Perkembangan Cijeruk

Tepat seminggu setelah menerima donasi yang diberikan Ericsson untuk membantu salah satu program [solid], kembali kami datang ke kota hujan, Bogor! Tepatnya di Desa Sukaharja, Kecamatan Cijeruk dimana SDN Pasir Tengah 01 berlokasi. Sekolah ini menjadi pilihan Ericsson untuk menerima donasi bantuan pendidikan berupa buku-buku pelajaran, alat-alat peraga kelas dan perlengkapan olahraga.

Kedatangan rombongan yang diwakilkan oleh Dewi, Desi, Wawa, Meti dan Mance langsung disambut dengan nyanyian para anak-anak yang sudah berjejer rapi diantara gang masuk ke sekolah. Mereka memang paling senang untuk bisa bertemu dengan orang-orang baru. Terbukti suasana menjadi heboh ketika Dewi dan rombongan foto bersama dengan anak-anak ini :D

ericssonCIJERUK

Kedatangan kali ini sungguh amat berarti tidak hanya bagi anak-anak tetapi juga bagi para guru. Setelah selesai foto dan tanya jawab dengan para murid, kami berkumpul di ruangan kelas 5 untuk berdialog dengan para gurunya. Ibu Ray sebagai kepala sekolah membagi pengalaman suka dan duka dalam mengajar di sekolah yang bisa dikatakan amat sangat memprihatinkan ini. Kalau diperhatian sepanjang pembicaraan dengan para guru, terlihat dengan jelas betapa pedulinya mereka ini kepada anak muridnya.

Sekedar gambaran dari SDN Pasir Tengah 01. Mereka hanya mempunyai 4 ruang kelas yang berjejer. Dimana antara kelas 3, 4 dan 6 sekat pembatas sudah banyak yang bolong. Hanya kelas 5 yang keadaan ruangannya tertutup. Sehingga anda dari kelas 6 bisa melihat apa yang dikerjakan murid dan gurunya yang ada di kelas 3. Bayangkan jika kelas 4 sedang konsentrasi belajar Matematika. Tiba-tiba murid-murid kelas 3 asyik berlatih menyanyi pada pelajaran kesenian. Yang ada para guru harus saling bermain mata memberi tanda untuk bisa bergantian ketika akan menerangkan pelajarannya. Keadaan inipun masih diperparah dengan kondisi atap yang juga banyak lubangnya. Dapat anda tebak sendiri. Misbar alias kalau gerimis kelas bubar jalan.

Jejeran kelas tadi berlokasi dibawah. Tapi kalau kita kembali ke ujung gang tempat masuk ke sekolah terdapat satu ruang kelas lagi yang diisi oleh kelas 1 dan 2. Karena hanya ada satu ruang terpaksa dua kelas ini harus berbagi. Ruang yang kiri kanan depan belakang atas dilapisi seng dulunya merupakan gudang pupuk. Jadi harap maklum kalau kondisinya sekali lagi memprihatinkan. Karena kekurangan ruangan tadi akhirnya pihak sekolah meminjam gudang ini untuk dijadikan satu ruang kelas tambahan dan satu ruang lagi untuk TK.

Tapi justru dengan keadaaan inilah para guru tidak putus asa untuk selalu mencari cara agar anak-anak didiknya bisa menyelesaikan sekolahnya untuk bisa naik ke SMP. Anak-anak yang bersekolah di tempat ini rata-rata orang tuanya berprofesi sebagai petani atau pedagang bunga. Mereka amat beruntung mempunyai para guru yang penuh kasih sayang berdedikasi tinggi untuk terus menyemangati walapun sekolah yang mereka tempati bukanlah satu tempat yang ideal untuk belajar.

Anda sudah membuktikannya sendiri. Teman-teman Ericsson juga sudah melihatnya langsung. Ketika bantuan yang kita keluarkan, sekecil apapun nilai atau wujudnya. Jika dilakukan bersama keluarga dan teman, amat sangat berarti bagi anak yang masih harus berjalan 4 KM untuk datang ke sekolah ini. Uang 10 ribu yang telah anda keluarkan ternyata menjadi amat berharga ketika berubah wujud menjadi satu buku pelajaran untuk modal mereka belajar. Terima kasih sahabat. Terima kasih. Tolong jangan pernah berhenti membantu mereka…

Bagi yang ingin melihat bantuan atau memberikan bantuan tambahan silahkan menghubungi kami atau bisa langsung juga ke Ibu Vivin 081808965919. Lokasi SDN Pasir Tengah 01 ada di Jl Pondok Bitung, Kp. Pasir Tengah RT11/03, Ds. Sukaharja, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor. Sebagai Kepala Sekolah Ibu Siti Rayhana.

Ingin bantu anak-anak Indonesia? hubungi kami di info@tunascendekia.org atau hotline 08161833443 Dukungan anda sangat berarti!

Pembalut Gratis!

Kampanye Berdarah Tanpa Mati
PembalutGratis.tunascendekia.org
Dari setiap 100 orang miskin Indonesia, 52 tidak mendapatkan akses air bersih!
Saatnya jalin solidaritasKEBERSAMAAN diantara kita...

jejaring sosial

Kunjungi Facebook Fan Page Yayasan Tunas Cendekia facebook.com/bantuAnakIndonesia