Sepeda untuk Sekolah

Program Sepeda untuk Sekolah telah berjalan dengan lancar. Terima kasih atas segala bantuan dan dukungan yang telah diberikan oleh sahabat solidaritas sehingga bisa terealisasi bantuan sepeda ini kepada anak-anak di Kecamatan Panggang, Gunungkidul, Yogyakarta. Keberhasilan dari program ini merupakan hasil kerjasama antara Mapala UI, Institut Studi Transportasi (Instran), WOM Finance dan [solid].

Bantuan diberikan untuk meringakan biaya trasnportasi ke sekolah yang naik akibat kenaikan BBM beberapa waktu yang lalu. Sepeda merupakan salah satu solusi yang diharapkan membantu anak-anak ini untuk tetap sekolah!

Proses realisasi bantuan ini dimulai sejak tanggal 19 Desember dimana Putu dan Visna dari Mapala UI tiba di Yogya mempersiapkan sepeda untuk acara serah terima tanggal 23. Atas kebaikan dari teman-teman Instran yang telah menyediakan tempat untuk menginap, mereka melakukan pendataan kembali bantuan dan survei tempat pembelian sepeda bagi program. Penentuan tempat pembelian sepeda juga dibantu bersama dengan teman-teman dari WOM Finance Yogya yang dikoordinasi oleh Ryan.

Pada hari Kamisnya Wening, Yusuf, Tegar dan Dodot dari Mapala UI datang bergabung untuk memantapkan koordinasi dengan Instran seputar data anak dan tempat penerima bantuan. Pemilihan dan pembelian sepeda kemudian dilakukan untuk keesokan harinya diantar ke lokasi acara serah terima bantuan Program Sepeda untuk Sekolah.

ambilSEPEDA fotoPANITIA

Acara serah terima bantuan dilakukan tanggal 23 Desember di Balai Desa Girimulyo, Gunungkidul. Hadir seluruh pihak terkait mulai dari Mapala UI, WOM Finance, Instran, pejabat setempat, masyarakat dan tentunya anak-anak yang terpilih untuk diberikan sepeda. Ke-19 anak terpilih ini berasal dari empat dusun yaitu Legundi, Kadisobo, Prahu, dan Wintaos. Disaksikan oleh para pihak dan masyarakat, setiap anak membubuhkan tanda tangan serah terima sekaligus hak/kewajiban dari penerima bantuan. Sepeda tersebut memang diperuntukan untuk meringankan beban transportasi yang naik akibat kenaikan BBM. Sehingga kegunaannya hanya untuk kegiatan yang berhubungan dengan sekolah.

serahTERIMA sepedaSEKOLAH

Sepeda-sepeda ini tidak menjadi hak milik dari anak penerima bantuan, melainkan menjadi inventarisasi yang akan diberikan kepada adik kelasnya jika si anak telah lulus. Menjadi pengelola dan penanggungjawab lapangan sepeda-sepeda tersebut adalah Bapak Mudi Harsono, Kepala Dusun Legundi (0274-7495636).

Keberhasilan dari program ini merupakan buah hasil kepercayaan dari semua pihak yang berkecimpung didalamnya. Dengan bantuan anda sebagai sahabat solidaritas, maka keluarga yang mengalami kesulitan biaya untuk menyekolahkan anaknya, sekarang bisa bernafas lebih lega.

Lebih lanjut informasi seputar program ini bisa kontak:
Yusuf (Mapala UI) 081310587160
Wening (Mapala UI) 08129556343
Christin (Humanikasih WOM Finance) 021 6257555
Tyas (Instran) 081511633732
atau ke kami

SMP Muhammadiyah Panggang. Gunungkidul

[solid] minggu lalu berhasil menyalurkan sejumlah bantuan, yang kali ini dikoordinasi oleh Tysa Pramesvhari dari Yogyakarta. Bersama sejumlah temannya, pada hari Selasa tanggal 20 Desember Tysa menyalurkan bantuan berupa buku-buku pelajaran yang berjumlah 480 buah. Buku-buku tersebut diperuntukan bagi para murid SMP Muhammadiyah Panggang yang beralamat di Pudak, Giriwungu, Panggang, Gunungkidul, Yogyakarta.

