Gong Xi Fa Cai

Selamat tahun baru tahun baru Imlek 2557. Semoga di tahun anjing ini rejeki semakin bertambah, sehingga kita bisa berbagi berkah bagi mereka yang masih membutuhkan bantuan…

SD Cirampo. Desa Padabeunghar

Ketika anda mendengar seorang anak SD memberikan pidato terima kasih dalam bahasa Inggris, di atas panggung, di sebuah desa yang berada di atas pegunungan kapur, di sebuah tempat yang harus dicapai dengan menanjak jalan berbatu sepanjang 4 km, di sebuah sekolah yang hanya mempunyai lima guru yang berdedikasi dan di saksikan oleh para orang tuanya yang rata-rata berprofesi sebagai pembuat tusuk sate. Yakinlah sahabat, bangsa ini masih mempunyai harapan yang sangat besar untuk menjadi bangsa yang lebih baik dan kuat.

gedungBARU

Bangunan yang terdiri dari tiga ruang kelas di SD Cirampo telah berdiri. Bangunan hasil bantuan dari anda. Bangunan hasil kerja keras dari masyarakat setempat yang secara swasembada membangun ruang kelas untuk anak mereka. Bangunan yang akan menjadi tempat bagi para calon pemimpin bangsa ini telah terwujud sahabat!

Mudah-mudahan ini bisa menjadi satu pemicu bagi kita semua. Keberhasilan pembangunan sekolah ini merupakan satu wujud kongkrit dari sebuah kepedulian yang dibangun atas sebuah kepercayaan. Kepercayaan dari orang-orang seperti anda. Yang telah percaya akan semangat [solid]. Percaya dengan membeli gelang [solid]. Percaya dengan memberikan donasi. Percaya dengan menyumbang meja kursi sekolah. Sampai dengan anda yang menginformasikan program ini ketika kami membutuhkan bantuan. Terima kasih ketika anda telah membantu, ketika kami meminta anda membantu dengan apa yang bisa anda lakukan. Walaupun saat itu anda hanya bisa membantu dengan doa, percayalah sahabat, doa itu akhirnya bisa terkabul oleh yang kuasa.

Sebuah kepedulian dan bantuan kecil seperti uang Rp.10.000,- ternyata telah menjadi satu hal dahsyat ketika terkumpul dari beribu orang yang mempunyai kepedulian yang sama. Siapa yang mengira ketika Rp. 50.000,- uang yang kita sisihkan setiap bulannya bisa mewujudkan hal-hal yang luar biasa bergunanya!

Sebagai salah satu saksi hidup dari satu proses keajaiabn kecil ini. Mulai dari awal pembangunan, tahap penyelesaian bangunan, sampai dengan peresmian bangunan sekolah yang dilakukan Sabtu lalu. Saya mengucapkan terima kasih sahabat. Terima kasih sudah percaya dan membantu [solid]. andai saya bisa melukiskan rasa terima kasih yang ditunjukkan oleh para anak, guru dan orang tua murid! Anda harus melihat sendiri betapa bahagianya mereka, betapa bersyukurnya mereka. Mereka katakan sendiri kepada saya bahwa Tuhan telah memperlihatkan kepada mereka bahwa masih banyak orang-orang diluar sana yang ternyata masih peduli dengan sesamanya. Peduli dengan anak-anak yang membutuhkan , yang seakan merupakan anaknya sendiri. semoga amal ibadah kita semua akan mendapat balasan yang setimpal oleh yang kuasa.

kebahagiaanCIRAMPO

Dari sebuah sekolah yang terletak diatas pegunungan kapur. Sebuah keajaiban telah terjadi. Sebuah kekuatan baru telah terbentuk. Sebuah generasi telah kita selamatkan. Sebuah bangsa telah diberikan harapan yang baru…jangan pernah berhenti sahabat untuk selalu peduli.

Lokasi SD Cirampo di Desa Padabeunghar. Kecamatan Jampang Tengah. Kabupaten Sukabumi.
Foto oleh Latif Yunianto.

Sekolah Lentera Kasih Peduli

Bahagia sekali ketika siang tadi melihat meja kursi yang satu per satu diangkut ke atas truk. Bantuan yang diberikan oleh Sekolah Lentera Kasih merupakan jawaban bagi doa kami untuk bisa membantu secara maksimal SD Cirampo di Sukabumi. Dan semua itu sekali berkat bantuan dari beberapa individu yang secara tidak sadar membentuk satu kebersamaan untuk membantu [solid].

