Lebih dari Sekedar Berhubungan

Salah satu cara untuk bisa memperluas sekolah ataupun komunitas yang bisa dibantu adalah membina hubungan dengan berbagai mitra yang ada. Mitra disini adalah individu maupun organisasi/yayasan/lsm yang memang mempunyai komitmen sama dengan [solid]. Membantu anak-anak Indonesia.

Sebagian besar kemitraan yang kami lakukan selama ini adalah berkat bantuan anda. Para sahabat solidaritas seperti anda inilah yang banyak sekali memberikan masukan informasi seputar sekolah mana yang amat membutuhkan bantuan. Pihak mana yang sekiranya bisa membantu memberikan bantuan tersebut. Sampai dengan para individu dari sahabat solidaritas ini yang menawarkan dirinya untuk menyalurkan bantuan secara langsung.

Tetapi layaknya sebuah hubungan, kemitraan yang kami jalani juga tidak selamanya lancar. Dibutuhkan lebih dari sekedar niat kuat serta kesamaan visi untuk bisa menjalankan kemitraan tadi secara maksimal. Kepercayaan, komunikasi dan profesionalitas adalah beberepa faktor yang bisa menentukan berhasil atau tidaknya penyaluran ini. Dan yang tidak boleh dilupakan adalah evaluasi dari hasil penyaluran tadi.

Perlu diingat adalah pastinya dalam menjalani hubungan/kemitraan akan ada banyak pihak yang senantiasa membuat kita kecewa. Sakitnya mungkin sama ketika cinta kita ditolak :D Namun, janganlah hal ini membuat anda untuk berhenti. Karena kekecewaan inilah yang akan menjadi bekal yang berharga untuk anda agar bisa melakukan yang terbaik di esok hari. Siapa tahu kemitraan ini memang belum merupakan ‘jodoh’ yang cocok. Hal inilah yang membuat kepercayaan yang telah anda berikan kepada [solid] tentunya akan terus kami jaga dan pertanggunggjawabkan. Tapi jika ada sekiranya yang tidak berkenan, kami sangat menunggu kritik dan masukan anda.

Berikut beberapa program kemitraan yang sedang dan akan dilakukan pada November-Desember:

Kemitraan dengan Yayasan Martha Christina Tiahahu. Lokasi penyaluran di Desa Nania dan Desa Negeri Lama, Ambon. Penyaluran dari [solid] berupa seragam sekolah lengkap. Sebagai pihak penanggungjawab penyaluran adalah Ny. Djaelani Mietje Saimima. Tel: 021 4502171

nainaAMBON

Kemitraan dengan Keluarga Alumni Universitas Wijayakusuma Purwokerto wilayah Jabodetabek. Lokasi penyaluran SDN 2 Windujaya dan SDN 2 kalisalak, Kedungbanteng. Penyaluran dari [solid] berupa perangkat olahraga lengkap ke masing-masing sekolah. Sebagai pihak penanggungjawab penyaluran adalah Nana Taryana. Tel: 081315942442.

Agen Perubahan

Jika sekarang sedang gencarnya berita seputar agen 007 alias film James Bond terbaru, jangan salah andapun bisa jika ingin menjadi seorang agen. Lebih tepatnya agen perubahan :D Saya sendiri kemarin berkesempatan untuk melihat presentasi singkat dari 7 agen perubahan asal Indonesia. Setiap agen ini telah melakukan terobosan atau inovasi dalam bidang sosial maupun tekhnologi tepat guna yang berdampak pada pemberdayaan masyarakat. Oleh sebab itu istilah keren dari kegiatan mereka ini adalah kewirausahawan sosial.

Mereka dipertemukan dalam acara “Membangun Indonesia melalui Kewirausahawan Sosial.” Bertempat di Gedung SPC Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. Satu acara yang kiranya perlu untuk diadakan secara rutin dan bergerak dari kota ke kota. Karena saya yakin disamping ketujuh inovator sosial ini, masih banyak figur maupun komunitas lain di berbagai pelosok daerah yang kebetulan tidak mempunyai jaringan untuk diketahui kegiatannya, yang telah berbuat banyak bagi masyarakatnya. Dengan adanya pertemuan rutin dan lokal didaerah masing-masing, tidak hanya memperluas jaringan yang sudah ada, tetapi yang lebih penting bisa saling berbagai apa yang sudah diraih maupun kesulitan-kesulitan yang ada.

Alangkah bagusnya jika ada semacam tur keliling Nusantara dari pertemuan para inovator maupun calon inovator sosial yang ingin melakukan sesuatu untuk bangsanya. Hasil kemarin telah membuktikan, tidak perlu terlalu berpikir untuk melakukan sesuatu yang besar untuk melakukan perubahan. Mulailah dari yang kecil dan dekat disekitar komunitas kita, Insya Allah sejalan dengan waktu akan menjadi perubahan yang dahsyat!