tysaYOGYA

Bantuan tersebut merupakan inisiatif dari Tysa ketika dia melakukan KKN di Desa Giriwungu dan melihat kondisi sekolah yang memprihatinkan. Berawal dari keprihatiannya itu, dia menghubungi [solid] untuk bisa melakukan pengumpulan donasi agar bisa membantu sekolah tersebut. Menjadi prioritas pertama untuk dibantu adalah pengadaan buku-buku pelajaran. Buku bantuan tersebut dijadikan inventarisasi sekolah untuk bisa dipergunakan bagi para muridnya. Pengadaan buku amat sangat membantu melihat selama ini para murid banyak yang belum bisa mempunyai buku, sedangkan buku yang disediakan oleh pihak sekolah masih mengikuti kurikulum tahun 94.

Terima kasih Tysa sudah mengkoordinir penyaluran bantuan tersebut dengan lancar. Dan tentunya bagi anda yang terus mendukung [solid] dengan membeli gelang merah atau menyalurkan donasi ke kami. 10ribu yang telah kita keluarkan ternyata bisa menyediakan “jendela dunia” bagi anak-anak Indonesia yang amat membutuhkannya. Tebarkan semangat [solid] kepada keluarga dan teman yang lain!

Keterangan lebih lanjut seputar bantuan bisa anda hubungi pihak sekolah dengan Bapak Suradi sebagai Kepala Sekolah SMP Muhammdiyah Panggang di 081522759163.

Hari Natal 2005

Damai rasanya melihat masyarakat yang saling menjaga satu sama lain. Perayaaan malam dan hari Natal tahun ini diwarnai oleh kerjasama beberapa organisasi/komunitas lintas agama yang menjaga jalannya ibadah/misa di beberapa gereja di Jakarta dan kota-kota lainnya di Indonesia. Kebersamaan yang ditunjukkan ini semoga selalu tetap terjaga. Solidaritas yang diperlihatkan ini telah membuktikan jika kita semua satu dalam damai, hidup terasa lebih ringan dijalankan.

Pada acara Natal di Gunung Sitoli, Presiden menetapkan tema Natal 2005 yaitu remain & rebuilt. “Kita rindu hadirnya kembali kuatnya persaudaraan di Tanah Air tercinta ini. Hanya dengan bekerja keras bersama maka Indonesia dapat melakukan perubahan yang lebih baik di masa depan.”

Kami juga sudah sangat rindu. Sahabat solidaritas sudah membuktikan solidaritas persaudaraan masih ada diantara kita semua. Dan kami terus akan menjalin dan mengajak sahabat lain untuk memperluas kebersamaan yang ada ini untuk membantu anak-anak Indonesia :)

Selamat Natal…

“God created you not to fear or to kill each other but to love each other, to build and to cooperate together,” – Michel Sabbah, Latin Patriarch, Jerusalem. 25 Desember 2005.

LGS Peduli

rindraLGS [solid] sore ini mendapat kepercayaan sebagai tempat penyaluran bantuan donasi yang dikumpulkan para sahabat yang berkantor di Lubis Ganie Surowidjojo Law Firm. Kepercayaan ini diberikan langsung oleh Rindra yang merupakan koordinator dalam penyaluran donasi tersebut.

Donasi yang diberikan oleh sahabat LGS ini akan sangat membantu beberapa program yang menjadi prioritas di bulan Desember, seperti Program Bangun Kelas di SDN Cirampo.

Pemilihan [solid] sebagai tempat penyaluran donasi tersebut tidak terlepas dari Rindra, yang memang sejak pertama kampanye gelang [solid] sudah banyak bantu. Bersama para sahabatnya yang sering main basket di lapangan ABC Senayan, dia ini salah satu generasi pertama yang pakai gelang merah! Sayangnya setelah menjadi bapak baru, sepak terjang di lapangan perlahan mulai menghilang. Maklumlah masa-masa lucunya anak itu tidak bisa diulang. Betul khan pak :D