Sekitar pukul 11 hari ini, kami datang ke Sekolah Lentera Kasih di daerah Sunter. Setelah kontak beberapa kali via email dan datang Rabu minggu lalu bertemu dengan Lelyana Lee, sangat bersyukur akhirnya bantuan yang disiapkan oleh pihak sekolah dapat disalurkan ke [solid]. Dari pihak sekolah memang sedang dalam rencana pindah bangunan, sehingga beberapa perabot sekolah diputuskan untuk disumbangkan kepada mereka yang membutuhkan. Dan seperti yang dikatakan diawal tadi, kebetulan kami sedang dalam proses penyelesaian renovasi tiga ruang kelas di SD Cirampo. Sangat pas sekali bantuan ini bisa hadir mengisi ruang kelas mereka yang baru.

Jangan salah, meja dan kursi yang disumbangkan ini masih sangat bagus seperti layaknya sekolah swasta. Bagi yang pernah sekolah di negeri pasti tahu tipe meja belajar yang ada itu rata-rata tinggi dan satu meja panjang diperuntukan untuk dua anak. Jadi ada satu meja dengan dua kursi. Tapi kalau yang disumbang ini, satu meja, satu kursi. Sesuai dengan ukuran badan :D

Ely & Lee

Kepada Ely Barerra sebagai Kepala Sekolah dan Lee (kanan pada foto) kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan dan bantuan yang telah diberikan. Besok subuh kami akan segera mengantar bantuan ini langsung ke Sukabumi. Sekaligus besok juga merupakan peresmian dari tiga ruang kelas yang kita renovasi, tentunya berkat dukungan dari anda. Betul sekali, anda yang sedang membaca tulisan ini, yang sudah beli gelang merah atau memasang banner [solid] di blog atau menyebarkan informasi seputar kami atau yang melakukan hal-hal yang tidak kita ketahui. Yang ujung-ujungnya ternyata bisa membantu anak-anak Indonesia. Sekecil apapun yang anda lakukan untuk membantu. Hasilnya amat sangat bermanfaat teman!

Total bantuan yang diberikan oleh Sekolah Lentera Kasih adalah:
44 buah bangku kayu kecil
50 buah meja belajar kecil dan sedang
120 buku pelajaran

Informasi lebih lanjut mengenai bantuan ini bisa hubungi:
Lelyana Lee
Sekolah Lentera Kasih
Jl. Danau Asri Timur Blok C3 No.3
Tel: 021 65301621

Sampai di Masohi, Maluku Tengah

Bantuan yang kami salurkan untuk anak-anak suku Naulu di desa Sepa, Maluku Tengah sudah mulai disalurkan. Penentuan lokasi bantuan ini berasal dari permohonan Rosdiani Rachim yang menjelaskan ada satu desa yang penduduknya adalah “mantan” suku terasing, Naulu, dan sekarang menetap di pinggiran jalan desa Sepa. Berdasarkan pengamatannya langsung kondisi dari anak dan sekolahnya masih banyak membutuhkan bantuan.

anakNAULU nauluMALUKU

Dengan dukungan rekan-rekannya dari lembaga Pusat Pengembangan Insan Maluku (PPIM), akhirnya kami memutuskan untuk menyisihkan beberapa bantuan seragam yang bisa dikirim dan disalurkan ke anak-anak suku Naulu. Kabar terakhir yang kami terima kemarin dari Ranna PPIM, mereka telah mulai menyalurkan bantuan tersebut. Laporan dan foto lengkapnya masih kami tunggu setelah mereka selesai menyalurkan seluruh bantuan.

Informasi seputar bantuan ke suku Naulu ini bisa anda dapatkan melalui:
Rosdiani Rachim 081355277900, 0411 420850 atau 021 78835556
Ranna 0914 22476

Orang Naulu merupakan salah satu suku bangsa yang mendiami Pulau Seram. Mereka bermukim di wilayah Dusun Rouhua Desa Sepa, Kecamatan Amahai, Kabupaten Masohi, Maluku Tengah, yang termasuk dalam daerah Wallacea.

Paku Kecil

Kemarin akhirnya berhasil bertemu dengan Nike, yang beberapa hari lalu kontak kami seputar bantuan yang ingin dia lakukan. Dia mendengar [solid] ketika kami siaran mengenai program Buku Peduli di Cosmopolitan FM. Kantornya sendiri ada di Thamrin, tapi karena kemarin adalah hari dimana dia juga ada jadwal mengunjungi pabrik di Merak maka tempat yang tepat untuk melihat kegiatan yang didukung [solid] adalah Rumah Dunia di Serang.

Kami sangat senang dan sangat menghargai anda yang sudah mau meluangkan waktu untuk sekedar email, telepon atau bahkan sampai bertemu untuk berbagi informasi seputar bantuan yang ingin mereka berikan. Kami sadar kepercayaan yang telah anda berikan merupakan suatu kehormatan yang harus kami jaga agar terus terjalin kebersamaan baru ini.

