung bantuan buku yang disalurkan berjumlah 321 buku.

ninit

Sebagai bukti telah adanya serah terima, kita foto Ninit, yang kebetulan juga sedang berulang tahun kemarin! Jadi bagi para sahabat yang sudah berbaik hati membantu program Book Box, untuk laporan tempat penyalurannya akan segera kami beritakan secepatnya.

Sekali lagi terima kasih Okke atas kepercayaannya (kita masih utang yogurt ya). Terima kasih Ninit atas bantuannya. Semoga kebersamaan ini akan membawa manfaat bagi mereka yang terbantu :)

Buku untuk Sahabat

Siang tadi bertempat di kantornya Idealinks, kami bertemu dengan Christin dan tim guna mematangkan rencana kemitraan dalam program Buku untuk Sahabat. Ada apa dengan acara yang satu ini?

Tepat tanggal 26 Juni nanti sampai dengan 2 Juli, perusahaan yang terkenal dengan buku tulisnya, Sinar Dunia (SIDU), akan mengadakan acara lomba gambar dengan tema Buku untuk Sahabat. Bertempat di Mal Depok, setiap harinya anda bisa mengajak anak atau keponakan untuk mengikuti lomba. Karena pada akhir minggunya akan dipilih tiga pemenang yang akan mendapatkan hadiah tabungan sebesar 1,5 juta untuk juara pertama, 1,25 juta untuk pemenang kedua dan 1 juta untuk pemenang ketiga!

Keterlibatan [solid] pada program ini ada pada pengumpulan buku tulis yang nantinya akan disalurkan melalui program kami. Menjelang tahun ajaran baru pastinya anda mempersiapkan keperluan sekolah anak dengan membeli buku-buku tulis yang bisa dibeli di stan SIDU. Nah sebagai bentuk kontribusi dalam membantu program [solid], pastikan anda sisihkan satu, dua atau sejumlah buku tulis yang anda beli tadi. Masukan buku tulis yang ingin disumbangkan ke dalam boks khusus penampungan buku tulis bantuan anda. Jadi buku yang dibeli juga sudah termasuk buku untuk sahabat anak kita yang membutuhkan.

Tidak hanya beli buku saja, anda juga bisa membeli gelang merah [solid] selama acara berlangsung. Kesempatan baik untuk mengajarkan anak kita untuk membagi dan membantu sesama teman-temannya yang membutuhkan. Tunjukkan kalau anda sekeluarga peduli :)

Informasi lebih lengkap bisa hubungi Dado (021) 79194569

Ingin bantu anak-anak Indonesia? hubungi kami di info@tunascendekia.org atau hotline 08161833443 Dukungan anda sangat berarti!

72.360!

gelang yang terjual sampai 12 Oktober'17
mari beli dan bergabung
terima kasih!
Solidaritas Kebersamaan - Semakin banyak yang peduli. Semakin banyak yang terbantu

jejaring sosial

Kunjungi Facebook Fan Page Yayasan Tunas Cendekia facebook.com/bantuAnakIndonesia