Menyimak perbincangan kemarin mengingatkan saya untuk minta tolong. Jika anda mengetahui figur atau komunitas yang telah berbuat banyak sebagai agen perubahan untuk masyarakatnya, tolong hubungi kami. Senang sekali untuk bisa berhubungan, berbagi sekaligus mempublikasikan kegiatan mereka agar bisa bermanfaat bagi mereka yang memerlukannya.

Silahkan cari di Google atau Yahoo sepak terjang dari ketujuh inovator tersebut. Mereka adalah Yuyun Ismawati, Prigi Arisandi, Tri Mumpuni, Wayan Patut, Rinto Andriono, Septi Peni Wulandari, Gusti Ketut Agung, Hamzam Emiter dan Yani Panigoro. Jika penasaran dengan hasil lengkap acara kemarin, anda bisa menghubungi Center for Research on Inter-group Relations and Conflict Resolution (CERIC) FISIP UI di 021 78733838. Berikut saya mengambil foto seorang panitia yang sedang membuat sketsa dari acara perbincangan dengan tujuh tokoh tersebut diatas panggung.

sketsa

Komitmen

Jika anda menjanjikan sesuatu. Penuhi atau terima resiko ditinggal. Hal ini tidak hanya berlaku dalam kehidupan sehari-hari ataupun dalam berbisnis. Kegiatan sosial seperti yang dilakukan [solid] tidak lepas dari komitmen tersebut.

Sudah dan akan selalu menjadi pelajaran bagi kami disini untuk menerima segala resiko dalam menjalani kampanye yang sarat dengan cobaan (dan tentunya berkah). Salah satunya dalam menangani pengumpulan donasi melalui penjualan kaos dan polo yang pas seminggu lalu diluncurkan. Sekuat dan sefokus apapun kita dalam menerima dan mengirim pesanan, pasti ada saja yang lepas dari perhatian. Membuat para pemesan yang sekaligus menjadi donatur setia, kurang puas dan kecewa.

Walaupun banyak keterbatasan serta kekurangan dalam pelayanan, tentunya tidak boleh hal tersebut dijadikan pembenaran dalam memperlakukan para donatur. Ingat, sama halnya dengan para konsumen yang datang ke sebuah toko, ekspetasi para donatur yang sudah berniat membantu harus diperlakukan sesuai dengan komitmen awal. Jika komitmen awal adalah memberikan media yang mudah dalam memberikan donasi. Hal inilah yang wajib menjadi pegangan kita dalam bertindak dan berlaku terhadap mereka yang sudah menghubungi [solid].

Dalam tulisan ini sekaligus kami mengucapkan maaf atas pelayanan yang kurang berkenan atau tidak maksimal yang pernah anda terima. Sekali lagi bukan satu pembenaran jika memang masih banyak kekurangan yang kita miliki. Tetapi percayalah, kami amat sangat menghargai keinginan dan niat yang sudah anda tunjukkan untuk membantu anak-anak Indonesia melalui [solid]. Izinkan jika berkenan kami memperbaiki dan mengembalikan kepercayaan anda untuk tetap menjadi bagian dari keluarga [solid].

Stok kaos maupaun polo [solid] cepat sekali terpesan dalam waktu seminggu ini. Sepertinya dalam beberapa hari kedepan stok tersebut akan habis. Terima kasih atas dukungan yang telah anda berikan sahabat. Kita harapkan akan keluar dalam waktu dekat kaos dan polo dengan edisi design terbaru dan terbatas. Tentunya dibuat khusus bagi anda yang sudah menjadi generasi yang sudah peduli dan berbuat untuk masa depan Indonesia.

Sekali lagi terima kasih atas kepercayaan dan dukungan anda :)

Iklan TV?

Wah baru dapat kabar baik nih! walaupun belum berani tulis info detailnya, yang pasti kalau ini benar kesampaian, akhir bulan nanti stan [solid] akan hadir di satu acara musik. Bisa tebak? Doain mudah2an lancar. Terima kasih atas usaha sahabat solidaritas kita Eryo dan Kunti :D

Awal minggu ini saya akhirnya kesampaian untuk bertemu dengan seorang sutradara, fotografer sekaligus diver sejati, Iman Brotoseno. Disela kesibukannya meng-edit iklan di Double Klik Fatmawati, dia mau menyempatkan waktu bertemu sekaligus tukar pikiran. Terima kasih pak atas sumbang sarannya. Semoga kalau dapat rezeki kita bisa dibuatkan iklan, atau kalau anda ingin bantu, boleh juga bantuin kita buat iklan TV [solid]. Sutradaranya? ya bapak Iman dong hehehe