Dari kepedulian beberapa orang di satu kantor saja sudah bisa membantu banyak bagi anak-anak. Buku-buku bisa tersedia. Alat-alat tulis juga bisa terbeli. Sampai dengan kelas-kelas bisa terbangun. [solid] sangat yakin jika kepedulian tersebut bisa dilakukan oleh setiap komunitas dan di mulai dari keluarga atau kantor. Dilakukan dengan komitmen. Maka tidak mustahil akan banyak anak-anak Indonesia disekitar kita yang akan terbantu. Sejumlah komunitas dan perusahaan sudah berhasil membuktikannya bersama [solid]. Kami yakin anda pasti bisa melakukannya. Ingat, kepedulian ini nantinya untuk anak-anak kita juga…

Hari Ibu

Tidak ada kata
Tidak ada perbuatan
Yang bisa melukiskan dan membalas kasih sayang seorang Ibu
Selamat Hari Ibu. Doa kami selalu untukmu…

Thesis Irene

Pertama kali kita bertemu waktu itu bulan May. Lokasinya di Bakoel Koffie Cikini. Merupakan malam rutin drop stok gelang [solid] di Bakoel Cikini. Hari apa ya? Sepertinya sih hari Kamis. Biar pada saat akhir pekan stok gelangnya masih cukup banyak. Soalnya dulu di Cikini merupakan salah satu tempat yang paling cepat habis stok gelang [solid] :D

Nah, pertemuan kita dengan Irene Sutanto malam itu untuk mendengar penjelasan dia seputar keinginannya mengangkat kampanye [solid] sebagai materi thesis untuk mengambil S2. Tentu saja kita kaget, karena kampanye baru berjalan beberapa bulan dan bisa dibilang dibanding yayasan atau organisasi sosial lainnya kita masih bayi sekali umurnya. Tapi Irene meyakinkan kalau ini sudah menjadi pilihan pastinya dan dia ingin sekali bisa membantu [solid] dengan menjadikannya sebagi thesis.

Tujuh bulan kemudian. Irene akhirnya wisuda untuk keberhasilannya meraih Master of`Arts in Communication Studies, melalui thesis-nya yang berjudul “The Implement of Wristband Support as a Medium of Communication. Case Study: [solid] Wrsitband of Yayasan Tunas Cendekia.”

ireneTHESIS

Secara khusus juga kita janjian ketemu siang tadi di Scoops, dimana Irene memberikan kejutan berupa kotak spesial berwarna merah dengan pita merah putih. Isinya tidak lain tidak bukan, thesis yang amat sangat membanggakan ini. Dia sampai bilang waktu minta dibungkus dengan warna merah putih, orang yang membungkus becanda dengan bilang kado ini buat Pak SBY ya :D . Jangan salah. Yang satu ini khusus untuk anak-anak Indonesia.

Saya sendiri sampai kehilangan kata-kata ketika melihat thesis yang betul-betul ada tulisan [solid]. Suatu kehormatan dan kebanggaan yang amat sangat bagi [solid] mendapat begitu banyak bantuan dan kepercayaan dari Irene. Bisa dibayangkan betapa banyaknya pengaruh proses pengerjaaan thesis ini kepada suksesnya kampanye [solid]. Berapa banyak orang yang menjadi tahu akan kampanye ini. Dan berapa banyak anak-anak yang akhirnya bisa terbantu dari sebuah proses penulisan. Hasilnya. Luar biasa!

Kepedulian dari Irene bisa dibaca dari kutipan John F. Kennedy yang dia tuliskan di halaman depan thesis-nya yang diberikan kepada [solid].

Let us think of education as the means of developing our greatest abilities, because in each of us, there is a private hope and dream which, fulfilled, can be translated into benefit for everyone and greater strenght for our nation

Ingin bantu anak-anak Indonesia? hubungi kami di info@tunascendekia.org atau hotline 08161833443 Dukungan anda sangat berarti!

72.360!

gelang yang terjual sampai 12 Oktober'17
mari beli dan bergabung
terima kasih!
Dari setiap 100 orang miskin Indonesia, 50 tinggal di daerah yang tidak terdapat SMP!
Saatnya jalin solidaritasKEBERSAMAAN diantara kita...

jejaring sosial

Kunjungi Facebook Fan Page Yayasan Tunas Cendekia facebook.com/bantuAnakIndonesia