Terus terang kepedulian dan bantuan dari mereka yang peduli, seperti halnya Nike dan yang lain, merupakan tulang punggung utama gerakan [solid]. Bagaimana tidak? 90% bantuan dan penyaluran yang kita lakukan, semuanya berasal dari bantuan individu yang dilakukan oleh banyak orang dari berbagai lapisan masyarakat. Para individu, yang layaknya orang-orang seperti anda, adalah mereka yang menyadari bahwa sekecil apapun kontribusi atau bantuan yang dikeluarkan akan sangat membantu anak-anak yang membutuhkan.

Dari seorang GM bernama Sigit yang ingin mengatur bantuan dari teman-temannya di Jepang . Ada juga yang seperti AdeFadli atau Yustina yang membantu memberikan informasi tempat atau sekolah mana yang layak mendapat bantuan. Mulyadi yang pantang mundur menyebarkan semangat [solid] di lingkungannya. Atau Mira yang selalu rajin forward informasi yang dikeluarkan oleh [solid] kepada teman-temannya. Hal-hal yang kecil inilah yang telah memberikan perubahan berarti bagi bangsa. Karena ada kalanya jika kita mempersiapkan bantuan yang besar (bukannya tidak boleh), akan terhambat oleh lamanya waktu untuk mengumpulkan. Belum lagi hambatan lain seperti kesibukan dalam bekerja dan berkeluarga.

Oleh sebab itu melalui [solid] kami mencoba untuk mengajak anda untuk melakukan hal yang kecil namun bisa dilakukan saat ini juga. Ada satu sekolah dengan murid sekitar 30 anak yang membutuhkan buku pelajaran. Anda punya 50 ribu di dompet? Silahkan langsung transfer ke kami untuk kemudian disalurkan kepada sekolah tersebut. Bantuan yang disalurkan akan dibuat laporannya melalui situs ini. Jika anda ingin memeriksa kebenaran bantuan tadi, kami cantumkan juga kontak dan alamat sekolah yang dibantu. Kami mencoba membuat semudah dan seefektif mungkin. Sehingga tepat sasaran dan tentunya tepat guna.

Sesuatu yang baik telah terjadi. Ada sesuatu keajaiban kecil ketika ada satu sekolah kecil yang bisa terbantu berkat kepedulian yang ditunjukan oleh mereka yang berasal dari berbagai tempat di Indonesia (bahkan di dunia). Setiap individu atau setiap sahabat solidaritas tahu dengan pasti, sama halnya dengan paku kecil dalam satu bangunan, seperti itulah kekuatan sebuah kontribusi yang telah mereka berikan terhadap jiwa anak-anak yang akan tumbuh menjadi manusia berguna.

Senang sekali jika anda mau bergabung membantu bersama [solid] :)

Cosmopolitan & Muluy

Ditemani hujan deras yang menyiram kota Jakarta, siang tadi bersama Amitri datang ke Cosmopolitan FM. Kedatangan kita berdua untuk mengisi program Life & Work, bersama penyiarnya Cera. Topiknya apalagi kalau bukan buku Perempuan Semusim-nya Amitri, sekaligus membahas program Buku Peduli yang dijalankan bersama [solid]. Terima kasih untuk Ame! yang sekali lagi sudah bantu [solid].

wawancaraKOSMO

Sekedar mengingatkan lagi, kalau anda bisa beli buku Perempuan Semusim. Kisah Nyata Metamorfosa Lesbian ke Heteroseksual. Karena dengan membeli buku tersebut khusus melalui Yayasan Tunas Cendekia, harga Rp. 30.000,- sudah termasuk biaya kirim dan donasi untuk program peningkatan pendidikan anak-anak Indonesia. Caranya silahkan lihat disini.

Kabar datang juga dari Aida Rahmah. Dia memberitakan sudah sampainya bantuan buku-buku untuk SD Kunjung Muluy yang kami kirim dari Jakarta. SD yang akan dibantu ini berlokasi di komunitas Adat Paser di Dusun Muluy sekitar Hutan Lindung Gunung Lumut, kabupaten Paser, Kalimantan Timur. Untuk penyalurannya nanti akan dilakukan Aida bersama rekan-rekannya dari Padi Indonesia. Laporan lanjutan beserta foto-fotonya akan segera kami tampilkan di situs.

Jika anda ingin bantu atau melihat penyalurannya bisa kontak mereka di:
PADI Indonesia:
Jl. Kompleks Perumahan Dokter (Belakang PUSKIB)RT.24 No.87 Kelurahan
Mekarsari, Balikpapan 76122
Telp/Fax : 0542 443284

Ingin bantu anak-anak Indonesia? hubungi kami di info@tunascendekia.org atau hotline 08161833443 Dukungan anda sangat berarti!

72.360!

gelang yang terjual sampai 12 Oktober'17
mari beli dan bergabung
terima kasih!
Dari 100 orang miskin Indonesia, 16 tidak bisa baca dan menulis!
Saatnya jalin solidaritasKEBERSAMAAN diantara kita...

jejaring sosial

Kunjungi Facebook Fan Page Yayasan Tunas Cendekia facebook.com/bantuAnakIndonesia