Bertemu dan berbagi. Kedua hal ini sudah menjadi salah satu kebiasaan kita untuk selalu mencari masukan dari berbagai komunitas untuk bisa memperbaiki kampanye [solid]. Salah satunya tentu dengan kontak mereka yang sekiranya punya kepedulian sama dan tidak sungkan untuk berbagi. Cara mencarinya? Bisa melalui blog figur yang ingin anda dekati. Dengan Iman awalnya adalah demikian. Oleh sebab itu saya sangat salut dan menghargai mereka yang sudah mau berbagi dan membantu setelah dikontak oleh satu yayasan kecil yang tanpa nama ini :)

Tresna Putera Tadi pagi juga akhirnya bisa datang ke Panti Asuhan Anak Tresna Putera Bogor. Tepatnya di Jl. Cibalagung. Rosalina Aggraeni alias Ocha menjadi pemandu kita kali ini. Dia adalah koordinator dari Vox Populi Bogor yang mempunyai program pendampingan di panti. Setiap minggu mereka mengajar bahasa Inggris bagi anak-anak SMP disana. Kedatangan kita untuk melihat secara langsung lokasi dan keadaan anak-anak. Rencana kedepan [solid] akan mendukung pembuatan modul yang bisa dipergunakan anak-anak dalam menunjang proses belajar. Bagi yang di Bogor, mampir-mampir ya kesana kalau akhir pekan. Siapa tahu ada yang bisa anda bantu…

Kaos & Polo solidaritasKEBERSAMAAN

Dapatkan segera kaos/polo [solid]. Persediaan sangat terbatas!

kaos KEPEDULIAN

Kaos tersedia warna abu-abu dan putih, dengan logo merah [solid] didepan dan di lengan kiri. Untuk polo tersedia warna hitam dan putih, dengan tulisan [solid] sebelah kiri depan. Kaos dan polo tersedia untuk pria dan wanita. Ukuran S, M, L dan XL.

Kaos maupun polo harganya Rp.60.000,- plus biaya kirim Rp.10.000,- Seluruh keuntungan dari penjualan akan disalurkan ke program [solid].

Cara memesan; silahkan email pesanan anda ke info@tunascendekia.org atau sms 0813 1939 2773. Tunggu konfirmasi balasan adanya stok dari kami. Transfer ke rekening Yayasan Tunas Cendekia 119 000 432 1111 Bank Mandiri. Bukti transfer dan data nama, alamat pengiriman dan no telp. di fax ke 021 75910235.

Merah Mobilnya

Ketika kami menjalankan kampanye [solid], salah satu tujuan utama dari penggalangan dana ini adalah untuk pengadaan mobil perpustakaan. Walaupun sempat ada sedikit keraguan, apa bisa dengan hanya mengandalkan gelang bisa terwujud. Ternyata yang kita takutkan tidak terjadi, bahkan target penjualan gelang sebanyak 20.000 sampai saat ini sudah terlampui. Tidak berhenti sampai mobil, mulai dari pengadaan buku sampai pembangunan kelas telah berhasil dilakukan.

Keberhasilan mewujudkan mobilKEPEDULIAN tersebut adalah salah satu kebahagian dan rasa syukur yang sulit ditulikan dengan kata-kata. Hanya dengan kepercayan dari anda yang membeli dan percaya pada kampanye ini yang membuat semua bisa terwujud :)

Bersama Komnas Anak awalnya mobil perpustakaan akan dikirim ke Aceh. Namun melihat kondisi, situasi dan SDM yang saat itu belum kondusif untuk pengoperasian, mobilKEPEDULIAN tersebut akhirnya disepakati dialihkan ke Kupang. Untuk Aceh sendiri pengiriman buku-buku serta program nonton bareng tetap dilakukan. Mobil sampai saat ini masih terus beroperasi memberikan layanan buku-buku bacaan serta pemutaran film.
Mobil Kepedulian

Mitra kami yang menjalankan program mobilKEPEDULIAN ini adalah Panti Asuhan Roslin yang berlokasi di Desa Penfui Timur. Mas Budi dan istrinya Peggy yang menjadi motor kepedulian dari sebuah kegiatan yang amat sangat membantu anak-anak setempat. Saya sangat menyarankan anda untuk buka blog/situs mereka untuk membaca langsung perjalanan serta pengalaman luar biasa dari mereka berdua disana. Jika tertarik membantu, silahkan hubungi kami, langsung kontak ke mereka atau datang kesana langsung untuk melihat anak-anak panti yang lucu terlihat pada foto dibawah ini…

Selamat Pagi

Ingin bantu anak-anak Indonesia? hubungi kami di info@tunascendekia.org atau hotline 08161833443 Dukungan anda sangat berarti!

72.360!

gelang yang terjual sampai 12 Oktober'17
mari beli dan bergabung
terima kasih!
Dari 100 orang miskin Indonesia, 16 tidak bisa baca dan menulis!
Saatnya jalin solidaritasKEBERSAMAAN diantara kita...

jejaring sosial

Kunjungi Facebook Fan Page Yayasan Tunas Cendekia facebook.com/bantuAnakIndonesia